15 Negara Islam Paling Maju Di Dunia dan Pendapatannya

Menjadi negara muslim yang maju bisa mempunyai kebanggaan tersendiri bagi negara tersebut. Indikator negara maju bisa dilihat dari jumlah kekayaan negara yang bisa didapatkan. Sehingga agar bisa menjadi negara yang maju, banyak negara yang berkompetisi untuk bisa menambah pemasukan bagi negaranya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di negara tersebut.

Beberapa negara memanfaatkan kekayaan alamnya untuk diolah secara maksimal baik digunakan untuk keperluan domestik atau dijual ke luar negeri sehingga menghasilkan pundi-pundi uang bagi negara. Tidak lupa juga untuk mengembangkan keterlampian sumber daya manusianya agar bisa selaras dan mampu mengolah kekayaan yang dimiliki dengan baik.

Untuk mengukur kekayaan suatu negara dapat diukur dari beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah tingkat inflasi, biaya hidup yang harus dikeluarkan dan nilai tukar mata uang suatu negara yang dikonversikan dengan US Dollar.

Orang-orang masih menganggap bahwa negara yang maju adalah negara-negara yang ada di barat. Namun siapa sangka, ternyata banyak negara di Asia dan bahkan merupakan negara muslim yang mampu menjadi negara dengan kekuatan ekonomi yang bisa melampaui ekonomi di negara barat. Dan bahkan ada beberapa negara menjadi daftar negara terkaya di dunia versi Bank Dunia.

Berikut ini akan dijelaskan 15 negara Islam paling maju di dunia:

1.  Qatar

Qatar merupakan negara yang berada di kawasan Timur Tengah tepatnya di Semenanjung Arab yaitu Teluk Persia. Negara ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Kondisi alam di Qatar sebagian besar didominasi oleh gurun yang tandus dan dahulu warganya bekerja sebagai peternak unta dan mencari kerang mutiara dan ikan.

Negara ini menjadi negara islam terkaya sejak tahun 2011. Hal ini dikarenakan produksi pertambangan minyak dan gas alamnya yang melimpah hingga bisa supply ke Amerika Serikat. Konon, dahulu Qatar adalah negara miskin, hingga pada tahun 1939 terdapat penemuan minyak di bawah tanah wilayah Qatar sehingga membuat posisi Qatar berubah dari negara miskin menjadi negara yang kaya. Qatar menghasilkan pendapatan perkapita 93.965 USD dengan PDB atau Produk Domestik Bruto 210.002 milyar USD.

2. Uni Emirat Arab

Hampir sama dengan Qatar, Uni Emirat Arab kondisi lingkungannya juga berupa gurun yang gersang dan memiliki sunber daya alam berupa minyak dan gas bumi. Negara ini memiliki Burj Khalifah yang merupakan gedung tertinggi di dunia. Dulunya juga negara ini adalah negara yang miskin, tetapi sejak ditemukannya minyak dan gas bumi kehidupan di Uni Emirat Arab menjadi lebih baik. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita 44.770 USD dan PDB 440.181 milyar USD.

3. Kuwait

Produksi minyak di Kuwait mencapai sekitar 104 juta barel dan merupakan 10% pemiliki cadangan minyak mentah dunia. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita sebesar 43.103  USDdan PDB 172.350 milyar USD. Kuwait adalah negara di Timur Tengah yang cadangan minyaknya berada di pesisir Teluk Persia. Berbatasan dengan Arab Saudi dan Irak. Penduduk di Kuwait mayoritas adalah muslim dan jumlahnya mencapai 4 juta jiwa

4. Brunei Darusalam

Negara yang menempati Pulau Kalimantan bagian utara ini juga negara muslim yang kaya dan makmur. Luas wilayahnya mencapai 5.765 kilometer persegi. Kekayaan pendapatan Brunei diperoleh dari pengelolaan minyak dan gas bumi yang mencapai setengah dari seluruh pendapatan yang diterima.

Brunei merupakan negara yang memberlakukan sistem syrariat Islam. Misalnya saja Bruei membuat peraturan untuk mengharamkan minuman keras dan rokok. Sumber daya manusia di Brunei juga tercatat mencapai angka yang tinggi di Asia Tenggara. Negara ini bisa menghasilkan pendapatan perkapita sebesar 36.607 USD dan PDB 15.102 milyar USD.

5. Bahrain

Kebanyakan negara-negara yang kaya adalah negara yang memiliki sumber daya alam minyak dan gas bumi. Sama halnya seperti Bahrain yang memiliki kekayaan minyak dan gas. Kondisi alam di Bahrain juga didominasi oleh gurun. Bahrain memperoleh kekayaannya dari pengolahan minyak dan gas bumi. Bahrain memiliki pendapatan perkapita sebesar 28.272 USD dan PDB 33.862 milyar USD. Komposisi pemeluk agama di Bahrain adalah 81% muslim, 9% Kristen, 9,8% lain-lain. Selain itu, Bahrain menempati posisi ke-25 untuk ekonomi paling bebas di dunia.

6. Arab Saudi

Salah satu gurun yang terkenal di Arab Saudi adalah Gurun Sahara dengan pasir dan terik mataharinya yang panas. Di negara ini juga umat muslim setiap tahunnya menunaikan ibadah haji yaitu di Kota Mekah dan Madinah. Perekonomian Arab Saudi terbilang cukup bagus dan meningkat. Pendapatan perkapita yang bisa dihasilkan oleh Arab Saudi adalah sebesar 24.454 USD dan PDB 752.459 miyar USD. Sumber pendapatan ini diperoleh dari pengolahan minyak bumi dan petrokimianya. Selain itu, devisa yang didapat dari orang-orang yang melaksanakan haji juga turut menyumbang pendapatan negara.

7. Oman

Pendapatan perkapita Oman adalah sebesar 19.002 USD dan PDB nya adalah 77.755 milyar USD. Hal ini karena Oman melakukan pengolahan minyak dan gas bumi. Cadangan minyaknya mencapai 5,5 milyar barel dan produksi minyak setiap harinya sebesar 800.000 barel. Oman juga memiliki kawasan pantai yang indah. Lokasi Oman berada di pesisir tenggara Jazirah Arab dan berbatasan dengan Arab Saudi di bagian barat.

8. Turki

Selain menjadi negara muslim yang kaya, Turki juga mempunyai wisata sejarah yang mempesona wisatawan asing. Jika dilihat dari sejarah, negara ini pernah dikuasai oleh Turki Usmani yang berhasil menaklukan Eropa. Dari situlah salah satu pendapatan Turki berasal yakni dari sektor pariwisata. Selain sektor pariwisata, sektor konstruksi, perbankan, bahan petrokimia, penyulingan minyak dan industri otomotif juga menjadi sumber pendapatan Turki. Turki memperoleh pendapatan perkapita sebesar 16.885 USD per tahunnya.

9. Iran

Iran terkenal dengan sistem militernya yang kuat dan berjumlah 1.950.000 tentara. Hampir setengah dari wilayah Iran memiliki iklim gurun yang panas. Iran sendiri mempunyai cadangan minyak dari Teluk Persia sebesar 125 milyar barel. Pendapatan perkapita Iran adalah 4.763 USD dan menempati urutan ke-99 dari seluruh negara di dunia.

10. Mesir

Sekitar 90% penduduk Mesir adalah muslim, 95 kopstik dan 1% adalah kristen. Letak Mesir berada di antara dua benua yaitu Afrika dan Asia. Pendapatan perkapita Mesir adalah sebesar 12.100 USD per tahunnya. Kegiatan ekonomi yang paling besar di Mesir adalah dari sektor pertanian. Produk-produk yang dihasilkan antara lain beras, kapas, jagung, gandum, buah-buahan dan sayur-sayuran.

11. Indonesia

Indonesia masuk ke dalam negara Islam terbesar di dunia dan negara dengan agama islam terbanyak yang memiliki kekayaan alam melimpah. Dan dengan kekayaan alam itu bisa menambah pendapatan negara yang cukup besar. Banyak pertambangan minyak dan gas bumi yang tersebar di nusantara kita ini. Ini menunjukkan bahwa kita benar-benar negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Indonesia juag dikenal sebagai negara dengan jumalh muslim terbanyak di dunia. Pendapatan perkapita Indonesia saat ini adalah 3.065 USD.

12. Libya

Afrika patut berbangga karena ada salah satu negaranya yang merupakan negara muslim terkaya di dunia. Pendapatan perkapitan Libya adalah sebesar 14.100 USD. Kegiatan pengolahan minyaklah yang paling besar menyumbang pendapatan negara. Libya juga mendapatkan peringkat ke-10 untuk negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia.

13. Malaysia

Letak negara Malaysia dan batasnya yang dekat dengan Indonesia. Mayoritas penduduknya juga memeluk Agama Islam. Sama seperti Brunei Darussalam, Malaysia juga memberlakukan sistem syariat Islam di pemerintahannya. GDP perkapita Malaysia adalah sebesar 27.200 USD, lebih tinggi dari Indonesia yang hanya 11.700 USD.

14. Syria

Negara muslim ini adalah negara yang kaya, namun saat ini Syria sedang terusik ketenangannya karena menghadapi sempat di bom oleh Israel tepatnya di kota Aleppo beberapa waktu yang lalu. Jumlah penduduknya berjumlah 22,5 juta jiwa. Pendapatan perkapita Syria atau yang biasa disebut Suriah adalah sebesar 4.513 USD per tahun.

15. Algeria

Algeria juga merupakan negara muslim kaya di benua Afrika. Algeria dikenal dengan produsen gandum terbesar di Afrika. Meskipun daratan Algeria berupa gurun pasir, negara ini juga menghasilkan produk pertanian seperti buah jeruk, anggur, ceri, ara dan kurma. Pendapatan perkapita Algeria adalah 8.715 USD pada tahun 2012.

Itu adalah 15 negara berpenduduk mayoritas muslim yang paling maju di dunia. Dan kebanyakan berasal dari negara-negara di kawasan Timur Tengah dengan sumber daya alam minyak dan gasnya yang luar biasa sehingga beberapa bisa mengalahkan posisi negara barat.

Semoga artikel tentang negara islam paling maju di dunia bisa bermanfaat dan menjadi motivasi dan inspirasi belajar untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di suatu negara agar bisa mengolah kekayaan negaranya sendiri dengan baik.

fbWhatsappTwitterLinkedIn