10 Manfaat Curah Hujan yang Tinggi Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat curah hujan yang tinggi bagi kehidupan manusia di Indonesia ataupun di seluruh bumi cukup penting. Hujan, salah satu musim yang ada di negara Indonesia. Hujan terjadi apabila udara sudah tak sanggup menampung beratnya air lagi. Turunnya hujan tidak hanya berbentuk air saja, namun ada juga yang turun dalam bentuk es (jadi hujan es) atau dalam bentuk salju. Curah hujan yang tinggi seperti yang terjadi di negara-negara beriklim tropis, ternyata memiliki banyak manfaat. Sebelum membahas apa saja manfaat curah hujan tinggi, kita harus berkenalan dulu dengan hujan, dong. Simak ulasannya, ya.

Siklus Air

Hujan dan siklus air saling berkaitan dan merupakan kesatuan, jadi tidak akan ada kata akhir untuk turunnya hujan ini. Ada siklus air, pasti juga ada hujan. Sebenarnya seperti apa, sih, siklus air ini? Nah, siklus air dimulai ketika terjadi hujan, air yang mengalir ke sungai-sungai, laut, dan tempat lainnya akan menguap. Uap air ditangkap oleh si awan dan disimpan. Saat awan tidak sanggup untuk menahan banyak air yang disimpannya, air tersebut akan turun kembali ke bumi dalam beragam bentuk seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Itulah siklus air yang akan terus terjadi, berulang-ulang. Fungsi Air Hujan yang paling utama adalah menjaga siklus air, selain itu ada berbagai manfaat curah hujan tinggi bagi kehidupan manusia, berikut penjelasannya.

1. Mengairi Sawah dan Lahan

Curah hujan yang tinggi membuat para petani jadi lebih hemat, cepat, dan mudah ketika mengairi sawah dan lahan miliknya. Hujan juga membuat petani lebih cepat dalam menanam jagung, padi, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan tanah yang kena hujan jadi lembab dan gembur sehingga mudah untuk diolah, dibajak, atau dicangkul.

2. Cadangan Air Ketika Kemarau Panjang

Hujan yang deras atau curah hujan tinggi adalah saat paling tepat mengisi kolam-kolam penampung air yang dapat jadi cadangan saat kemarau panjang melanda. (Baca : manfaat sumur resapan)

3. Menjaga Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di Bumi

Tidak adanya air hujan dikarenakan kemarau yang panjang menyebabkan kelangsungan hidup beberapa makhluk hidup terganggu. Banyak hewan mati kekurangan air, tumbuhan layu dan kemudian mengering. Akibat kemarau lainnya adalah berkurangnya mineral dan senyawa yang ada di dalam tanah. Dengan curah hujan yang tinggi, mineral dan senyawa tersebut kadarnya dapat normal kembali. Kelangsungan hidup makhluk hidup pun akan terjaga tatkala air hujan yang tinggi membasahi bumi.

4. Salah Satu Sumber Air Minum

Air hujan adalah air bersih, murni, tanpa tambahan zat kimia berbahaya. Sementara air yang kita pakai setiap hari, yang sebagian besar asalnya dari ledeng terdapat kandungan zat yang gunanya untuk membuat kuman dalam air ledeng mati. Zat tersebut kita kenal dengan nama klorin. Klorin merupakan bahan berbahaya bagi tubuh. Sebab itulah air hujan adalah sumber air minum yang aman untuk dikonsumsi dan sehat.

5. Menjaga kelestarian Hutan

Iklim di Indonesia sangat besar pengaruhnya bagi keberlangsungan kehidupan makhluk di bumi. Begitu juga dengan hutannya yang menjadi paru paru dunia. Curah hujan yang tinggi juga dapat berperan dalam menjaga kesuburan tanah dan hutan. Fungsi hutan lindung atau hutan lainnya selain dapat dijadikan sebagai cara mencegah tanah longsor juga dapat dijadikan mencegah erosi tanah.

6. Seluruh Bidang Pertanian Cukup Terbantu

Hampir semua petani sangat menginginkan hujan, karena akan membantu pola tanam hingga meningkatkan kesuburan tanah mereka.

7. Kesuburan Tanah

Curah hujan yang tinggi juga dapat berperan dalam menjaga kesuburan tanah sehingga sangat cocok di jadikan daerah pertanian. Termasuk di Indonesia.

8. Bisnis : Menguntungkan Penjual Payung dan Jas Hujan

Hujan deras, curah hujan yang tinggi, sangat membahagiakan bagi para penjual payung dan jas hujan. Keuntungan yang mereka dapat dari orang-orang yang membutuhkan kedua benda itu karena hujan lebat pun akan bertambah.

9. Menguntungkan Ojek Payung

Bagi yang kebetulan terjebak hujan di pusat perbelanjaan, pasar, terminal, atau tempat-tempat umum lainnya kehadiran ojek payung sangat membantu. Kalau hujannya kecil, kebanyakan orang pasti memilih untuk menerobos gerimis itu. Akan tetapi berbeda jika curah hujan yang turun termasuk tinggi. Orang tidak mungkin akan basah-basahan, kan? Maka ini akan memberi keuntungan lebih bagi penyedia jasa ojek payung.

10. Menenangkan

Hujan akan membawa kita pada hati yang sejuk dan sangat menenangkan sehingga sangat layak ketika film film romantis terkadang mengangkat latar belakang hujan didalamnya.

Intensitas Curah Hujan

Intensitas curah hujan antara satu daerah dengan daerah lain tentunya berbeda-beda. Untuk wilayah yang tergolong luas,  jarang terjadi hujan lebat (intensitas tinggi). Biasanya yang turun adalah hujan intensitas rendah dan kurun waktu lama. Hujan dengan intensitas tinggi akan turun di daerah atau wilayah yang sempit (tidak luas) itupun waktunya tidak lama. Jika curah hujan tinggi terjadi berhari-hari dan lama, kemungkinan bisa terjadi banjir bandang yang dapat merusak tanaman juga lahan petaniannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Curah Hujan

1. Luas Wilayah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, semakin luas suatu daerah, curah hujan yang diterimanya juga makin rendah dan sebaliknya, jika wilayah sempit maka curah hujan tinggi.

2. Arah Angin dan Sumber Penguapannya

Uap air akan diangkut oleh si angin melewati tempat di mana sumber penguapan terjadi. Daerah yang terletak dekat dengan sumber penguapannya berdampak pada tingginya curah hujan di tempat tersebut.

3. Tinggi Wilayah

Semakin rendah suatu wilayah, curah hujan yang akan diterimanya pun makin tinggi. Makin tinggi suatu daerah, curah hujannya akan rendah.

4. Letak Garis Lintang Terhadap Suatu Daerah

Wilayah yang terletak pada garis lintang rendah akan memiliki curah hujan tinggi. Begitu juga sebaliknya. Ingat! Suhu tinggi yang ada di suatu daerah pun berakibat pada tingginya penguapan yang nantinya akan mempengaruhi curah hujan. Baca : (Pengaruh letak astronomis dan geografis indonesia)

Selain ada manfaat, namun tingginya curah hujan juga dapat mengakibatkan hal hal negatif seperti :

  1. Kebanjiran
  2. Tanah Longsor
  3. Erosi
  4. Bencana alam lainnya

Jadi intensitas yang terlalu tinggi jika tidak di dukung oleh daerah yang baik, bisa menyebabkan terjadinya bencana.

Baca juga :

, , ,
Oleh :
Kategori : Iklim
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!