10 Bintang yang Paling Terang di Jagat Raya

bintang siriusAlam raya adalah ruang yang sangat luas. Tidak hanya meliputi seluruh dunia, namun hingga ke luar angkasa. Banyak sekali benda- benda yang dapat kita temukan di alam raya mulai dari makhluk hidup hingga benda- benda mati yang bertebaran di seluruh alam raya. Salah satu benda yang sering kita lihat adalah bintang. Bintang adalah benda langit yang terlihat ketika malam hari karena tidak terhalangi oleh sinar matahari yang cahayanya lebih terang. Bintang jumlahnya ada banyak sekali dan kita tidak akan mampu untuk menghitungnya satu per satu.

Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Cahaya yang dikeluarkan setiap bintang pun berbeda- beda sehingga kita dapat melihat bintang yang bervariasi cahayanya dengan mata telanjang. Ada bintang yang mengeluarkan cahaya lebih banyak sehingga kita melihatnya lebih terang daripada yang lainnya, dan ada bintang yang mengeluarkan cahaya yang sedikit sehingga kita melihatnya lebih redup. Faktor yang mempengaruhi variasi cahaya bintang ini antara lain adalah ukuran dan juga usia bintang tersebut. Bintang yang usianya lebih tua tentunya akan memancarkan cahaya yang lebih redup.

Di alam raya ini terdapat beberapa jenis-jenis bintang yang memiliki cahaya yang paling terang. Bintang- bintang tersebut akan disebutkan di bawah ini. marilah kita simak bersama- sama mengenai bintang paling terang yang dapat kita lihat dengan mata telanjang dari bumi.

Bintang memiliki cahaya yang bervariasi. Adapun beberapa bintang paling terang di dunia telah dicatat sebagai bintang yang terkenal. Apa sajakah bintang itu? Sepuluh bintang yang paling terang di alam raya yang dapat kita saksikan dengan mata telanjang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Matahari

Salah satu bintang yang paling terang di susunan tata surya kita adalah matahari yang juga merupakan kiblat dari tata surya kita. Matahari menjadi sumber cahaya terbesar bagi bumi. Cahaya yang dimiliki matahari akan mengalahkan bintang yang lainnya maka dari itulah bintang yang lain akan menampakkan dirinya ketika matahari telah terbenam.

  1. Achernar

Achernar adalah bintang yang paling cerah di rasi bintang Eridanus dan juga bintang tercerah kedelapan di langit. Archenar terletak di ujung selatan rasi bintang Eridanus. Warna cahaya bintang ini adalah biru tipe B yang letaknya 144 tahun cahaya dari bumi.

  1. Procyon

Procyon juga dikenal dengan Alpha Canis Minoris, merupakan bintang paling terang di  rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang, bintang ini terlihat seperti bintang tunggal dengan magnitudo tampak 0,34.

  1. Rigel

Bintang Rigel merupakan bintang paling terang di rasi bintang Orion dan bintang paling terang keenam di langit. Rigel memiliki cahaya yang bahkan 40.000 kali lebih terang daripada cahaya matahari.

  1. Capella

Capella adalah bintang yang paling terang di rasi bintang Auriga. Capella ini sekaligus bintang paling terang keenam di langit malam dan di langit utara, bintang ini tercerah ke tiga. Fakta dari bintang ini terdiri dari dua bintang meski cahayanya terlihat satu.

  1. Vega

Vega merupakan bintang paling terang di rasi bintang Lyra sekaligus yang tercerah kelima di langit malam. Bintang ini merupakan bintang tetangga matahari yang memiliki jarak 25,3 tahun cahaya.

  1. Arcturus

Aructus juga dikenal sebagai bintang Biduk merupakan bintang paling terang di rasi Bintang Bootes. Bintang ini merupakan bintang yang paling terang ketiga di langit.

  1. Alfa Centauri

Alfa Centauri adalah bintang populer di rasi bintang Centaurus karena merupakan bintang yang paling cerah di rasi bintang ini. Meskipun terlihat seperti satu titik, namun bintang ini sebenarnya terdiri atas 3 bintang. Bintang ini meupakan sistem bintang yang paling dekat dengan tata surya kita.

  1. Canopus

Bintang tercerah di rasi bintang Carina dan merupakan bintang terterang kedua di langit malam. Penampakan terbaik bintang ini adalah pada penghujung tahun yakni tanggal 28/ 29 Desember.

  1. Sirius

Jika kita menanyakan siapa yang paling terang, jawabannya adalah Sirius. Bintang ini terletak di rasi bintang major. Sirius ini bahkan bisa dilihat hampir semua tempat di Bumi dan saat terbaik untuk melihatnya adalah di awal tahun.

Nah itulah beberapa bintang tercerah di jagat raya yang sejatinya mewakili rasi bintangnya masing- masing. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi