3 Cabang Ilmu Geografi Teknik dan Penjelasannya

Ilmu pengetahuan merupakan hal luar biasa yang sangat berharga bagi manusia. bagaimanapun ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang diburu oleh manusia di berbagai penjuru dunia dan berbagai usia melalui kegiatan pendidikan. Mengapa ilmu pengetahuan sangat diburu? Karena ilmu pengetahuan sangat penting. Manusia hidup di dunia dengan berpedoman pada ilmu pengetahuan. Untuk membuat sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu, untuk mengerti hal- hal di dunia ini, hingga untuk berinteraksi dengan manusa lain sadar atau tidak manusia memerlukan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak hanya apa yang kita dapatkan di bangku sekolah saja, namun segala sesuatu yang kita dapatkan yang mana membuat kita semakin mengerti dan hidup lebih baik, hal itu disebut dengan ilmu pengetahuan.

Berbicara mengenai ilmu pengetahuan yang kita dapatkan di bangku sekolah, maka kita akan menemukan berbagai macam cabang ilmu. Hal ini akan tersedia ketika kita memasuki perguruan tinggi. jika dibangku sekolah kita akan mendapatkan berbagai macam pelajaran yang diprogramkan dari sekolah, tanpa kita menyadari cabang ilmu tersebut. Namun ketika kita dihadapkan dengan bangku perguruan tinggi kita baru pusing bahwa ternyata cabang ilmu banyak sekali dan masing- masing mempunyai ranahnya sendiri. Salah satu cabang ilmu yang kita kenal adalah Geografi.

Geografi

Geografi merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena (baca: fenomena alam yang menakjubkan) fisik dan juga manusia di atas permukaan Bumi (baca: kerak Bumi). Geografi diajarkan di bangku sekolahan dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial. Geografi juga mempunyai beberapa cabangnya sendiri. Beberapa cabang ilmu geografi antara lain adalah geografi fisik, geografi teknik dan geografi manusia.

Namun dari ketiga cabang tersebuk dapat dipecah lagi ke dalam kelompok- kelompok yang jumlahnya sangat banyak. Salah satu cabang ilmu geografi yang dikenal adalah geografi teknik. Kita akan membahas mengenai cabang geografi teknik.

Cabang Ilmu Geografi Teknik

Geografi teknik merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang terkenal. Cabang geografi teknik ini mempelajari cara memvisualisasikan dan menganalisis data serta geografis dalam bentuk peta (baca: inset peta), diagram, foto udara dan citra hasil penginderaan jauh. Geografi teknik ini mempunyai cabang- cabang lagi yakni sebagai berikut:

  1. Kartografi

Cabang ilmu geografi teknik yang pertama adalah kartografi. Kartografi merupakan ilmu dan seni membuat peta yang menyajikan hasil- hasil ukuran dan pengumpulan data dari berbagai unsur permukaan Bumi (baca: inti Bumi) yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, kartograf dan lain sebagainya,

  1. Penginderaan jauh

Selain kartografi, cabang ilmu geografi teknik lainnya adalah penginderaan jauh. Penginderaan jauh merupakan ilmu dan seni memperoleh informasi mengenai suatu objek, daerah, atau gejala dengan menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah atau gejala yang dikaji.

  1. Sistem Informasi Geografis (SIG)

Cabang ilmu geografi teknik yang selanjutnya adalah sistem informasi geografis atau SIG. Mengenai SIG pasti sudah seringkali kita dengar, karena sekarang adalah zaman pemetaan elektronik. Sistem Informasi Geografis atau SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses serta menganalisis data geografis dan non geografis (baca: letak astronomis dan geografis Indonesia) serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu. Hasil dari sistem informasi geografis ini merupakan sesuatu yang banyak dipakai di era sekarang ini, dimana era semakin canggih menggunakan teknologi.

Itulah beberapa cabang dari ilmu geografi teknik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari- hari. Meski tidak kita rasakah secara langsung, namun kehadiran ilmu geografi teknik ini sangatlah membantu manusia untuk menjalani berbagai aktivitas sehari- hari.

fbWhatsappTwitterLinkedIn