4 Batas Negara Singapura: Daratan dan Perairan

Singapura adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang letaknya sangat dekat dengan Pulau Batam. Singapura merupakan negara terkecil di wilayah atau region Asia Tenggara. Namun meskipun negara ini memiliki wilayah yang paling kecil, namun siapa sangka bahwa Singapura ternyata merupakan negara yang paling kaya dan negara  paling maju di Asia Tenggara, bahkan di Asia Tenggara ini hanya memiliki satu negara maju, yakni Singapura.

Singapura juga merupakan negara yang sangat tertib dan juga sangat disiplin, tidak heran bahwa negara ini masuk ke dalam karakteristik negara maju. Hingga saat ini Singapura memiliki wilayah yang sangat kecil namun dapat dikelola dengan sangat baik. Adapun mengenai batas wilayah, sepertinya akan lebih menarik apabila kita sama- sama membahasnya.

Batas- batas negara Singapura

Batas- batas ngara Singapura ini ada yang berupa perairan maupun status negara. Berikut ini merupakan batas- batas dari negara Singapura:

  1. Sebelah Barat

Batas negara Singapira di sebelah barat adalah perairan milik Indonesia dan juga Malaysia, yakni Selat Malaka. Selat Malaka merupakan selat yang memisahkan antara pulau Sumatera, tepatnya daerah Aceh dengan negara Malaysia. Selat Malaka tidak begitu luas, namun terlihat luas apabila dilihat dari negara kecil seperti Singapura.

  1. Sebelah Timur

Batas negara Singapura di sebelah timur adalah berupa perairan dan juga pulau. Perairan yang menjadi pembatas negara singapura sebelah timur adalah Laut Cina Selatan, sementara daratan yang menjadi pembatas dari Singapura di sebelah timur adalah Malaysia.

  1. Sebelah Utara

Di sebelah utara, batas- batas wilayah negara Singapura ini adalah negara Malaysia. Ya, jadi untuk sebelah utara, perbatasan yang dimiliki oleh negara Singapura ini hanya satu yakni negara Malaysia saja yang berupa ekosistem darat.

  1. Sebelah Selatan

Di sebelah selatah kita akan menemukan yang hampir sama dengan batas sebelh timur. Batas negara Singapura di sebelah timur adalah Laut Cina Selatan dan negara Indonesia. Dengan demikian kita mengetahi bahwa letak negara Singapura berada di sebelah utara Indonesia.

Itulah beberapa batas dari negara Singapura apabila dilihat dari arah mata angin. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai batas- batas negara Singapura bisa bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn