9 Manfaat Dari Adanya Batas ZEE – Apa Fungsi dan Perannya

Apa itu ZEE? beberapa masyarakat mungkin masih banyak yang awam tentang maksud dari batas ZEE. ZEE merupakan kependekan dari Zona Eksklusif Ekonomi. Pada artikel ini kita akan membahs manfaat dari adanya batas ZEE tersebut, akan tetapi sebelum mengetahui manfaatnya kita harus lebih mengerti dahulu apa yang dimaksud dengan Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE).

Pengertian Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE)

ZEE adalah suatu wilayah atau zona dalam sebuah negara yang memiliki luas 200 mil laut yang di tarik dari garis dasar pantai. Pada Zona ini negara pantai memiliki hak penuh untuk mengembangkan dan mengeksploitasi kekayaan alam wilayah tersebut, serta memberlakukan hukum tertentu terhadap pembangunan dan pembuatan pulau buatan. Melakukan penelitian ilmiah kelautan dan melindungi serta melestarikan lingkungan laut yang berada pada zona tersebut.

Negara Indonesia mengeluarkan kebijakan dan aturan-aturan mengenai batas ZEE pada 1 Maret 1980, sepanjang 200 mil yang di ukur dari garis pangkal wilayah laut negara Indonesia. Pengukuran batas ZEE seluas 200 mil itu di ukur saat pasang surut. Ternyata sebelum dikeluarkan kebijakan mengenai ZEE, Indonesia pernah mengumumkan sebuah deklarasi berkonsep wawasan nusantara. Dimana isi deklarasi tersebut menyebutkan bahwa wilayah laut Indonesia 12 mil dari garis panggal pantai hingga titik terluar Indonesia. Batas ZEE tersebut memiliki manfaat bagi negara pantai, Indonesia salah satunya adalah negara pantai dan batas ini memberika manfaat yang besar bagi negara kita.

Manfaat  dari adanya batas ZEE :

  1. Negara pantai berhak memanfaatkan sumberdaya alam yang terkandung di dalam zona tersebut
  2. Negara pantai juga bisa mengelola dan mengembang seluruh sumber daya yang terdapat dalam zona tersebut baik didasar laut ataupun dibawah perairan
  3. Agar negara asing atau negara lain tidak memanfaatkan  atau mengambil sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut
  4. Bertambah luasnya wilayah laut yang dimiliki oleh suatu negara pantai (Baca : Manfaat pantai dan zona laut)
  5. Negara pantai berhak menggunakan kebijakan hukum, kebebasan bernavigasi atau melakukan penanaman kabel dan pipa pada wilayah tersebut
  6. Tiap negara pantai dapat memiliki setidaknya 90% dari keseluruhan cadangan ikan yang bisa dijual, 84% cadangan minyak dunia, dan 1% cadangan mangan.
  7. Dapat membantu dalam memelihara dan mempertegas batas wilayah suatu negara
  8. Negara dapat melakukan penelitian  dan pengembangan sumber daya alam pada zona tersebut
  9. Dapat meningkatkan pemasukan negara jika wilayah tersebut bisa dikelola dengan baik. Seperti menjadin sebuah destinasi wisata, hal tersebut akan memberikan pemasukan bagi negara

Manfaat tersebut hanya beberapa dari banyak manfaat lainnya jika ada batas ZEE bagi sebuah wilayah. Sebagai contoh pada negara kita, belakangan ini banyak sekali terdengar pemberitaan tentang kapal-kapal asing dari negara lain berlayar tanpa izin di wilayah perairan negara kita. Kapal asing tersebut datang untuk mengambil hasil kekayaan laut Indonesia tanpa izin dari negara kita, mereka melakukan hal tersebut secara ilegal. Oleh sebab itu, pemerintah berhak penuh untuk menggunakan kebijakan-kebijakan hukum yang mengatur tentang hal tersebut.

Baca juga : Pengaruh Letak Astronomis dan Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Iklim

, , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!