Proses Terjadinya Gletser Disertai Penyebab dan Dampaknya

Jika membicarakan mengenai bentuk kenampakan permukaan bumi, maka ada banyak sekali faktor yang bisa dibicarakan dan dijelaskan. Setiap kenampakan yang ada di permukaan planet bumi ini selalu memiliki penyebab yang terkadang berbeda-beda. Proses terjadinya pembentukan relief permukaan bumi inilah yang menjadikan munculnya berbagai macam kenampakan tersebut.

Proses pembentukan ini kebanyakan terjadi secara alami dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun ada juga beberapa kenampakan yang terjadi akibat adanya energi yang keluar dan dalam waktu tempo singkat. Hal ini biasanya terjadi ketika terjadinya gempa bumi maupun letusan gunung berapi. Meskipun mungkin energi yang keluar tak dapat membentuk permukaan bumi dalam area yang besar.

Secara garis besar bumi terbentuk dari dua bagian utama yaitu daratan dan lautan. Keduanya terpisah namun juga saling mempengaruhi satu sama lain. Daratan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa benua di dunia yang memiliki iklim serta kondisi yang berbeda-beda. Iklim yang terjadi di daratan sendiri akan banyak sekali yang dipengaruhi oleh lautan dan cuaca. Beberapa kenampakan yang sering ditemukan di daratan adalah munculnya gletser. Meskipun fenomena tersebut hanya terjadi pada beberapa lokasi saja.

Kali ini kita akan membahas salah satu penampakan atau kondisi yang sering terjadi di daratan. Kita akan membahas mengenai beberapa penyebab terjadinya gletser. Ada beberapa hal yang harus kita pahami dan kita ketahui mengenai penyebab terbentuknya gletser pada suatu daratan. Beberapa penyebab yang dapat memunculkan gletser adalah

PENYEBAB GLETSER

gletserSebelum kita membahas mengenai penyebab terjadinya gletser, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu gletser. Fenomena gletser atau bisa disebut juga dengan glesier, dan juga gleyser adalah bongkahan es dalam jumlah yang sangat besar dan seakan membatu. Bongkahan es benar terjadi dalam kurun waktu masa geologi tertentu. Tentu saja diimbangi dengan berbagai macam fenomena alam pendukung yang lain.

Gletser sendiri secara umum banyak di temukan pada kawasan kutub, meskipun dapat ditemukan di lokasi lain di penjuru bumi. Namun, sayangnya gletser tidak dapat ditemukan di Australia. Jika membicarakan mengenai penyebab dari terbentuknya suatu gletser maka ada Beberapa hal yang bisa kita temukan mengenai proses terjadinya gletser.

Proses awal dari terbentuknya suatu gletser adalah melalui proses sublimasi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses sublimasi adalah sebuah proses kimiawi yang menjelaskan mengenai perubahan benda padat menjadi bentuk gas. Namun, perubahan tersebut tidak melewati satu proses yang umum ditemukan yaitu mencair. Pada awal yang terjadi adalah ketika butiran salju yang turun akan mengalami proses sublimasi terlebih dahulu. Ketika butiran salju tersebut menguap maka akan terjadi pembekuan kandungan air yang ada oleh suhu yang ada di sekitar lokasi tersebut. Untuk dapat membekukan unsur air yang menguap tersebut maka dibutuhkan suhu dingin dengan derajat tertentu yang hanya bisa diteumkan di daerah tertentu saja.

gletserProses lain yang terjadi selain adanya proses sublimasi tersebut adalah proses pembekuan dari salju itu sendiri. Mesipun pada dasarnya salju merupakan serpihan uap air yang mebeku, namun ketika mencapai suhu tertentu serpihan salju tersebut akan membentuk suaut gumpalan yang banyak disebut sebagai firn. Gumpalan ini akan semakin banyak terkumpul apabila tidak banyak salju yang berubah menjadi uap dan lepas ke udara. Proses pembekuan salju ini bisa dikatakan merupakan proses utama. Hal tersebut dikarenakan proses sublimasi tidaklah terlalu banyak menyumbang dalam proses terjadinya gletser.

Dari sini dapat kita katakan bahwa pada dasarnya gletser adalah kumpulan dari Firn yang menyatu dan saling berdekatan. Kumpulan firn tersebut akan menyatu dan memadat sehingga menghasilkan sebuah gletser yang memiliki besaran tertentu. Meskipun terlihat kuat dan kokoh namun pada dasarnya gletser adalah sebuah daratan semu belaka. Hal ini dikarenkan daratan ini dapat runtuh ketika mengalami perubahan suhu yang cukup berdampak.

DAMPAK GLETSER

gletserMeskipun gletser merupakan sebuah kumpulan air yang terpadatkan, namun memiliki daya rusak yang cukup tinggi. Gletser merupakan salah satu faktor alami yang memiliki kekuatan untuk membentuk muka bumi. Ketika gletser mencari dan terbawa arus dari aliran tersebut akan membawa berbagai macam materi yang dilaluinya. Hal inilah yang sering disebutkan sebagai erosi gletser.

Biasanya hal ini banyak diketemukan pada daerah pegunungan atau lembah. Proses terjadinya gletser pada puncak gunung secara garis besar tak jauh berbeda dengan yang ada pada daerah kutub. Hanya saja yang membedakan adalah bentukan dan jumlah besaran dari gletser itu sendiri.

Itulah tadi mengenai penjelasan tentang penyebab terjadinya gletser yang bisa kita ketahui. Gletser merupakan salah satu faktor penting yang sangat diperhatikan hingga saat ini. Hal ini dikarenakan gletser merupakan cadangan air tawar yang ada bagi umat manusia. Selain itu laju pencairan gletser yang cepat dapat mempengaruhi ketinggian muka air laut. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!