Letak Negara Malaysia dan Batas- batasnya (Paling Lengkap)

Negara Malaysia adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang letaknya sangat dekat dengan Indonesia. Negara Malaysia dibagi menjadi dua wilayah, bahkan salah satu wilayahnya satu pulau dengan Indonesia yakni di pulau Borneo atau Kalimantan. Sebagai negara tetangga Indonesia, perlu bagi kita untuk mengetahui lebih jelas mengenai letak dan juga batas- batas negara Malaysia.

Letak Negara Malaysia

Letak suatu tempat di muka Bumi, biasanya dihubungkan dengan koordinat garis lintang dan garis bujur. Letak ini dinamakan letak astronomis. Selain itu ada pula letak geografis yang merupakan letak nyata di muka bumi. Secara astronomis, Malaysia terletak di 1°LU – 7° LS dan 100° BT – 120° BT. Sementara itu secara geografis, negara Malaysia terletak di antara berbagai negara yang akan di jelaskan dalam batas- batas negara  Malaysia.

Batas- batas Negara Malaysia

Setiap letak di permukaan Bumi pastilah memiliki batas, demikian pula dengan negara. Setiap negara memiliki batas wilayahnya masing- masing untuk memperjelas wilayah kekuasaan dan berlakunya peraturan tertentu. Untuk negara Malaysia sendiri, berikut merupakan batas- batas negara Malaysia:

  1. Sebelah Utara

Di sebelah utara, Malaysa berbatasan dengan bebagai negara karena wilayah Malaysia ini tergolong panjang. Negara- negara yang berbatasan dengan Malaysia antara lain adalah Thailand dan Brunei Darussalam. Selain berbatasan dengan negara, di sebelah utara Malaysia juga berbatasan dengan perairan, yakni Laut Cina Selatan.

  1. Sebelah Selatan

Sama dengan sebelah utara, di sebelah selatan Malaysia juga berbatasan dengan negara- negara tetangganya. Di sebelah selatan, Malaysia berbatasan dengan Indonesia dan juga Singapura. Jadi bisa dikatakan bahwa Indonesia terletak di sebelah selatan Malaysia.

  1. Sebelah Timur

Di sebelah timur, Malaysaia berbatasan dengan daratan dan perairan.  Ekosistem darat yang berbatasan dengan Malaysia di sebelah timur adalah negara Filiphina, dan perairan tersebut adalah Laut Cina Selatan.

  1. Sebelah Barat

Kemudian di sebelah barat. Di sebelah barat, Malaysia berbatasan dengan negara Indonesia dan juga dengan perairan yaitu Selat Malaka. Selatan Malaka sendiri merupakan selat yang memisahkan antara negara Indonesia dan juga Malaysia.

Nah itulah batas- batas negara Malaysia dari sebelah utara, selatan, timur dan barat. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai letak dan batas negara Malaysia, semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn