Negara Tasmania: Karakteristik – Daftar Kota dan Faktanya

Negara Tamania merupakan satu-satunya negara di benua Australia yang terpisah dari pulau utama. Negara ini terletak sekitar 240 km atau sekitar 150 mil ke arah selatan dari Australia yang dipisahkan oleh Selat Bass.

Meskipun menjadi negara bagian Australia, negara yang berbentuk mirip sebuah perisai ini memiliki bentuk geografis yang sangat berbeda. Luas Tasmania sekitar 68.401 km persegi yang terbentang sepanjang 350 km tersebut memiliki jumlah populasi sebanyak 533.308 jiwa pada bulan Maret 2019.

Hampir sebagian besar daratan yang terdapat di negara Tasmania merupakan wilayah terlindungi seperti Taman Nasional dan Situs Warisan Dunia. Jangan heran jika Tasmania tercatat sebagai negara yang memiliki udara paling bersih di dunia.

Suhu udara di Tasmania cenderung dingin jika dibandingkan dengan wilayah empat musim di Australia. Musim panas berlangsung pada Desember hingga Februari dengan suhu udara rata-rata maksimal berkisar 21o celcius, sedangkan saat musim dingin tiba yang terjadi pada bulan June hingga Agustus dikenal sebagai musim paling basah dan paling dingin di Tasmania.

Tasmania juga memiliki beberapa jenis flora dan fauna yang unik serta hanya dapat ditemukan di negara ini saja. Flora tersebut seperti pohon eukaliptus yang sangat banyak dijumpai di seluruh daratan di Tasmania, sedangkan Tasmanian Devil adalah fauna asli dan menjadi ikon bagi negara Tasmania yang saat ini keberadaannya sedang terancam punah.

Batas Wilayah dan Bahasa Negara Tasmania

Negara Tasmania bisa dikatakan merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan. Namun jika dilihat secara geografis, negara Tasmania berbatasan dengan:

  • Sisi utara berbatasan dengan: Australia, Selat Bass dan Teluk Port Philips.
  • Sisi timur berbatasan dengan: Laut Tasman.
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Samudera Hindia dan Laut Tasman.
  • Sisi barat berbatasan dengan: Samudera Hindia.

Sebagian besar penduduk yang tinggal di negara Tasmania berasal dari ras yang sama atau homogen jika dibandingkan dengan negara bagian lainnya di Australia, yakni berasal dari Irlandia dan Inggris. Tidak heran jika dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar masyarakat Tasmania menggunakan bahasa Inggris. Adapun presentase bahasa lain yang digunakan oleh masyarakat Tasmania pada tahun 2016 yakni:

  • Bahasa Inggris: 88,3%
  • Bahasa Mandarin: 0,8%
  • Bahasa Nepal: 0,3%
  • Bahasa Yunani: 0,2%
  • Bahasa Italia: 0,2%

Sistem Pemerintahan di Negara Tasmania

Bentuk pemerintahan negara Tasmania telah ditentukan dalam sebuah konstitusi yang sudah ada sejak tahun 1856. Namun sejak tahun 1901, negara Tasmania menjadi negara Persemakmuran Australia sehingga konstitusi Australia turut mengatur hubungan dengan persemakmuran serta menetapkan wewenang di setiap tingkat pemerintah.

Negara Tasmania mempunyai 29 wilayah pemerintahan lokal dan setiap dewan lokal bertanggung jawab dalam menjalankan fungsi yang terlah didelegasikan oleh pemerintah Tasmania seperti pengolahan limbah, perancanaan kota, hingga pembangunan infrastruktur. Sedangkan dana yang digunakan untuk menjalankan fungsi tersebut berasal dari hibah pemerintah dan pajak properti.

Dalam menunjuk pemerintah daerah, menggunakan sistem perwakilan proporsional multi-kursi atau Hare-Clark. Pemilihan tersebut dilakukan setiap empat tahun sekali oleh Komisi Pemilihan Tasmania menggunakan surat suara.

Sistem Perekonomian Negara Tasmania

Sudah sejak lama negara Tasmania bergantung pada pertambangan dengan hasil tambang utama yakni tembaga, seng, timah, besi, dan tidak ketinggalan pula hasil pertanian, hasil hutan hingga pariwisata. Meskipun begitu produk pertanian masih menjadi pasar yang menjanjikan dengan mengandalkan hasil pertanian berupa anggur, saffron dan ceri.

Industri pariwisata juga mengalami peningkatan akibat sudah banyak dibuka tarif penerbangan murah serta terdapat dua kapal feri Spirit of Tasmania menuju Tasmania.

Ada sekitar 34% masyarakat Tasmania bergantung pada iuran kesejahteraan untuk digunakan sebagai sumber pendapatan utama. Hal ini disebabkan karena banyak masyarakat Tasmania telah memasuki usia senja atau pensiun sehingga mereka memperoleh Dana Pensiun. Udara bersih di Tasmania menjadi pilihan tempat yang cocok untuk para pensiunan Australia.

Kota – Kota Di Tasmania

Negara Tasmania sendiri adalah negara kepulauan yang berada di selatan Australia tersebut, mempunyai beberapa kota besar di dalamnya, antara lain:

  • Hobart

Tidak hanya sebagai ibu kota, kota Hobart juga menyimpan banyak persona alamnya yang menarik dan salah satunya yaitu Gunung Wellington. Gunung ini memiliki tinggi berkisar 1.271 meter di atas permukaan laut yang berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Hobart.

Jika cuaca sedang cerah, para pengunjung dapat melihat keseluruhan kota Hobart yang berada tepat di bawah kaki gunung. Tidak heran jika Gunung Wellington menjadi tempat favorit bagi para wisatawan lokal maupun asing.

  • Launceston

Kota Launceston adalah kota terbesar kedua setelah Hobart di Tasmania yang berada di bagian utara atau sekitar 200 km dari ibu kota. Kota ini termasuk kecil namun sangat ramai karena terletak di muara sungai dan dekat dengan pelabuhan.

Di kota ini juga terkenal akan kebun bunga lavendernya yang terdapat di Bridestowe Lavender Estate dan selalu mekar sekitar musim panas. Tidak hanya itu terdapat daerah penghasil wine atau minuman anggur terkenal dengan 32 kilang anggur di sepanjang jalan menuju Pipers Brook dan George Town.

  • Devonport

Kota Devonport merupakan kota pelabuhan tersibuk yang membuka jalur penyebrangan menggunakan kapal feri Spirit of Tasmania dari dan ke Melbourne. Selain itu, Devonport juga menjadi pintu masuk dari sisi barat laut untuk semua barang segar.

Kota ini terletak di sungai Mersey dan pesisi Selat Bass, tidak heran jika kota Devonport menjadi tempat yang cocok untuk melihat pemandangan sungai, laut dan Gunung Cradle dari dekat.

  • Burnie

Dahulu kota Burnie terkenal sebagai kota industri namun sekarang kota ini telah berubah menjadi kota kreatif dan dinamis yang berada di pantai barat laut Tasmania. Kota Burnie terletak di sekitar Teluk Emu dekat selat Bass.

Berubah menjadi kota kreatif, tidak heran jika Burnie memiliki banyak pengerajin lokal yang menghasilkan banyak kerajinan mulai dari keramik, pembuat kertas, tekstil, pelukis, pematung dan lain sebagainya.

Fakta Menarik Negara Tasmania

  • Dahulu Tasmania memiliki marsupial karnivora terbesar bernama Tasmanian Wolf atau Harimau Tasmania. Namun hewan tersebut telah punah.
  • Suku aborigin merupakan penduduk asli Tasmania. Suku tersebut telah ada di Tasmania selama lebih dari 1000 tahun.
  • Hobart merupakan kota terbesar di Tasmania.
  • Hampir sebagian besar batuan di Tasmania merupakan dolerite yakni batuan medium-grained basalt.
  • Sebelum bernama Tasmania, negara ini bernama Anthony van Diemen’s Land yang diambil dari Gubernur Hindia Belanda saat itu.
  • Puncak tertinggi negara Tasmania berada di Gunung Ossa dengan ketinggian 1.617 meter.

Itulah tadi penjelasan mengenai negara Tasmania. Semoga bermanfaat untuk Anda.

fbWhatsappTwitterLinkedIn