10 Gunung Tertinggi di Jawa Barat dan Lokasinya

Berbicara mengenai gunung, pasti kita semua sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya gunung? Ya, tentu saja. Salah satu bentuk permukaan Bumi yang ada di daratan adalah adanya bagian yang menonjol lebih tinggi daripada daratan di sekitarnya. Tonjolan yang berupa kerucut dan berukuran besar ini yang disebut dengan gunung. Seperti yang dijelaskan di atas bahwasannya gunung ada yang aktif mengeluarkan lava ada juga yang tidak.

Gunung yang aktif mengeluarkan lava disebut gunung aktif, sementara yang tidak mengeluarkan lava disebut dengan gunung tidak aktif atau gunung mati. Adapun terbentuknya gunung sendiri melibatkan proses yang panjang dan juga memakan waktu yang lama hingga mencapai ukuran yang besar. Gunung pada awalnya adalah gundukan kecil yang terus tumbuh dan terus tumbuh hingga menjadi raksasa.

Meskipun terbilang menyeramkan, gunung juga merupakan sumber keindahan. Hal ini karena gunung merupakan tempat tinggalnya banyak flora dan fauna dan dari gununglah kita dapat menikmati berbagai fasilitas seperti air yang bersih dan sehat dan juga lahan untuk menanam berbagai jenis tanaman. Tidak jarang banyak orang yang mendaki gunung dengan tujuan menikmati keindahan alam yang ada.

Indonesia merupakan negara kepulauan. Selain itu Indonesia juga merupakan negara yang berada di jalur lingkaran cincin api dimana banyak sekali gunung- gunung berapi yang aktif di Indonesia. Jika kita menghitung gunung aktif di Indonesia, jumlahnya sekitar 68 gunung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah tersebut belum termasuk gunung berapi yang tidak aktif. Jadi, bisa kita bayangkan sendiri dong betapa banyaknya gunung di Indonesia ini. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki cukup banyak gunung adalah Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai gunung-gunung di Jawa Barat yang juga merupakan gunung- gunung tertinggi di Jawa Barat. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak gunung. Berikut merupakan daftar gunung tertinggi di Jawa Barat:

  1. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Ketinggian gunung ini mencapai 3.078 mdpl. Gunung Ciremai merupakan gunung api yang masih aktif dan puncak gunung ini berupa bibir kawah yang landai dan juga cukup lebar.

  1. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah gunung yang tertinggi kedua setelah Gunung Ciremai. Ketinggian gunung ini mencapai 3.019 mdpl. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede- Pangrango dan terdapat di tiga kabupaten yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Di kawasan gunung ini terdapat lembah Mandalawangi yang menyajikan hamparan edelweis yang indah dan selalu memikat para pendaki. Jika kalian mengenal sosok aktivis demonstran Soe Hok Gie? Maka gunung ini menyimpan cerita tentangnya dimana abu dari Soe Hok Gie ditebarkan di lembah Mandalawangi ini.

  1. Gunung Gede

Gunung ini terletak di seberang Gunung Pangrango. Gunung ini masuk juga di kawasan Taman Nasional Gede – Pangrango. Ketinggian gunung ini mencapai 2.958 mdpl. Gunung ini memiliki empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang dan Kawah Baru. Spot eksotis yang menarik di gunung ini adalah keberadaan Alun- alun Surya Kencana yang merupakan kawasan edelweis di gunung ini.

  1. Gunung Cikuray

Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl. Gunung ini adalah salah satu gunung yang tidak aktif dimana puncaknya berupa area datar yang tidak terlalu luas dan terdapat sebuah pos bangunan.

  1. Gunung Papandayan

Gunung ini merupakan gunung yang berada di Kabupaten Garut. Gunung Papandayan merupakan gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan yang eksotis dengan spot yang paling menarik adalah Ladang hutan mati dan juga Alun-alun Tegal Alun.

  1. Gunung Kendang

Gunung ini berada di Kabupaten Bandung yang memiliki ketinggian 2.617 mdpl. Gunung ini merupakan gunung api bertipe Stratovolcano.

  1. Gunung Patuha

Gunung ini juga berada di Kabupaten Bandung dan memiliki ketinggian 2.440 mdpl. Gunung ini memiliki kawah yang sangat eksotis yang dinamakan Kawah Putih yang memiliki kandungan belerang tinggi.

  1. Gunung Guha

Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Kendang dan merupakan gunung berapi. Gunung ini memiliki ketinggian 2.387 mdpl.

  1. Gunung Malabar

Gunung ini terletak di Kabupaten Bandung dan memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Gunung ini memiliki 3 puncak yaitu  Puncak Malabar, Puncak Mega dan Puncak Puntang.

  1. Gunung Guntur

Gunung ini berada di Kabupaten Garut. Gunung ini merupakan gunung bertipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 2.249 mdpl.

Nah itulah beberapa gunung yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa, khususnya di Jawa Barat. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Gunung
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!