4 Kawasan Persebaran Hutan Musim di Dunia

Hutan merupakan sebuah kawasan yang dapat ditentukan dengan syarat-syarat tertentu. Suatu wilayah dapat disebut sebagai kawasan hutan, jika kawasan tersebut memiliki berbagai macam karakteristik yang sesuai untuk dinyatakan sebagai hutan. Kawasan hutan di Planet bumi sendiri memiliki berbagai macam jenis dan ragam yang berbeda-beda.

Ada banyak sekali jenis hutan di dunia yang memiliki karakteristik dan juga ciri yang berbeda-beda. Pada dasarnya ada banyak sekali cara atau metode yang digunakan untuk membedakan setiap hutan yang ada. Terdapat beberapa point yang bisa digunakan pada umumnya. Jenis vegetasi, tata letak, serta karakteristik dari hutan itu sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu point untuk mengelompokkan hutan-hutan yang ada di dunia.

Namun, jika hanya di dasarkan pada keanekaragaman vegetasi yang ada di dalamnya, setiap hutan yang ada di dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu hutan homogen dan juga hutan heterogen. Kedua jenis hutan tersebut dibedakan dengan keanekaragaman jenis pepohonan yang dapat ditemukan. Selain itu ada juga hutan yang sangat dipengaruhi oleh kondisi dinamika perubahan atmosfer,  contoh dari hutan ini seperti hutan hujan tropis dan hutan musim.

Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah hal yang berhubungan erat dengan hutan musim. Kita akan membahas mengenai persebaran hutan musim di dunia. Hutan musim memang dapat ditemukan pada beberapa bagian dunia, dengan karakteristik dan ciri khas yang berbeda-beda pula. Ada beberapa kawasan yang bisa dikatakan menjadi pusat persebaran dari hutan musim itu sendiri, seperti

PERSEBARAN HUTAN MUSIM

Persebaran hutan musim di berbagai daerah yang ada di bumi bisa dikatakan cukup luas, meskipun persebaran tersebut banyak yang hanya terdapat pada daerah-daerah khusus saja. Secara garis besar hutan musim sendiri dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu hutan musim tropis dan hutan musim subtropis.

Pada beberapa kawasan tertentu baik yang ada pada kawasan tropik maupun yang ada pada kawasan subtropik hutan musim biasanya banyak bersinggungan dengan hutan sabana maupun hutan stepa. Bioma hutan musim sendiri dalam penyebutannya secara ilmiah memiliki beberapa nama yang berbeda-beda seperti tropical seasonal foresttropical and subtropical deciduous foresttropical and subtropical dry broadleaf forest, atau ringkasnya tropical dry forest. Penyebutan tersebut di dasarkan pada karakteristik dari hutan itu sendiri.

Persebaran hutan musim di dunia dapat kita temukan pada beberapa lokasi seperti

1. East Deccan dry evergreen forests

Kawasan hutan musim yang satu ini berada di Negara India. Kawasan ini memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 25,500 kilometer persegi. Hutan ini terdapat pada di bagian tenggara India. Kawasan hutan ini meliputi berbagai bagian seperti Adhra Prades, Tamil Nadu, Puducherry. Kawasan yang satu ini merupakans ebuah kawasan yang sangat penting sebagai penghalang masuknya awan hujan.

Namun, satu hal yang sangat disayangkan adalah, kini kawasan dari East Deccan dry evergreen forests telah abnayk dirubah dan telah banyak digunakan untuk kepentingan lehidupan. Ada banyak sekali kawasan yang telah berubah fungsi. Maka dari itu sisa dari kawasan ini telah berubah menjadi kawasan yang sangat di lindungi oleh pemerintah india Itu sendiri.

2. Sri Lanka dry-zone dry evergreen forests

Kawasan hutan musim yang ada di dunia selanjutnya berada di kawasan Sri lanka. Kawasan hutan musim di daerah Sri Lanka memiliki luasan 48,400 kilometer persegi, atau bisa dikatakan hampir menutupi seluruh bagian dari negara yang satu ini. Kawasan hutan yang satu ini banyak sekali di dominasi oleh tumbuhan cemara. Satu hal yang cukup menarik adalah iklim dan kondisi dari kawasan hutan yang satu ini sedikit banyak dapat dikatakan mirip dengan East Deccan dry evergreen forests yang terdapat pada kawasan india.

3. Southeastern Indochina dry evergreen forests

Persebaran hutan musim di Dunia yang selanjutnya berada di kawasan indochina. Kawasan ini meliputi daerah thailand, laos, vietnam, dan juga kamboja. Bisa dikatakan bahwa kawasan Southeastern Indochina dry evergreen forests merupakan sebuah kawana hutan musim yang cukup luas persebarannya. Bahkan bisa dikatakan persebaran hutan musik terluas dan terbesar ada di daerah semenanjung Indochina. Kawasan hutan ini sendiri memiliki persebaran jenis yang sangat beragam dan cukup besar, kebanyakan kawasan hutan ini ada di bagian delta sungai mekong.

4. Madagascar dry deciduous forests

Kawasan hutan musim yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu jenis hutan musim yang sangat penting di dunia. Kawasan hutan musim yang ada di madagaskar ini merupakan salah satu hutan yang banyak sekali menyimpan jenis flora dan fauna endemik. Bahkan tak mengherankan jika kawasan ini disebut sebagai cagar biosfer dunia. Namun, salah satu hal yang cukup disayangkan adalah kawasan ini mengalami kerusakan yang cukup besar dan berat. Kini kawasan ini menjadi salah satu daerah yang sangat di lindungi pada wilayah Madagaskar.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai persebaran hutan musim di dunia yang bisa kalian ketahui. Setiap hutan musim selalu dipenuhi dengan berbagai ciri khas yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti adalah, kebanyakan dari hutan ini dipenuhi oleh jenis flora yang kebanyakan akan menggugurkan daunya pada musim kering. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!