7 Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen dalam Kehidupan Sehari-hari

Planet Bumi merupakan salah satu planet di tata surya. Ciri planet dalam tata surya berbeda antara satu dengan lainnya. Bumi merupakan salah satu planet yang memiliki banyak gejolak dari dalamnya. Ada banyak tenaga yang ada di bumi, ada tenaga endogen dan ada tenaga eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi dan bersifat membangun atau konstruktif, sementara eksogen merupakan tenaga yang membentuk muka bumi yang asalnya dari luar berupa air, angin, sinar matahari dan juga tenaga yang berasal dari makhluk hidup. Pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi ini, baik macam- macamnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia dan juga keadaan bumi kita.

Tenaga endogen merupakan jenis tenaga dari alam yang namanya tidak asing lagi di telinga kita. Hal ini karena tenaga endogen sangat berkaitan dengan berbagai peristiwa alam yang ada di bumi yang kerap kali terjadi di sekitar kita. Tenaga endogen merupakan tenaga yang asalnya dari dalam bumi atau dari bawah kerak bumi yang memiliki sifat konstruktif atau membangun. Tenaga endogen ini dibedakan menjadi berbagai macam. Macam-macam tenaga endogen akan kita ketahui melalui uraian di bawah ini.

Macam-macam Tenaga Endogen

Tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi memiliki banyak jenis atau macam. Macam- macam tenaga endogen ini dibedakan menurut peristiwa atau penyebabnya. Beberapa macam dari tenaga endogen ini antara lain sebagai berikut:

1. Tektonisme

Salah satu jenis dari tenaga endogen adalah tektonisme. Pengertian tektonisme merupakan salah satu peristiwa di Bumi ini yang kerap terjadi dan kerap kita rasakan di Indonesia, karena indonesia berada di wilayah cincin api. Tektonisme merupakan peristiwa yang menyebabkan perubahan bentuk kulit bumi. Tenaga yang membentuknya disebut tenaga tektonik. Tenaga tektonik dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu gerak epirogenetik dan juga gerak orogenetik.

  • Gerak epirogenetik merupakan gerak yang berupa pergeseran kulit bumi yang berlangsung dalam jangka waktu lama dan meliputi daerah yang luas, sehingga akan menyebabkan naik turunnya daratan. Epirogenetik ini dibedakan menjadi dua, yakni epirogenetik positif dan epirogenetik negatif.
  • Gerak orogenetik merupakan gerakan yang menyebabkan terjadinya relief muka bumi daratan seperti gunung dan juga pegunungan. Gerakan orogenetik ini juga menyebabkan tekanan pada kulit bumi secara vertikal maupun horizontal, sehingga akan menyebabkan dislokasi atau perpindahan letak lapisan kulit bumi.

2. Vulkanisme

Pengertian vulkanisme merupakan peristiwa yang berhubungan dengan gunung berapi, seperti naiknya magma dari dalam perut bumi. Penyebab adanya aktivitas magma di dalam dapur magma ini adalah tingginya suhu dan juga banyaknya jumlah gas yang terkandung di dalam dapur magma tersebut.

3. Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan peristiwa bergetarnya bumi yang diakibatkan oleh faktor- faktor tertentu dimana getarannya bisa dirasakan hingga ke permukaan bumi. Gempa bumi  juga bisa disebabkan oleh kekuatan- keuatan yang berasal dari dalam bumi. Gempa bumi jenisnya ada bermacam- macam. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa dibedakan menjadi tiga macam yakni gempa tektonik, gempa vulkanik dan juga gempa runtuhan.

Itulah beberapa jenis atau macam dari tenaga endogen. Tenaga endogen pengaruhnya bisa kita rasakan hingga ke permukaan bumi. Karena bisa kita rasakan hingga ke permukaan bumi, maka dari itu ada dampak positif dan negatif tenaga endogen. Beberapa dampak tersebut akan kita bahas dalam uraian di bawah ini.


Dampak Tenaga Endogen

Tenaga endogen memiliki dampak baik langsung maupun tidak langsung. Dampak dari tenaga endogen ini bisa berupa dampak yang positif maupun dampak negatif. Adapun beberapa dampak tenaga endogen ini bisa dirasakan di kehidupan  sehari- hari. Beberapa dampak tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Dampak positif tenaga endogen

Tenaga endogen merupakan tenaga yang dapat menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah dampak positif. Beberapa dampak positif yang dapat ditimbulkan dari adanya tenaga endogen antara lain sebagai berikut:

  • Menyebabkan letak mineral dekat dengan permukaan tanah

Salah satu dampak positif yang ditimbulkan dari adanya tenaga endogen adalah mendekatkan mineral hingga ke permukaan tanah. Mineral merupakan suatu zat yang bermanfaat yang berada di dalam bumi. mineral baik dikonsumsi oleh manusia selama berada dalam jumlah yang sesuai. Karena berada di dalam bumi, maka dari itu kita menemukan adanya air mineral yang tersimpan di dalam bumi. Mineral yang pada dasarnya terletak jauh di dalam bumi, berkat adanya tenaga endogen maka mineral ini bisa terdorong hingga dekat mencapai ke permukaan bumi.

  • Membentuk daerah wisata atau objek wisata

Tenaga endogen menyebabkan pergerakan lempeng- lempeng yang ada di dalam bumi. lempeng- lempeng yang saling beraktifitas tersebut pada ahirnya akan membentuk sebuah bentukan alam. Bentukan alam yang terbentuk ini bisa berupa tonjolan seperti gunung, pegunungan, bukit maupun perbukitan. Selain itu bisa berupa cekungan seperti lembah dan juga jurang. Nah, relief yang berada di permukaan bumi ini memiliki pemandangan yang indah sehingga bisa dijadikan sebagai objek wisata. Banyak orang yang menggemari wisata alam berkunjung ke tempat- tempat yang demikian.

  • Membentuk gunung

Tenaga endogen juga menyebabkan terbentuknya gunung. Gunung memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain sebagai tempat hidup bagi hewan dan juga tumbuhan, gunung juga bisa menyebabkan hujan yakni hujan orografis.

  • Membentuk tanah tinggi

Tanah tinggi yang merupakan bentukan dari tenaga endogen ini bisa digunakan sebagai area pertanian dan juga perkebunan.


2. Dampak negatif tenaga endogen

Tenaga endogen juga memiliki banyak dampak negatif. Beberapa dampak negatif dari tenaga endogen antara lain sebagai berikut:

  • Menimbulkan berbagai bencana alam

Tenaga endogen menyebabkan banyak bencana alam, diantaranya adalah gempa bumi, tanah longsor dan juga bencana tsunami.

  • Menyebabkan kerusakan alam

Bencana alam yang ditimbulkan oleh tenaga endogen pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan alam, seperti kebakaran, hingga tanah longsor.

  • Menyebabkan kerusakan bangunan

Tidak hanya kerusakan alam saja yang akan didapatkan, berbagai kerusakan bangunan juga akan terjadi. Kerusakan bangunan bisa disebabkan karena gempa bumi, tanah longsor dan juga tsunami.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif tenaga endogen. Dampak- dampak tersebut ada yang berupa dampak positif dan negatif, meskipun selama ini dampak yang paling sering dirasakan adalah dampak negatif. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Geologi