Negara Puerto Rico: Karakteristik, Penduduk, Dan Faktanya

Negara Puerto Rico merupakan sebuah negara yang berada di kawasan kepulauan Laut Karibia, Benua Amerika. Banyak orang berpendapat jika negara Puerto Rico adalah negara berdaulat sebab mempunyai wilayah serta status budaya tersendiri.

Namun pada kenyataannya Puerto Rico bukanlah sebuah negara berdaulat. Oleh karena itu, Puerto Rico secara resmi dikenal dengan sebutan Negara Persemakmuran Puerto Rico, dan pada abad sebelumnya negara ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Porto Rico.

Karakteristik Negara Puerto Rico

Seperti yang telah disinggung di atas, jika Puerto Rico merupakan sebuah negara persemakmuran dan juga salah satu dari 13 wilayah milik Amerika Serikat yang disebut sebagai Unincorporated Territories of United States. Dengan kata lain, Puerto Rico adalah bagian dari Amerika Serikat.

Puerto Rico berada di dalam bagian Kepulauan Antillen Besar, yakni kelompok pulau-pulau besar yang berada di Laut Karibia. Di Laut ini terdapat beberapa pulau besar seperti Kuba, Hispaniola (Negara Haiti dan Republik Dominika), Kepulauan Cayman, dan Jamaika.

Sedangkan Puerto Rico sendiri terletak di:

  • Bagian timur laut, Laut Karibia
  • Bagian timur, Republik Dominika
  • Bagian barat, Kepulauan Virgin

Negara Puerto Rico terdiri atas pulau utama yakni Puerto Rico dan beberapa pulau kecil seperti Vieques, Mona, Culebra, Desecheo, dan Caja de Muertos. Dari kelima pulau kecil yang ada, hanya Vieques dan Culebra yang memiliki penghuni sepanjang tahunnya.

Sedangkan pulau Mona yang sejak lama telah menjadi sejarah penting kemaritiman justru tidak ada penghuni kecuali bagi para pekerja dari Departemen Sumber Daya Alam Puerto Rico.

Terdapat pula satu-satunya pulau kecil yaitu La Isleta de San Juan yang dihuni oleh komunitas Old San Juan dan Puerta de Tierra, terhubung dengan pulau utama melalui sebuah jembatan.

Luas dari negara Puerto Rico mencapai 13.800 km persegi, yaitu gabungan dari sekitar 8.900 km persegi kawasan daratan dan 4.900 km persegi berupa perairan. Dapat dikatakan jika Puerto Rico termasuk negara terkecil di Antillen Besar.

Hampir sebagian besar Puerto Rico terdiri atas beberapa gunung dengan daerah pantai yang cukup luas di bagian utara dan selatan. Terdapat sebuah pegunungan utama bernama La Cordillera Central dengan titik tertingginya dan juga menjadi titik tertinggi di Puerto Rico yakni Cerro de Punta (1.340 meter di atas permukaan laut).

Terdapat titik tertinggi lainnya bernama El Yunque. Lokasinya berada di Sierra de Luquillo, Hutan Nasional El Yuque, dengan tinggi mencapai 1.065 meter di atas permukaan laut.

Negara ini memiliki sebuah palung bernama Palung Puerto Rico yang tergolong sebagai palung terbesar dan terdalam di Atlantik. Lokasinya berada sekitar 114 km dari utara Puerto Rico, perbatasan antara Lempeng Amerika Utara dan Karibia.

Palung Puerto Rico mempunyai panjang sekitar 270 km dengan titik terdalam mencapai 8.400 m, bernama Milwaukee Deep.

Menurut klasifikasi iklim Koppen, Puerto Rico masuk sebagai iklim hutan hujan tropis dengan suhu udara hangat hingga panas sepanjang tahun. Rata-rata suhu udara mencapai 28 derajat celcius dengan suhu tertinggi rata-rata berkisar 30 derajat dan suhu terendah 19 derajat celcius.

Penduduk Negara Puerto Rico

Diperkirakan penduduk Puerto Rico mencapai 3 juta jiwa. Menurut sejarah, populasi penduduk Puerto Rico dibentuk oleh permukiman Amerindian awal, kolonisasi Eropa, perbudakan, migrasi, hingga status Puerto Rico sebagai wilayah tak berhubungan di Amerika Serikat.

Menurut peneliti mengungkapkan jika populasi modern Puerto Rico mempunyai gen atau DNA yang berasal dari Taino dan Guanche, bahkan terdapat pula keturunan Amerindian. Studi lain mengatakan jika populasi penduduk Puerto Rico juga berasal dari Eurasia Barat, Afrika Sub-Sahara, serta penduduk Asli Amerika.

Negara Puerto Rico memiliki dua bahasa resmi yakni bahasa Spanyol dan bahasa Inggris. Namun bahasa utama yang sering digunakan yakni bahasa Spanyol, digunakan di bidang pendidikan, bisnis, bahkan sebagai bahasa sehari-hari.

Sedangkan bahasa Inggris hanya digunakan dalam urusan Pengadilan Distrik Amerika Serikat.

Agama yang paling banyak dianut oleh penduduk Puerto Rico yakni Katolik Roma yang dibawa oleh penjajah Spanyol. Terdapat pula agama lain yang bisa juga ditemukan di Puerto Rico yakni agama Kristen, bahkan beberapa penduduk tidak diketahui agamanya.

Kondisi Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Puerto Rico

Menurut Bank Dunia, kondisi perekonomian Puerto Rico diklasifikasikan sebagai kelompok ekonomi berpenghasilan tinggi dan paling kompetitif di Amerika Latin oleh World Economic Forum. Tidak heran jika Puerto Rico masuk sebagai salah satu negara maju di dunia.

Perekonomian Puerto Rico sangat bergantung pada sektor manufaktur (farmasi, tekstil, elektronik, dan petrokimia) dan sektor jasa (asuransi, keuangan, real estat, dan pariwisata).

Sebenarnya Puerto Rico memiliki ketersediaan sumber daya alam yang terbatas. Tidak heran jika negara ini sangat mengandalkan sektor pariwisatanya untuk menunjang perekonomiannya.

Fakta Menarik Negara Puerto Rico

  1. Nama awal Puerto Rico yaitu Boriken yang diberikan oleh penduduk pribumi Indian Taino.
  2. Cara menyambut orang di Puerto Rico dengan mencium pipi. Tidak heran jika sedang mengobrol penduduk Puerto Rico cendrung berdiri sangat dekat dengan lawan bicaranya.
  3. Terdapat sebuah teleskop terbesar di dunia dengan diameter 305 meter, bernama Arecibo Observatory.
  4. Gerbang San Juan yang dibangun pada akhir tahun 1700-an, merupakan salah satu dari enam pintu gerbang besar, selama beradab-abad ditutup pada malam hari untuk melindungi kota dari penjajah. Tembok ini memiliki tebal sekitar 20 kaki dan tinggi 40 kaki.
  5. San Juan menjadi pelabuhan terbesar kedua bagi kapal pesiar di belahan dunia bagian barat.
fbWhatsappTwitterLinkedIn