10 Danau Terbesar di Dunia Beserta Gambarnya

Apa yang anda tahu mengenai danau? Danau merupakan kenampakan alam perairan berupa genangan air tawar ataupun air asin yang sangat luas dan dikelilingi oleh daratan. Biasanya proses terbentuknya danau akan berbeda-beda setiap tempat, meskipun dalam satu negara yang sama. Apalagi danau yang berada di dua negara yang berbeda, bisa jadi pH dan juga kondisi danaunya ikut berbeda.

Ada beberapa faktor yang membentuk danau pertama karena adanya aktivitas gunung berapi atau danau vulkanik, ada faktor lain seperti pencairan es yang membentuk danau glasial. Selain itu ada yang terbentuk karena terbendung air sungai oleh lava saat gunung erupsi sehingga membentuk danau bendungan alami. Kemudian ada yang disebut danau tektonik yang terbuat karena turunnya muka bumi akibat pergeseran dan terakhir danau buatan yang sengaja digali oleh manusia untuk menampung air.

Berbicara soal danau, dalam artikel kali ini akan kita bahas danau dengan luasan terbesar yang ada di dunia. Danau mana saja?

  1. Danau Kaspia (Laut Kaspia)

Jika anda melihat danau Kaspia atau biasa disebut Caspian pasti awalanya berpikir bahwa tempat tersebut adalah laut karena sangat luas. Danau ini menjadi danau terbesar di dunia yang terletak diantara daratan benua Eropa dan juga benua Asia. Dengan luasan sekitar 394.299 km² dan panjang 1.119 km.

Kedalaman maksimum dari Danau Kaspia adalah 1.025 m dan dikelilingi beberapa negara seperti Azerbaijian, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Iran dan lainnya. Danau Kaspia juga sering disebut Laut Kaspia karena karakteristiknya yang menyerupai laut seperti air yang terkandung asin, terdapat pasir putih atau layaknya pantai. Di bagian utara Danau ini terdapat daratan depresi yang dinobatkan sebagai salah satu titik darat terendah yang ada di dunia.

  1. Danau Superior

Danau Superior merupakan danau yang terletak di Amerika Utara dengan luasan yang benar-benar memukau anda. Danau besar ini memiliki permukaan seluas 82,100 km² (32.000 mil²). Selain itu panjang Danau Superior adalah 616 km dan kedalaman maksimumnya mencapai 406,3 m. Terletak di bagian utara Amerika maka danau ini juga dekat dengan negara Maple alias Kanada.  Menurut penelitian danau ini berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat disekitarnya.

Selain itu terdapat garis tepian danau yaitu 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau yang ada di sisinya. Danau ini berbatasan langsung dengan Ontario di Kanada, Minnesota, Winconsin dan Michigan yang ada di Amerika Serikat. Danau ini sering menjadi lalu lintas untuk pengiriman barang-barang seperti biji besi dan menjadi great lakes waterway atau jalan air danau besar antar negara.

  1. Danau Victoria

Danau terbesar selanjutnya terletak di Benua Afrika dan terkenal sebagai danau indah dengan laut yang warna airnya biru. Danau Victoria atau biasa dikenal dengan Victoria Nyanza merupakan danau terbesar ketiga dengan luasan 68,870 km2 dan panjang sekitar 322 km. Sedangkan untuk kedalaman dari danaunya 84 meter. Danau ini melewati dikelilingi beberapa daratan dan beberapa negara seperti Tanzania, Uganda, dan juga Kenya.

Danau Victoria menjadi danau tropis terbesar yang ada di dunia dan danau air tawar kedua terbesar di dunia berdasarkan luas permukaannya. Berdasarkan geografisnya, danau biru ini terletak di dataran tinggi bagian barat Great Rift Valley Afrika. Jika melihat airnya meskipun biru namun air pada Danau Victoria tidaklah asin. Selain itu di sekitaran danau terdapat 3000 pulau baik berpenghuni, namun kebanyakan tidak berpenghuni. Salah satu kepulauan yang banyak dikunjungi adalah Kepulauan Ssese yang terletak di Uganda karena paling indah dan sudah banyak tersedia fasilitas wisata.

  1. Danau Huron

Danau Huron merupakan danau terluas atau terbesar keempat di dunia. Danau Huron juga masuk kedalam 5 danau besar yang ada di Amerika. Dengan luasan 59,600 km2 dan panjang 332 km banyak wisatawan yang tidak tahu dan salah paham bahwa danau ini merupakan laut yang berbatasan dengan daratan. Jika tidak dilihat dari penampang khusus, sulit melihat ujung dari Danau Huron. Sedangkan kedalaman dari danau ini cukup menyeramkan yaitu 229 meter.

Karena danau ini menyebrangi 2 negara besar yaitu Amerika Serikat dan juga Kanada seringkali dimanfaatkan sebagai jalur penyebrangan dan juga jalur untuk membawa produk impor dan expor seperti bijih besi. Sebenarnya Danau Huron merupakan pecahan dari danau besar Superior. Dimana Danau ini membatasi beberapa provinsi seperti Kanada, AS Michigan dan juga kota kecil seperti Ontario dan Sarnia. Keunikan lainnya adalah Danau Huron mengalirkan air ke sungai kemudian langsung ke Samudera.

  1. Danau Michigan

Danau Michigan merupakan salah satu danau besar yang terkenal di Amerika Serikat. Luasnya tidak jauh dari Danau Huron yaitu 58,000 km2 dengan panjang 494 km dan juga kedalaman maksimum cukup menyeramkan yaitu 281 meter.

Danau ini merupakan danau terbesar ke – 5 di dunia yang berbentuk U dan dikelilingi banyak daratan. Warna air pada danau biru sehingga seringkali dianggap laut. Danau Michigan dibatasi oleh beberapa negara di Amerika Serikat seperti Michigan, Indiana, Illinois, dan juga Chicago.

  1. Danau Tanganyika

Dengan nama unik Danau Tanganyika merupakan danau besar yang ada di Afrika seperti halnya danau Victoria. Dimana danau ini masuk kedalam danau air tawar terpanjang yang ada di dunia. Dengan luasan 32,893 km2 menjadikan danau ini sebagai sumber air dan kebutuhan masyarakat di sekitar. Danau yang terletak di tengah dataran tinggi Afrika mengalirkan air ke beberapa sungai seperti Sungai Ruzizi, Kalamboo dan juga Malagarai.

Menurut penelitan Danau Tanganyika menjadi danau air tawar dalam dan diukur secara volume. Mengingat cekungan danau membentang dari Burundi, Tanzania, Zambia dan juga Republik Demokratik Kongo. Hal inilah yang menjadikan cekungan Danau Tanganyika memiliki kedalaman 570 meter. Danau ini masuk kedalam gerakan tektonik dan memiliki jarak tempuh 677 km. Danau ini juga terkenal sebagai danau terdalam kedua setelah Danau Baikal dengan kedalaman 642 m di bawah permukaan laut.

  1. Danau Baikal

Setelah membahas Danau Tanganyikan maka kita akan membahas  “saudaranya” yang sama-sama memiliki kedalaman dan luas yang luar biasa. Danau ini berada di utara perbatasan Mongolia di wilayah selatan Siberia. Selain itu danau ini juga berbatasan dengan beberapa negara besar seperti Republik Rusia, Buryatia dan Irkutsk Oblast. Dengan luas 31.500 km², Danau Baikal memiliki kedalaman paling cekung di dunia yaitu 642 meter.

Danau ini sering disebut sebagai Danau Alam atau Danau Rift, karena terbentuk akibat gerakan di dalam zona keretakan tektonik. Danau Baikal memberikan air yang bersih dan juga menjadi danau air tawar es terbesar yang ada di dunia. Jika anda melihatnya air tersebut sangat jernih namun sangat biru karena dalam. Danau Baikal juga dinobatkan sebagai danau tertua di Bumi yang sudah ada sejak 25 juta tahun yang lalu.

Keunikan lainnya ada bagian yang disebut sebagai “Galapagos of Rusia”. Hal ini dikarenakan isolasi dari manusia dan umur panjang yang telah membuatkan rumah bagi banyak fauna air tawar yang beragam dan tidak bisa ditemukan di sembarang tempat di dunia. Cekungan danau ini terletak di Rusia dan menjadi sumber utama bagi arus sungai Rusia seperti Sungai Barguzin, Selenge dan Upper Angara.

  1. Great Bear Lake

Berada di 200 km selatan Lingkaran Kutub Utara di bagian Barat Laut Kanada, danau indah yang dikelilingi kabut ini bernama Great Bear Lake. Danau ini masuk kedalam danau terbesar keempat yang ada di Amerika Utara dan terbesar ke 8 yang ada di dunia. Dengan luasan  31.080 km². Great Bear Lake juga memiliki panjang 320 km dengan kedalaman danau 446 meter. Sesuai dengan areanya, danau ini terbentuk karena glasial atau cekungan es dengan kedalaman rata-rata 71,7 m.

Di sekitarnya terdapat 26 pulau yang mencakup area gabungan sebesar 759,3 km². Jika dilihat dari arusnya danau ini mengalir ke sungai yang sama bernama Great Bear River. Danau ini memberikan suhu air yang cukup rendah sedangkan ketika musim dingin suhu di danau bahkan sekitarnya tidak tertahankan. Ketika musim dingin danau ini sama sekali tidak terdapat manusia.

  1. Danau Malawi

Danau terbesar selanjutnya memiliki pemandangan yang luar biasa indah, bahkan biru layaknya laut. Namun karena ini danau kedalamannya pun belum terhitung maka belum banyak yang berani menyelami danau ini dan hanya dalam kepentingan penelitian saja. Dengan nama Danau Malawi, masyarakat sekitar juga menyebutnya sebagai Lago Niassa di Mozambik dan Danau Nyasa di Tanzania. Danau ini memiliki pemandangan dan cekungan yang menakjubkan dan terletak disekitar Tanzania, Mozambik dan Malawi.

Dengan luasan 30,044 km2 Danau Malawi menjadi danau terluas atau terbesar ke-9 yang ada di dunia. Dari ketiga negara tadi membentuk cekungan yang merupakan danau paling selatan di dalam sistem Rift Lake Afrika Timur. Danau ini terbentuk pada ketinggian 500 meter akibat adanya pemisahan lempengan tektonik yang menyebabkan cekungan. Namun dalam Danau Malawi masuk kedalam danau meromictic, dimana danau dengan permukaan dan lapisan bagian dalam tidak bercampur. Selain itu danau ini mengandung spesies ikan yang paling beragam dan tinggi di dunia.

  1. Great Slave Lake

The Great Slave Lake menjadi danau ke-10 terbesar di dunia, namun danau ini juga memiliki kedalaman yang mengerikan yakni mencapai 614 meter. Great Slave Lake memiliki luasan 28.930 km2 dan panjang 480 km. Seperti danau kebanyakan di Amerika, tipe air yang ada pada danau ini tawar dan dikelilingi oleh berbagai flora liar dan rimbun. Namun di beberapa titik air mengalir ke sungai dan juga rawa dimana anda bisa menemukan banyak hewan buas seperti buaya, ular dan sejenisnya.

Danau ini terletak di Wilayah Barat Laut Kanada. untuk aliran air, Sungai Hay menjadi sungai utama yang menerima pasokan air dari Great Slave Lake. Selain itu ketika musim dingin danau ini membeku karena terletak di Utara dengan ketinggian 156 meter. Bisa dihitung jari kapan danau ini tidak membeku.

Nah itu beberapa danau terbesar di dunia, berniat untuk mengunjunginya?