9 Contoh Hasil Hutan Bukan Kayu dan Manfaatnya

Manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri hal ini juga berlaku dalam hal memenuhi kebutuhan hidup. Untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka manusia membutuhkan sokongan dan bantuan daro makhluk hidup yang lain. Mulai dari sesama manusia hingga hewan dan tumbuhan juga dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dari sekian banyak makhluk hidup yang ada di bumi, maka bisa dikatakan tumbuhan adalah salah satu yang sangat penting bagi kebutuhan hidup manusia. Banyak sekali kebutuhan hidup yang disokong oleh tumbuhan yang ada di di bumi. Baik berupa kebutuhan untuk makan hingga kebutuhan sekunder pendukung kehidupan yang lain. hubungan manusia dengan dunia tumbuhan memang tak bisa dipisahkan. Akan selalu ada ketergantungan yang bisa dikatakan tak akan bisa dihilangkan.

kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan tumbuhan banyak dipenuhi oleh hutan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hutan adalah sumber kayu yang cukup besar dan banyak.

Kita mengenal banyak sekali jenis-jenis hutan di dunia yang berbeda-beda. Kebanyakan memang kebutuhan manusia yang berhubungan dengan kayu dan hutan, banyak dipenuhi oleh kawasan hutan produksi.  Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat hutan bagi manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

Pada dasarnya hasil hutan yang dapat kita temukan tak hanya berkutat seputar kayu saja. Ada banyak sekali contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan. Setiap hasil hutan yang bukan kayu memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. beberapa hasil hutan non kayu tersebut yang akan kita bahas sekarang ini, seperti

1. Gaharu

GaharuContoh hasil hutan bukan kayu yang akan pertama kita bahas adalah gaharu. Beberapa orang mungkin masih belum paham betul dan mengerti apa itu gaharu sebenarnya. Gaharu adalah salah satu hasil yang di dapat dengan melukai bagian dari pohon Aquilaria malaccensis, bagian yang dilukai tadi kemudian di paksa untuk terinfeksi Fusarium sp. Dari hasil infeksi itulah kemudian akan muncul gaharu yang berbau harum.

Meskipun gaharu berbentuk seperti kayu, namun dimasukan kedalam kategori HHBK atau hasil hutan bukan kayu, karena yang dimanfaatkan adalah resin yang ada di dalamnya. Dar resin inilah kemudian digunakan untuk berbagai macam produk. Kebanyakan pemanfaatan yang dilakukan berhubungan dengan parfum, dan  beberapa wewangian yang lain.

2. Gondorukem

GondorukemGondorukem merupakan salah satu dari beberapa hasil hutan yang tak termasuk kedalam golongan kayu. Hasil hutan yang satu ini didapatkan dengan menyadap getah pohon pinus. Gondorukem didapatkan dengan proses destilasi atau penyulingan getah pinus.

Gondorukem sendiri merupakan salah satu bentuk dari potensi sumber daya alam hutan di Indonesia yang bisa dikatakan sangat luas. Biasanya gondorukem di indonesia didapatkan dengan menyadap getah pohon Pinus merkusii. Kebanyakan penyadapan terhadap getah pohon ini banyak di temukan di bagian provinsi sumatra, yang mana merupakan salah satu pravinsi dengan hutan terluas di Indonesia.

3. Kertas

kertasContoh hasil hutan bukan kayu yang berikutnya dapa kita temukan adalah kertas. Hasil hutan yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu hasil hutan yang cukup sering dan cukup banyak diketemukan.

Manusia memang tak pernah bisa lepas dari yang namanya kertas. Ada banyak sekali aspek kehidupan yang bersinggungan langsung dengan kertas. Meskipun kemajuan teknologi kian cepat, tapi posisi kertas memang akan sangat sulit untuk di gantikan. Kertas sendiri dibuat dengan menghancurkan serat pada kayu, atau biasa disebut juga dengan bubur kayu atau Pulp.

4. Minyak Atsiri

Minyak AtsiriBentuk pemanfaatan hutan yang berhubungan dengan pengelolaan hasil hutannya adalah terdapatnya minyak Atsiri. Pada beberapa jenis pohon yang ada di dalam hutan baik hutan homogen maupun hutan heterogen terdapat beberapa jenis pohon yang memiliki aroma tertentu. pada tumbuhan tersebut terdapat senyawa kimia yang disebut dengan atsiri. Untuk mendapatkan atsiri tersebut haruslah di ekstrak terlebih dahulu, biasanya dengan destilasi pada daun. Beberapa contoh tumbuhan yang cukup terkenal sebagai penghasil minyak atsiri adalah kayu putih.

5. Madu

MaduMeskipun tak berbentuk terlalu besar, namun madu merupakan salah satu contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan. Pada beberapa hutan memang menyimpan madu alami yang banyak diperjual belikan. Pemanfaatan madu alami ini sendiri pada dasarnya sudah banyak dilakukan, terutama oleh masyarakat yang ada di sekitar hutan jika dibandingkan instansi yang terkait. Penjualan madu ini biasanya dilakukan secara perseorangan maupun dalam kelompok yang cukup besar dan teroganisir. Madu hutan alami sendiri biasanya lebih banyak di buru dan dicari dibandingkan dengan madu ternak yang juga cukup terkenal.

Selain beberapa contoh yang disebutkan di atas, masih ada beberapa contoh produk hutan lain seperti:

  1. Kemenyan
  2. Rotan
  3. Tanin
  4. Kopal

Itulah tadi beberapa contoh hasil hutan bukan kayu yang bisa kita temukan. Dari beberapa contoh yang disebutkan di atas, bisa dikatakan bahwa ternyata manfaat dan bentuk pemanfaatan dari hutan itu sendiri memang sangat luas. Ketika berbicara mengenai hasil komoditi dari hutan, maka kita tak akan selalu berbicara mengenai kayu. Namun, ada produk-produk lain yang bisa dimanfaatkan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan