10 Negara yang Memiliki Hutang Terbanyak di Dunia

Di zaman ini, perkembangan di setiap negara mengalami peningkatan di segala bidang. Tak terkecuali di negara berkembang seperti Indonesia. Pembangunan infrastruktur di segala bidang pastinya memerlukan dana yang tinggi. Tidak heran dana tersebut terkadang harus meminjam dari negara lain atau meminjam dari Bank Dunia. Hal tersebut juga berlaku kepada negara – negara maju di dunia. Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pemerintah dari setiap negara maju tidak tanggung – tanggung untuk “berhutang” kepada Bank Dunia yang pasti jumlahnya tentu tidaklah sedikit. Lalu negara mana saja yang memiliki hutang tertinggi di dunia? Apakah Indonesia masuk di dalamnya? Berikut ini daftar negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia, antara lain:

  1. Amerika Serikat

Seperti yang diketahui, Amerika Serikat negara Adi Kuasa ini juga memegang perekonomian terbesar di dunia dan termasuk negara dengan ekonomi terbaik. Hal ini juga beriringan dengan besarnya jumlah hutang yang dimilikinya. Ketika hutang nasional melebihi GDB negara di tahun 2019 (108,1%), pada saat tahun 2007 Amerika Serikat memiliki tingkat GDB sekitar 62,5%. Pemerintah Amerika Serikat menghabiskan sekitar 6% dari anggaran bulanan untuk membayar bunga pinjaman, di mana secara signifikan mengurangi jumlah uang yang tersedia untuk mendanani program – program lain. Perekonomian Amerika Serikat berkembang di sektor post-industri dan didominasi oleh komponen – komponen aktif yang berdasarkan pada pengetahuan dan pelayanan. Di lain hal dalam melakukan pembayaran pinjaman, pemerintah dapat mengurangi pengeluaran negara yang bedampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi atau menaikan pajak untuk meningkatkan pendapatan negara.

  1. Jepang

Pemerintahan Jepang memiliki hutang nasional kurang dari setengah hutang yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Akan tetapi, Jepang memiliki hutang nasional GDB dua kali lebih banyak yaitu 236% di tahun 2019. Hal ini menandakan bahwa Jepang berada di posisi finansial yang sulit. Ekonomi nasional Jepang berkembang sangat lambat dari yang telah diperkirakan atau diantisipasi oleh para ahli ekonomi beberapa tahun terakhir. Akibatnya Bank Pusat terpaksa menurunkan suku bunga untuk berusaha meningkatkan perekonomian Jepang. Pada tahun 2016, hutang terhadap GDB yang dimiliki Jepang pernah tercatat mencapai 250,4%. Namun, Jepang sendiri mendapat banyak keuntungan dan pemasukan di bidang ketenagakerjaan yang mempunyai sangat ahli dan warganya yang berpendidikan tinggi di dunia.

  1. Yunani

Negara yang terkenal dengan bangunan di masa kerajaan Yunani kuno ini masuk ke dalam negara dengan jumlah hutang terbanyak di dunia. Hutang nasional negara ini berkisar 379 milyar dollar Amerika terlihat kecil dibandingkan dengan negara Jepang. Namun, tingkat GDB ratio mencapai 175% dan ini diperparah dengan tingginya tingkat pengangguran yang hampir merata di negara ini. Kreditor Internasional sudah melakukan tebusan beberapa kali di negara ini sejak dimulainya krisis pada tahun 2010. Dan pemerintah terus berusaha untuk mengembalikan hutang negara agar kembali ke keadaan semula.

  1. Italia

Hingga saat ini, pemerintah Italia masih terus berusaha untuk mempertahankan perekonomiannya yang cenderung berkembang dengan lambat. Tidak hanya itu saja, tingkat pengangguran di negara ini sangat tinggi selama kurun waktu tiga tahun terakhir setelah tahun 2007. Pada quarter pertama di tahun 2017, Bank Italia menghadapi krisis lagi setelah sebelumnya pernah menghadapi hal serupa. Hutang nasional negara ini mencapai 2,48 triliun dollar Amerika dengan GDB sebesar 137,81%. Meskipun demikian, Italia masuk ke dalam negara dengan tingkat perekonomian yang tinggi di dunia. Italia juga masuk ke dalam anggota national di United Nation, the North American Treaty Organization, the OSCE, the OECD, the United Nation, the World Trade Organization, G20, G7, the World Trade Organization dan masih banyak lagi.

  1. Portugal

Negara Portugal telah mengalami kesulitan dalam menangani masalah finansialnya yang telah dimulai sejak tahun 2010 dan telah menerima bantuan dana dari Bank Dunia pada tahun tersebut. Portugal telah melaporkan bahwa kebijakan fiskal mereka telah kembali, namun tingkat hutang nasional mereka masih ada berupa GDB. Hal ini mengindikasikan jika tingkat perekonomian mereka belum sepenuhnya stabil. Pada akhir tahun 2016, tingkat GDB ratio mereka mencapai 130,4%. Presentase tersebut meningkat menjadi 138,08% di pertengahan tahun 2017. Perekonomian Portugal cenderung lemah dan lambat dalam pertumbuhannya di quarter ketiga pada tahun 2016.

  1. Singapura

Singapura terkenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, namun Singapura juga memiliki jumlah hutang GDB ratio termasuk tinggi. Pertumbuhan ekonomi negara ini berkembang cukup lambat sebesar 0,6% pada tahun 2016. Angka ini termasuk level yang kecil sejak krisis finansial global pada tahun 2008. Untuk pertama kalinya di quarter kedua pada tahun 2017, Singapura dilaporkan mengalami perkembangan meskipun masih dikatakan lambat dan beresiko terkena resesi. Namun demikian, Siangapura masuk ke dalam peringkat tiga besar sebagai pasar pertukaran asing, terbesar perdagangan dan pengolahan minyak, dan pusat finansial terbesar.


  1. Belgia

Negara ini cukup aktif dalam mengikuti revolusi industri dan menstabilkan beberapa kelompok di Afrika sejak abad ke 20. Belgia masuk ke dalam wilayah pemerintah Eurozone terkaya, meskipun negara ini masih memiliki hutang nasional negara. Negara ini juga memiliki beberapa sumber daya alam dan masih bergantung bahan mentah yang diimport dari negara lain. Hutang nasional negara ini berdasarkan GDP ration mencapai 100% pada tahun 2019. Belgia satu dari enam negara yang ikut bertanggung jawab dalam pembentukan European Union. Belgia juga menjadi perwakilan resmi dari The Council of the European Union, the European Council, the European Commission, dan the European Parliament yang berlokasi di ibu kota, Brussels.

  1. Prancis

Sudah sejak dahulu, Prancis terkenal di dunia dengan nilai filosofi, pengetahuan dan seni. Prancis masuk  nomor tiga terbesar menurut UNESCO sebagai negara yang memiliki bangunan kuno terbesar. Selain itu, setiap tahunnya ada sekitar 83 milyar pengunjung dan turis datang ke negara ini. Pada tahun 2019, Prancis memiliki hutang national GDB sebesar 98%. Seperti halnya negara lain di benua Eropa, Prancis juga anggota dari the European Union, the Eurozone, the G7, the North Atlantic Treaty Organization, the World Trade Organization dan masih banyak lagi.

  1. Spanyol

Negara yang berada di benua Eropa ini lebih dikenal dengan sebutan Negeri Matador dan juga negara yang pernah menjajah Indonesia, tenyata mengalami keterpurukan ekonomi sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu. Para ahli ekonomi memprediksi bahwa perekonomian negara ini akan tumbuh menjadi kuat pada tahun 2017. Hal ini terbukti dari hutang nasional GDB yang perlahan turun selama dua tahun terakhir, dari yang semula mencapai 105,76% pada tahun 2019 mencapai 96%.

  1. Siprus

Siprus mulai muncul sejak Yunani memiliki masalah nasional ekonomi. Sejak tahun 2012 hingga 2013, Siprus mempunyai pengalaman krisis finansial yang merupakan hasil dari kombinasi Bank Sipriot yang terlalu mengekspos properti perusahaan – perusahaan dan waktunya berdekatan saat terjadinya krisis finansial di Yunani. Hutang nasional GDB Siprus pada awal tahun 2019 mencapai 94%.

Itulah tadi beberapa negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial