Ini Perbedaan Pantai dan Pesisir yang Perlu Dipahami

Planet Bumi terdiri atas perairan dan juga ekosistem darat. Perairan dinominasi oleh samudera atau ekosistem laut. Sementara daratan adalah pulau- pulau yang seolah mengapung di perairan luas tersebut. Adapun di dalam pulau sendiri juga masih terdapat air- air yang tidak memiliki rasa atau kita sebut sebagai air tawar. Perbandingan daratan dan lautan di permukaan Bumi ini adalah 2/3 dibanding 1/3 dimana yang 2/3 adalah perairan dan sisanya daratan. dengan demikian kita tahu bahwa air lebih luas daripada tanah.

Batas- batas antara daratan dan juga lautan seringkali kita sebut sebagai pesisir. Jadi, istilah anak pesisir pada umumnya mengacu pada anak- anak yang tinggal di pinggir laut yang rumahnya dekat dengan laut. Namun apabila kita membicarakannya dalam konteks pariwisata, kita akan jarang menggunakan kata pesisir untuk menyebut perbatasan antara laut dan darat. Namun kata yang akan sering kita gunakan adalah pantai.

Ya, pantai memang populer di kalangan dunia pariwisata, terlebih di Indonesia. Namun, kira- kira adakah perbedaan antara pesisir dengan pantai ya? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kedua istilah yang saling berkaitan ini serta perbedaan- perbedaan di antara keduanya. Supaya kita bisa mengetahui secara pasti apa yang dinamakan pesisir dan apa yang dinamakan dengan pantai. Kita akan membahasnya mulai dari pengertiannya.

Pengertian Pesisir

Baik, bahasan kita kali ini akan dimulai dari pengertian pesisir terlebih dahulu. Kita sudah seringkali mendengar kata pesisir dan di benak kita pasti pesisir merupakan daerah yang ada di pinggir laut atau daratan yang secara langsung berbatasan dengan laut. Hal itu memanglah sangat benar. namun perlu untuk diketahui hal yang lebih spesifik mengenai pesisir ini. Kita tentu tidak asing dengan fenomena pasang surut yang terjadi pada air laut. Nah yang dinamakan pesisir yang sebenarnya adalah daerah pasang surut tersebut. Sehingga dapat kita ketahui bahwa pesisir adalah daerah yang apabila laut sedang pasang maka daerah ini terendam air, sementara ketika air laut surut daerah ini tidak terendam oleh air.

Pengertian Pantai

Selanjutnya adalah pengertian pantai. Tentu saja istilah pantai sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Ya, pantai merupakan daerah perbatasan antara daratan dan juga lautan secara langsung. Pantai ini adalah benar- benar batas antara laut dan darat. Oleh karena benar- benar perbatasan maka pantai ini seolah- olah membentuk sebuah garis sehingga banyak orang yang mengatakan garis pantai. garis inilah yang memisahkan antara daratan dan juga lautan.

Perbedaan Pesisir dan Pantai

Dari uraian di atas telah disampaikan mengenai pengertian dari pesisir dan juga pengertian dari pantai. sudah cukup jelas bukan mengenai definisi keduanya? Kedua istilah ini memang berbeda namun sangat berkaitan erat antara satu dengan lainnya. Bahkan keduanya ini tidak dapat dipisahkan. Namun tentu ada perbedaan yang berarti di antara keduanya. Apakah itu?

Tidak lain adalah, panjang pesisir memiliki kesamaan dengan panjang pantai, namun lebar pesisir bisa berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya, di pantai yang landai maka lebar pesisirnya akan lebih luas daripada di pantai yang curam. Hal ini karena di pantai landai air laut akan merendam lebih banyak daratan daripada di pantai curam yang terhalang oleh dinding- dinding dari karang, bebatuan dan lain sebagainya.

Nah itulah kiranya beberapa perbedaan mengenai pantai dan juga pesisir. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bagaimana cara merasakan bumi berputar? Apa dampaknya bila bumi tidak berputar?

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!