5 Upaya Pelestarian Hutan Mangrove yang Harus Dilakukan

Hutan merupakan salah satu kawasan yang bisa dikatakan sangat penting keberadaannya. Hal ini dikarenakan fungsi dari hutan yang berhubungan erat dengan kehidupan manusia. persebaran hutan di dunia sendiri bisa dikatakan cukup luas dan sangat besar, hampir bisa dikatakan bahwa kita bisa menemukan hutan di seluruh permukaan planet bumi. Hal ini dikarenakan memang hutan lebih mudah tumbuh dan berkembang.

Selama ini kita mengenal tentang beberapa jenis hutan di dunia yang berbeda-beda menurut kondisi dan tempat keberadaannya. Hutan memang merupakan salah satu faktor utama dalam pembentukan relief permukaan bumi. perbedaan jenis,perbedaan lingkungan memberikan pengaruh yang berbeda pada sifat dan karakteristik dari setiap hutan yang ada di dunia.

Dari berbagai macam jenis hutan yang ada di dunia salah satu hutan yang cukup memiliki peran penting pada dasarnya adalah hutan bakau. Hutan yang satu memiliki peranan penting yang cukup besar pada pelestarian kawasan pantai.

Ada beberapa jenis hutan mangrove yang bisa kita temukan berdasarkan lingkungan dan jenis dari tumbuhan yang ada di dalamnya. Hutan kawasan mangrove sendiri kini tak hanya terpaku pada kawasan hutan konservasi saja. Namun, kini keberadaan hutan mangrove juga berfungsi sebagai lahan wisata yang perlahan mulai terkenal.

Pembahasan kita kali ini akan membicarakan mengenai upaya pelestarian hutan mangrove. Meskipun kawasan hutan mangrove merupakan kawasan yang sangat penting. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kawasan hutan yang satu ini juga menghadapi berbagai macam jenis masalah. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan seperti

1. Melakukan upaya penanaman Ulang

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kawasan hutan sangat lebat da juga berbagai macam jenis hutan. Hutan mangrove merupakan salah satu kawasan yang sangat penting dan harus di lindungi. Salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan upaya penanaman ulang. Menanami daerah-daerah di sekitar pantai yang memiliki peluang besar terancam kerusakan. Pada upaya yang satu ini peran serta dan campur tangan manusia memang sangat lah penting. Karena, manusia merupakan salah satu faktor utama yang berhadapan langsung dengan berbagai kerusakan kawasan hutan mangrove. Dengan upaya penanaman ulang ini, akan memungkinkan untuk menjaga dan melestarikan kawasan tersebut.

2. Restorasi kawasan Mangrove

Upaya yang satu ini bisa dikatakan cukup mirip dengan upaya penanaman. Namun, terdapat hal yang membedakan antara keduanya. Salah satu faktor pembeda yang ada  di dalamnya adalah campur tangan manusia. Pada upaya restorasi campur tangan manusia akan sangat minim sekali, semuanya akan bergantung pada kemampuan alam dan lingkungan untuk dapat mengembalikan kondisi tersebut. Pada dasarnya hutan mangrove mampu memperbaiki kondisinya sendiri, meskipun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Itupun harus dengan kondisi-kondisi khusus yang dapat mendukung upaya restorasi tersebut.

3. Perluasan kawasan Hutan mangrove

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa persebaran hutan mangrove di Indonesia, bisa dikatakan sangat luas. Namun, untuk saat ini banyak kawasan yang kalah dengan perkembangan manusia yang semakin menjadi. Banyak kawasan pantai yang seharusnya memiliki potensi besar untuk menjadi kawasan hutan mangrove harus mengalah dan hilang. Salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan adalah dengan memperluas kawasan hutan mangrove itu sendiri. Perluasan kawasan hutan mangrove ini sendiri dapat dilakukan dengan memperbaiki tata kelola dari kawasan pesisir yang ada. Ketika kawasan hutan mangrove dapat diperlukan, maka fungsi hutan mangrove dan manfaat hutan mangrove akan lebih terasa.

4. Edukasi Masyarakat Tentang Mangrove

Manusia merupakan salah satu faktor penting dalam upaya pelestarian hutan mangrove. Tanpa bantuan campur tangan manusia, maka upaya pelestarian tak akan pernah ada. Untuk dapat meningkatkan hal ini salah satu hal yang sangat penting adalah dengan peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai hutan mangrove itu sendiri. Kita menjelaskan mengenai berbagai macam fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh hutan ini. Ketika pengetahuan masyarakat bertambah, maka kesadaran upaya pelestarian ini akan terbentuk. Maka kita banyak sekali lokasi wisata hutan mangrove yang ditemukan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan masyarakat pada pentingnya keberadaan hutan mangrove ini sendiri.

5. Perbaikan Lingkungan Hutan

Pada dasarnya proses perbaikan kondisi lingkungan dimana mangrove berada bukanlah sebuah hal yang mudah. Salah satu hal yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah adanya faktor polusi air di dalamnya. Air laut yang mengandung polutan ini sendiri juga memiliki banyak efek negatif terhadap pekembangan hutan mangrove sendiri. Maka usaha perbaikan kondisi lingkungan hutan mangrove tak hanya bisa berkutat pada faktor lingkungan saja. Karena tanpa perbaikan pada sektor manusia yang ada di sekitarnya akan menghasilkan sebuah hal yang bisa dikatakan sangat susah terjadi.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa kita ketahui. Hutan mangrove merupakan salah satu hutan yang sangat penting bagi keberlangsungan dan kondisi dari kawasan pesisir itu sendiri. Keberadaanya akan mengurangi berbagai kemungkinan kerusakan yang bisa saja terjadi. Maka, upaya pelestarian adalah sebuah hal yang mutlak. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hutan