Sponsors Link

Industri Hulu: Pengertian, Tujuan, Contoh dan Manfaatnya bagi Perekonomian

Sponsors Link

Seiring berjalannya waktu, suatu negara mengalami kemajuan perekonomian. Negara yang mengalami kemajuan ekonomi ini mengalami perubahan jika dilihat dari bidang utama yang menopang ekonomi negara tersebut. Beberapa tahapan negara dari masa yang paling tradisional menuju ke negara maju antara lain sebagai berikut:

  1. Masa Bercocok tanam

Pada masa yang paling tradisional, masyarakat suatu negara melakukan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada masa ini, manusia masih hidup berpindah- pindah atau sering kita sebut hidup nomaden. Manusia melakukan cocok tanam dari satu tempat ke tempat yang lain demi menghasilkan tanaman yang bermanfaat. Setelah satu lahan berkurang kesuburannya, maka manusia akan berpindah ke tempat lain untuk mendapatkan lahan yang memiliki ciri tanah subur, dan begitulah seterusnya.

  1. Masa Pertanian

Setelah lebih modern, manusia berfikir untuk melakukan tani. Sama- sama bercocok tanam, namun pertanian ini lebih ke mengolah tanah dan kesuburannya. Di masa pertanian ini manusia sudah tidak berpindah- pinda karena sudah mengetahui cara mengolah tanah. Banyak negara yang mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bertani. Dan salah satu negara tersebut adalah Indonesia.

  1. Masa Industri Barang dan Jasa

Zaman yang lebih modern dan negara yang lebih maju ditandai dengan bergesernya pertanian sebagai sumber mata pencaharian dan digantikan oleh industri. Industri merupakan pengolahan, jadi tidak hanya menanam namun juga mengolah hingga menjadi barang jadi dan dipasarkan. Industri bisa berupa industri pembuatan barang dan juga industri dalam bidang jasa. Negara yang lebih maju, ditandai apabila industri yang maju justru di bidang jasa.

Itulah beberapa tahapan negara apabila dilihat dari mata pencaharian utamanya. Indonesia saat ini tengah memperbaiki diri dan bertransformasi dari negara agraris menuju ke negara Industri.

Jenis Industri Berdasarkan Proses  Produksinya

Industri ini dibeda- bedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya menurut proses produksinya. Berdasarkan proses produksinya, klasifikasi industri menjadi berikut:

  1. Industri Hulu, yaitu industri yang kegiatannya hanya mengolah bahan- bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Industri hulu ini memiliki sifat hanya menyediakan bahan baku yang dibutuhkan oleh industri lain.
  2. Industri Hilir, adalah industri yang kegiatannya mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan dapat langsung dikonsumsi atau digunakan oleh konsumen.

Itulah kedua jenis industri apabila dilihat dari proses produksinya. Apabila dikaitkan dengan jenis industri berdasarkan letak bahan baku, maka industri hulu ini sama dengan industri manufaktur yang merupakan salah satu jenis industri non ekstraktif. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai salah satu jenis industri di atas. Industri yang akan kita bahas adalah industri hulu.


Pengertian Industri Hulu

Industri hulu merupakan salah satu jenis industri yang digolongkan berdasarkan proses produksinya. Industri hulu merupakan sebutan bagi industri yang hanya menyediakan bahan baku untuk digunakan oleh industri lainnya. Adapun industri hulu ini berarti mengolah bahan untuk menjadi bahan baku yang lain. Industri hulu memiliki beberapa ciri, antara lain sebagai berikut:

  1. Sifatnya tidak padat karya
  2. Industri ini kegiatan utamanya hanya menyediakan bahan baku industri lain

Itulah ciri- ciri mengapa industri ini disebut sebagai industri hulu. Hal ini karena industri ini merupakan distributor bahan baku bagi industri yang lain.

Tujuan Industri Hulu

Keberadaan industri hulu tentunya memiliki berbagai tujuan. Tujuan utama industri hulu adalah menyediakan bahan baku bagi industri- industri yang lain. Ada berbagai barang di dunia ini yang pembuatannya memerlukan proses yang panjang. Sedangkan apabila dimulai dari bahan mentahnya akan memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit pula. Selain itu, dari suatu barang setengah jadi masih bisa diolah menjadi bermacam- macam bahan jadi, maka sangatlah penting keberadaan industri hulu untuk dalam kaitannya menyediakan bahan baku tersebut. Adapun tujuan dari industri hulu lebih rinci adalah sebagai berikut:

  • Mengolah kekayaan alam menjadi berbagai barang setengah jadi yang bermanfaat sebagai bahan baku bagi industri lain
  • Membuka lapangan pekerjaan
  • Menambah keuntungan

Nah itulah beberapa tujuan didirikannya industri hulu di suatu negara. Bila dilihat secara lebih khusus, maka yang sangat membutuhkan industri hulu ini adalah produsen industri barang jadi.

Contoh Industri Hulu

Industri hulu merupakan industri yang menopang industri lain karena menyediakan bahan baku untuk industri lain. Industri hulu ini keberadaannya sudah banyak ditemukan diberbagai negara, termasuk di Indonesia. Adapun beberapa contoh industri hulu antara lain sebagai berikut:

  1. Industri kayu lapis

Salah satu contoh industri industri hulu yang keberadaannya cukup banyak  adalah industri kayu lapis. Industri kayu lapis merupakan industri pengolahan dari kayu pohon  yang didapat dari jenis-jenis hutan kemudian dipotong- potong menjadi kayu. Hasil dari industri ini bisa digunakan oleh industri lain, seperti pembuatan mebel, alat- alat rumah tangga dan bahan- bahan lain dari kayu yang nantinya siap dipakai.

  1. Industri pemintalan kapas

Industri pemintalan kapas merupakan industri yang mengolah kapas menjadi benang, hasil industri ini kemudian menjadi bahan baku untuk membuat kain. Industr pemintalan kapas juga jumlahnya banyak mengingat kebutuhan akan kain juga banyak.

  1. Industri pengolahan logam

Industri pengolahan logam ini merupakan salah satu jenis industri hulu juga. Industri pengolahan logam akan mengolah dari bahan mentah yang berupa logam yang ada di dalam bumi, menjadi lembaran- lembaran logam sebelum nantinya akan dibuat barang- barang lain yang siap pakai.

Nah itulah beberapa contoh dari industri hulu yang umum terdapat di sekitar kita. Sebenarnya masih banyak lagi contoh industri hulu yang ada di sekitar kita, karena industri hulu ini sifatnya penting.


Manfaat Industri Hulu bagi Negara

Industri memiliki banyak manfaat bagi negara, termasuk juga industri hulu ini. Industri hului memiliki banyak manfaat bagi negara antara lain sebagai berikut:

  1. Menambah devisa negara
  2. Memajukan potensi pengusaha dalam negeri
  3. Menambah keuntungan negara
  4. Membuka lapangan pekerjaan
  5. Mengurangi jumlah pengangguran
  6. Ikut mendorong pertumbuhan ekonomi

Nah itulah beberapa manfaat industri hulu bagi negara. Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, masih ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan industri hulu untuk perekonomian negara ini. Demikianlah informasi mengenai industri hulu, semoga bermanfaat.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, November 2017 / 22:58 Oleh :
Kategori : Geografi Teknik