4 Kawasan Persebaran Hutan Musim di Indonesia

Hutan merupakan sebuah kawasan yang bisa dikatakan sangat penting. Kawasan hutan sendiri memiliki fungsi yang bisa dikatakan tak bisa kita sepelekan begitu saja. Ketika kita membicarakan mengenai hutan maka kita tak bisa begitu saja mengabaikan manfaat yang terkandung di dalamnya. Planet bumi sendiri memiliki banyak sekali area hutan yang tersebar luas di seluruh daerah.

Selama ini kita mengenal beberapa jenis hutan di dunia yang ada seperti hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan musim, serta beberapa jenis-jenis hutan di dunia yang sangat banyak jumlahnya. Kawasan hutan tersebut merupakan sebuah kawasan yang sangat penting dan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup dari lingkungan di sekitarnya.

Jika membicarakan mengenai persebaran kawasan hutan maka indonesia tak bisa di abaikan begitu saja. Sebagai salah satu negara dengan kawasan hutan terlebat, nama Indonesia memang menjadi sorotan dalam masalah hutan. Indonesia adalah salah satu kawasan yang memiliki luasan bioma hutan hujan tropis sangat besar di dunia.

Namun, pada dasarnya sendiri ada banyak sekali jenis-jenis hutan di Indonesia itu sendiri. Selain itu bisa dikatakan bahwa persebaran hutan di Indonesia cukup merata, dengan berbagai jenis vegetasi di dalamnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai persebaran salah satu jenis hutan yang ada di Indonesia. Kita akan membahas mengenai persebaran hutan musim di Indonesia. Hutan musim ini merupakan salah satu hutan yang cukup sering dijumpai di Indonesia, meskipun mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Tapi, ada beberapa lokasi hutan musim di Indonesia yang perlu kita ketahui.

Hutan musim sendiri merupakan salah satu jenis hutan yang bisa dikatakan cukup berbeda dari jenis hutan yang lain. Pada hutan musim kondisi dari hutan itu sendiri akan sangat mengikuti  kondisi dari lingkungan yang ada pada daerah tersebut. Kondisi hutan musim akan sangat bergantung pada dinamika perubahan atmosfer pada suatu wilayah.

Perubahan kondisi ini sendiri dapa ditandai dengan berbagai macam. secara normal memang hutan musim biasanya sangat dapat ditemukan pada beberapa negara yang memiliki 4 musim. Namun, persebaran hutan musim di Indonesia sendiri juga dapat kita temukan seperti pada,

1. Jawa Timur

Kawasan persebaran hutan musim di Indonesia yang pertama ada di kawasan Jawa Timur. Pada hutan musim di indonesia sendiri terutama di jawa timur biasanya terdiri dari hutan homogen. Artinya adalah hutan musim di Jawa timur kebanyakan hanya di dominasi oleh satu jenis pohon saja. salah satu jenis pohon yang dapat ditemukan di kawasan Jawa Timur adalah Pohon jati atau yang bernama ilmiah Tectona grandis. Salah satu ciri-ciri hutan musim yang bisa kita temukan di kawasan jawa timur adalah ketika musim kemarau maka hutan ini akan terlihat gersang. Kondisi gersang ini dikarenakan pepohonan yang di dominasi oleh jati ini akan menggugurkan semua daunnya.

2. Nusa Tenggara

Kawasan selanjutnya di Indonesia yang memiliki daerah hutan musim cukup banyak adalah kawasan Nusa tenggara. Baik kawasan nusa tenggara timur maupun nusa tenggara barat. Kawasan hutan musim di daerah nusa tenggara ini sendiri bisa dikatakan cukup berbeda dari kawasan jawa timur. Pada kawasan ini bisanya daerahnya lebih di dominasi dengan jenis hutan yang jauh lebih tahan terhadap kekeringan. Salah satu jenis pohon yang cukup banyak diketemukan pada kawasan ini adalah jenis kayu putih dan beberapa jenis lain. Meskipun kita ketahui bersama bahwa pada kawasan Nusa tenggara ini sendiri lebih banyak di dominasi oleh bioma savana.

3. Sulawesi Selatan

Kawasan persebaran hutan musim di indonesia selanjutnya adalah pada daerah sulawesi selatan. Pada kawasan ini hutan musim yang ada memang sedikit berbeda dari yang lain. Hal tersebut dikarenakan jenis flora dan fauna yang ada di daerah indonesia tengah ini memang berbeda. Maka dari hal itu sangat jarang ditemukan beberapa jenis pohon yang biasa terdapat di dalam hutan musim, seperti jati dan sejenisnya. Pada kawasan ini, biasanya hutan musimnya akan di dominasi oleh pepohonan yang berdaun lebih kecil dan meruncing. Salah satu jenis pohonnya adalah Eboni dan beberapa jenis damar yang cukup terkenal.

4. Yogyakarta

Kawasan yogyakarta merupakan salah satu kawasan yang cukup terkenal dengan kondisi hutan musimnya. Sama halnya dengan kawasan yang terdapat di jawa timur, kebanyakan hutan musim di daerah ini lebih di dominasi oleh jenis pohon jati dan sejenisnya. Namun, pada beberapa daerah kawasan hutan musim di Yogyakarta lebih di dominasi oleh jenis pohon pinus dan cemara. Persebaran kawasan hutan musim yang memiliki jenis berbeda-beda ini dapat dipetakan dan dilihat pada beberapa daerah yang ada di yogyakarta.

Itulah tadi beberapa kawasan persebaran hutan musim di indonesia yang bisa kita ketahui. Meskipun indonesia terkenal dengan kawasan hutan tropisnya yang cukup besar. Namun, pada beberapa daerah justru hutan musim yang bisa dikatakan cukup berpengaruh besar. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!