5 Kenampakan Alam di Singapura yang Perlu Diketahui

Negara tetangga Indonesia adalah negara- negara yang letaknya di sekitar negara Indonesia. Beberapa negara tetangga Indonesia antara lain adalah Malaysia, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini dan beberapa negara di wilayah Asia Tenggara. Oleh karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, maka Indonesia memiliki beberapa kesamaan dengan negara tetangga, diantaranya adalah kenampakan alam, keadaan sosial, jenis ras dan lain sebagainya.

Kenampakan alam merupakan keadaan geografis yang ada di wilayah suatu negara. Indonesia kaya dan memiliki keadaan alam yang sangat kaya dan beraneka ragam. Adapun beberapa kenampakan alam yang ada di wilayah Indonesia antara lain pegunungan, macam-macam laut atau pantai, danau, sungai, lembah, bukit, gunung, sawah, dan lain sebagainya. Nah, kenampakan alam yang seperti ini kemungkinan besar juga sama dengan negara- negara tetangga. Beberapa negara yang memiliki keadaan alam yang mirip- mirip dengan Indonesia adalah kenampakan alam di Malaysia, di Timor Leste maupun di Singapura. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kenampakan alam di salah satu negara tetangga Indonesia yang paling maju, yaitu Singapura. Kenampakan alam Singapura dan sebagian gambaran keadaan sosialnya juga akan kita bahas bersama- sama dalam artikel ini.

Secara umum, keadaan alam di Singapura tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia. Jika Indonesia punya bukit, maka Singapura juga punya, demikian pula dengan pantai, hutan dan juga danau. Beberapa kenampakan alam di Singapura sudah dikenal oleh banyak orang. Namun masih banyak pula informasi mengenai kenampakan alam yang ada di Singapura ini.

Nah, beberapa kenampakan alam negara ekonomi terbaik di Asia Tenggara ini antara lain sebagai berikut:

  1. Perbukitan

bukit timahSalah satu kenampakan alam yang berada di wilayah Singapura adalah berupa perbukitan. Perbukitan merupakan kumpulan dari berbagai bukit yang membentuk suatu kumpulan. Perbukitan adalah salah satu kenampakan alam yang banyak kita temukan di Singapura. Singapura adalah negara kecil dengan satu pulau induk yang memiliki banyak perbukitan. Adapun beberapa perbukitan yang berada di wilayah negara Singapura antara lain adalah Bukit Panjang, Bukit Mandai, Bukit Timah dan juga Bukit Kalang. Bukit- bukit ini megah berdiri di wilayah Singapura. Dan dari beberapa bukit tersebut, bukit yang paling tinggi adalah Bukit Timah dengan ketinggian 166 meter.

  1. Waduk

wadukKenampakan alam di wilayah Singapura lainnya adalah waduk. Meskipun waduk merupakan bendungan yang sengaja dibuat oleh manusia, namun waduk menjadi salah satu kenampakan alam. Di Singapura terdapat beberapa waduk besar yang terkenal, antara lain adalah Waduk Macritchie, Waduk Pandan, Waduk Pierce, dan Waduk Seleter. Waduk- waduk ini memiliki banyak fungsi waduk yang tentu akan membantu kehidupan masyarakat Singapura.

 

  1. Pantai

pantaiSingapura adalah negara kecil yang dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itulah banyak sekali pantai yang dapat kita temukan disana. Pulau ini dikelilingi oleh pantai dan juga laut. Beberapa batas negara ini dengan negara lain pun juga dibatasi oleh selat, yaitu Selat Malaka di sebelah barat, Selat Singapore sebelah selatan, Selat Johor di sebelah utara, dan sebelah timur adalah selat Karimata. Selat- selat tersebut merupakan lautan yang memisahkan daratan Singapura dengan daratan lainnya.


  1. Hutan

hutanWilayah Singapura adalah wilayah yang mulanya terdiri dari hutan yang luas. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Singapura tumbuh menjadi negara yang sangat ramai penduduk, bahkan menjadi negara industri yang paling maju di Asia Tenggara. Bahkan Singapura sendiri merupakan satu- satunya negara maju yang ada di wilayah Asia Tenggara. Keberadaan hutan sangat penting karena sebagai paru- paru dunia, yaitu satu- satunya yang bisa menghasilkan oksigen. Oleh karena itulah Singapura tidak menghilangkan keberadaan hutan, namun hanya mengurangi saja. hingga saat ini 5% dari wilayah Singapura ditetapkan sebagai hutan lindung. hutan lindung di Singapura sendiri memiliki peranan yang sangat penting sebagai kawasan konservasi alam.

  1. Sungai

sungaiSungai juga merupakan salah satu kenampakan alam yang banyak ditemukan di wilayah Singapura. Sungai- sungai ini melintas di wilayah Singapura. Beberapa sungai besar dan terkenal di wilayah Singapura antara lain adalah Sungai merupakan Sungai Kranji, Sungai Jurong, Sungai Seletar, dan Sungai Serangoon. Sungai- sungai ini memiliki banyak fungsi bagi penduduk Singapura, baik fungsi ke lingkungan maupun sebagai fungsi untuk pariwisata. Sungai memiliki banyak sekali manfaat sungai bagi manusia.

Nah itulah beberapa kenampakan alam yang berada di wilayah Singapura. Kenampakan- kenampakan alam tersebut jumlahnya lebih dari satu dan terkadang menjadi titik yang terkenal di wilayah tersebut sehingga menjadi tempat yang didatangi oleh banyak orang. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kenampakan alam di Singapura, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi