11 Peralatan Geologi Lapangan yang Wajib Dibawa

Geologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari mengenai Bumi. Geologi mempelajari mengenai Bumi, batuan dan unsur- unsur yang ada di dalam Bumi tersebut. Ada banyak sekali yang perlu untuk dipelajari mengenai planet Bumi. Apa sih sebenarnya tujuannya? Mengapa kita harus banyak mempelajari mengenai Bumi? Tujuannya tidak lain agar kita lenih mengenal mengenai Bumi karena Bumi merupakan tempat hidup manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Maka dari itulah banyak sekali aktivitas geologi yang dapat dilakukan di lapangan.

Aktivitas geologi ada banyak sekali jenisnya, terlebih yang dilakukan di lapangan. Salah satunya adalah pemetaan wilayah. Dalam menjalankan aktivitas geologi di lapangan, tentunya para geologi memerlukan berbagai peralatan yang harus dibawah. Peralatan- peralatan tersebut nantinya memiliki fungsi atau manfaatnya masing- masing. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas megenai peralatan geologi apa saja yang diperlukan untuk dibawa ketika berada di lapangan serta fungsi dari masing- masing benda tersebut.

Ada beberapa peralatan geologi yang diperlukan pada saat kita melakukan aktivitas geologi di lapangan. Peralatan- peralatan ini sangat penting adanya karena tanpa salah satu peralatan pun maka aktibvitas geologi bisa sangat terganggu dan hasilnya kurang maksimal. Lalu, apa saja sih peralatan geologi lapangan yang diperlukan? Adapun beberapa alat geologi lapangan yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

  • Palu geologi

Alat geologi pertama yang sangat perlu dibawa ketika di lapangan adalah palu geologi. Palu geologi merupakan alat yang sangat familiar bagi para geolog atau pengamat geologi. Palu ini gunanya untuk mengambil sampel batuan yang diteliti. Palu geologi ini dibagi menjadi 2 jenis, yakni palu sedimen yang memiliki ujung ramping dan palu beku yang ujungnya runcing. Bukan hanya ujungnya saja yang berbeda, namun pegangan palu ini juga berbeda. Palu beku memiliki pegangan yang lebih panjang daripada palu sedimen. Hal ini karena batuan beku lebih keras daripada batuan sedimen sehingga diperlukan pegangan yang lebih panjang. Oleh karena kedua palu tersebut berbeda dan memiliki kegunaan masing- masing maka ada baiknya kita selalu membawa semua jenis palu tersebut untuk mengantisipasi jenis batuan apa saja yang akan kita temui di lapangan.

  • Kompas geologi

Peralatan kedua yang perlu untuk dibawa adalah kompas geoloigi. Kompas merupakan petunjuk arah yang perlu digunakan agar kita mengetahui arah. Namun kompas geologi tidak hanya memiliki kegununaan sebagai penunjuk arah saja namun masih banyak manfaat yang lain. Adapun kegunaan dari kompas geologi lainnya antara lain adalah mengukur strike/ dip dari kemiringan lapisan batuan.

  • Lup

Lup adalah sebutan lain dari kaca pembesar. Lup digunakan di lapangan untuk melihat komposisi mineral batuan yang ukurannya sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat dengan mata. Di lapangan kita akan melihat berbagai jenis batuan dengan ukuran mineral yang berbeda- beda. Dengan demikian lup ini sangat banyak manfaatnya bagi kita. dan lup ini menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk dibawa.

  • Global Positioning System (GPS)

GPS merupakan alat yang sangat familiar digunakan di kalangan para pengamat. GPS sudah tidak asing lagi yakni sebuah alat digital yang digunakan untuk menunjukkan posisi. Dengan GPS kita bisa melihat posisi kita di titik koordinat dan mengeplotkannya di peta. Dengan GPS kita juga bisa mengetahui jalan yang sudah kita lewati sehingga mengurangi kemungkinan tersesat.

  • Buku lapangan

Buku lapangan tentun digunakan untuk mencatat. Buku lapangan digunakan untuk mencatat objek- objek apa saja yang telah kita jumpai. Selain itu buku catatan juga digunakan untuk mencatat hasil pengukuran yang telah kita lakukan sehingga bisa digunakan sebagai media sokumentasi. Ketika kita membawa buku catatan, jangan lupa untuk membawa alat tulisnya ya karena buku tidak akan bisa mencatat catatannya sendiri.

  • Peta

Peta Geologi merupakan alat yang sangat penting juga untuk dibawa. Hal ini akan menjadi petunjuk bagi kita mengenai daerah yang kita amati. Meskipun kita telah membawa GPS sebelumnya namun peta juga tidak kalah penting untuk dibawa. Dengan demikian kita akan memiliki kemungkinan kecil untuk tersesat.

  • Plastik sampel

Plastik sampel perlu untuk kita bawa. Hal ini bertujuan untuk mengantongi sampel batuan yang sudah berhasil kita ambil untuk kemudian diteliti lebih lanjut. Selain sampel batuan, sampel tanah maupun objek lainnya juga bisa diambil untuk diteliti lebih lanjut di lapangan.

  • Sepatu boot

Sepatu boot sangat diperlukan untuk  digunakan dalam penelitian lapangan. Hal ini untuk mengantisipasi apabila medan yang dilewati berlumpur dan becek.

  • Kamera

Kamera digunakan untuk mendokumentasikan mengenai objek- objek yang telah kita temui di lapangan. Kamera ini sangat penting untuk dibawa ya karena otak manusia tidak bisa mengingat secara detail setiap objek yang kita temui.

  • Alat tulis

Alat tulis digunakan untuk mencatat hasil pengukuran dan juga apa saja yang telah kita temui di lapangan.

  • Ransel

Ransel wajib dibawa untuk membawa barang- barang di atas. Kita tidak bisa membawa alat- alat di atas tanpa adanya ransel.

Demikianlah peralatan geologi lapangan yang perlu kita bawa ketika melakukan aktivitas geologi lapangan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.