4 Proses Terjadinya Angin Muson Timur dan Dampaknya


Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai perairan yang besar dan diapit oleh dua samudera serta dua benua. Karena letak geografis Indonesia yang strategis ini menjadikan Indonesia adalah negara yang dilewati jenis- jenis angin. Angin yang berhembus di Indonesia salah ini ada bermacam- macam, salah satunya yakni angin muson. Angin muson sendiri dibedakan menjadi dua macam yakni muson barat dan muson timur. Pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan lebih lanjut mengenai angin muson timur.

Pengertian angin muson barat 

Angin muson timur merupakan salah satu angin yang berhembus di Indonesia yang dapat kita rasakan pada periode bulan April – Oktober.  Datangnya angin muson timur ini tidak datang dengan sendirinya, namun angin muson ini kedatangannya bisa dijelaskan secara ilmiah. Angin muson timur ini berhembus di Indonesia tidak lepas dari kedudukan matahari dan juga posisi Indonesia yang sangat strategis, yakni diantara benua Australia dan Asia. Sebelumnya telah kita ketahui bahwasannya angin muson timur  merupakan angin yang berhembus dari benua Australia menuju ke benua Asia.

Angin Muson TimurSecara umum atau pada dasarnya angin muson timur ini berhembus karena kedudukan matahari yang berada di belahan bumi utara menyebabkan wilayah benua asia menjadi memiliki suhu yang panas. Hal ini menyebabkan adanya udara yang berhembus dari benua Australia menuju ke benua Asia, dan udara bergerak inilah yang disebut dengan angin muson timur. Secara kronologis, proses terjadinya angin muson timur ini dapat dipaparkan sebagai berikut:

  1. Kedudukan matahari di belahan bumi utara

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi sebagai salah satu planet di tata surya yang kita tempati ini melakukan gerakan rotasi maupun revolusi bumi yang mengelilingi matahari. Sehingga kita rasakan ada kedudukan matahari terhadap bumi yang berbeda- beda pada periode- periode tertentu. ketika bulan April hingga Oktober kita akan menemukan bahwa kedudukan matahari berada di dekat belahan Bumi bagian utara. Hal ini berarti bahwa benua Asia lebih banyak disinari oleh sinar matahari lebih banyak atau lebih panas daripada benua Australia.

  1. Tekanan maksimum di benua Australia dan tekanan minimum di Benua Asia

Karena kedudukan matahari berada di belahan bumi utara, maka daerah yang terkena sinar matahari paling banyak juga di daerah utara, yakni di benua Asia. Nah, ketika benua Asia mendapatkan penyinaran maksium, maka suhu di benua Asia ini menjadi legih tinggi dibandingkan dengan di benua Australia. Dan seperti yang kita ketahui bersama bahwa daerah yang mempunyai suhu lebih tinggi secara otomatis akan mempunyai tekanan udara yang lebih rendah. Jadi, bisa dikatakan bahwa benua Asia memiliki tekanan udara yang lebih rendah atau memiliki tekanan minimun dibandingkan dengan benua Australia yang mana suhunya lebih rendah namun tekanannya jauh lebih tinggi atau tekanan maksimum.

  1. Udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah

Setelah kita mengetahui daerah bagian utara mempunyai tekanan lebih tinggi dan daerah selatan maka kita dapat mengetahui pula dari arah mana uda bergerak. Seperti sifat udara yang bergerak dari tempat yang tekanannya tinggi ke tempat yang tekanannya rendah, maka terbentuklah angin.  Sehingga kita pun dapat mengetahui bahwa udara bergerak dari arah benua Australia menuju ke benua asia.

  1. Terjadilah angin muson timur

Setelah kita mengetahui bahwasannya ada udara yang bergerak dari arah benua Australia menuju ke benua Asia, maka kita telah menemukan angin muson timur. Udara yang bergerak dari benua Australia menuju ke benua Asia inilah yang dinamakan angin muson timur.  Sehingga angin muson timur ini bertiup pada bulan April hingga Oktober  yang disebabkan karena adanya kedudukan matahari di belahan bumi utara. Angin yang bertiup dari benua Australia  menuju ke benua Asia  ini membawa sifat- sifat kering karena melewati banyak gurun pasir sehingga akan menimbulkan musim kemarau.

Nah, itulah kronologi proses terjadinya angin muson timur ini mengapa bisa bertiup di Indonesia. Untuk pemahaman kita mengenai terjadinya angin muson timur, berikut ini merupakan visualisasi dari pergerakan angin muson timur:

Dampak Bertiupnya Angin Muson Timur

 Bertiupnya angin muson timur di Indonesia membawa pengaruh terhadap musim di Indonesia. Angin muson timur mempunyai sifat tertentu ketia berhembus dan melewati wilayah negara Indonesia. Sifat yang paling kental yang dimiliki oleh angin muson timur adalah kering. Hal ini karena angin yang berhembus dari arah benua Australia menuju ke arah Asia ini meewati banyak gurun daripada perairan, sehingga menjadikan angin ini bersifat kering. Karena sifat yang yang kering inilah maka Indonesia mengalami musim kemarau.

Dampak berhembusnya angin muson timur ini tidak terlepas dari dampak Indonesia mengalami musim kemarau. Angin muson timur membawa dampak yang bersifat positif dan juga negatif. Secara lebih lengkap dan detail, berikut merupakan dampak berhembusnya angin muson timur:

Dampak Positif

Berhembusnya angin muson timur di Indonesia memberikan dampak- dampak positif bagi negara Indonesia. Berikut merupakan dampak positif dari berhembusnya angin muson timur:

  • Bidang pariwisata Indonesia mengalami peningkatan

Musim kemarau memberikan pengaruh terhadap pembagian musim di Indonesia, yakni dampak cuaca panas di Indonesia. Namun adanya cuaca yang panas serta sinar matahari yang terik ini justru akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak sekali perairan dan juga pantai. Salah satu destinasi wisata yang paling banyak diburu ketika musim kemarau adalah pantai.

Wisatawan yang banyak mengunjungi pantai ini pun kebayakan berasal dari mancanegara. Wisatawan mancanegara khususnya dari wilayah barat memang gemar sekali mengunjungi pantai- pantai yang ada di Indonesia. Selain memang terlihat indah ketika musim kemarau, para wisatawan tersebut mempunyai suatu kebutuhan, yakni berjemur. Selain melihat pemandangan indah dan juga kebutuhan untuk berjemur, wisatawan mancanegara biasanya juga akan mencari gelombang laut yang tinggi. gelombang laut yang tinggi ini dimanfaatkan untuk bermain selancar.

  • Aktivitas di luar ruangan menjadi lancar

Biasanya ketika musim penghujan tiba, maka banyak orang yang tidak mengabiskan waktu mereka di luar ruangan karena kendala cuaca. Ya, memang hujan yang turun dirasakan lebih menjadi kendala untuk beraktivitas di luar ruangan daripada panas yang terik. Ketika musim kemarau yang disebabkan karena hembusan angin muson timur ini tiba, maka segala aktivitas yang dilakukan di luar ruangan menjadi lebih lancar dikarenakan cuaca yang cerah.

  • Transportasi menjadi lancar

Transportasi memang sangat bergantung pada keadaan cuaca, baik itu transportasi darat, laut, maupun udara (baca: cara melestarikan udara). Ketika musim penghujan seringkali terjadi kendala cuaca sehingga transportasi harus ditunda karena cuaca yang kurang mendukung, terutama transportasi laut (baca: macam-macam laut) dan udara. Namun ketika angin muson timur ini bertiup maka taransportasi menjadi lancar dan jarang ditemukan berbagai kendala cuaca yang menghalanginya, sehingga arus transportasi menjadi lebih lancar.

  • Nelayan menjadi produktif

Musim kemarau akan memberikan cuaca yang cerah bagi Indonesia. Cuaca yang cerah ini akan sangat mendukung aktivitas nelayan untuk pergi melaut. Aktivitas nelayan dalam menangkap ikan menjadi lancar tanpa kendala cuaca.

  • Meningkatkan pendapatan petani garam

Musim kemarau memang tidak terlalu menguntungkan bagi petani. Namun ada petani yang diuntungkan justru ketika musim kemarau datang, yaitu petani garam. Hal ini karena teriknya matahari akan mempercepat proses produksi atau pembentukan garam. Selain itu garam yang diproduksi ketika musim kemarau akan mempunyai kualitas lebih baik daripada ketika musim penghujan tiba.

  • Padi menjadi cepat kering

Musim kemarau juga memberikan dampak positif bagi petani yang baru saja melakukan panen padi. Padi yang baru saja di panen akan cepat kering dengan bantuan sinar matahari. Sehingga hal ini akan meminimalisir padi menjadi busuk.

Itulah beberapa dampak positif  yang akan dirasakan oleh beberapa orang dan semua orang ketika musim kemarau akibat bertiupnya angin muson timur ini.


Dampak negatif

Berhembusnya angin muson timur ini juga memberikan beberapa dampak negatif. Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari berhembusnya angin muson timur antara lain:

  • Terjadi kekeringan di beberapa tempat

Salah satu dampak negatif dari berhembusnya angin muson timur adalah terjadinya kekeringan di beberapa tempat. Hal ini karena rendahnya curah hujan, bahkan tidak ada hujan yang turun sama sekali. Ketidakhadiran hujan ini akan menjadikan sumber- sumber air menjadi kering dan terjadilah kekeringan di beberapa tempat tersebut.

  • Tubuh menjadi cepat lelah

Musim kemarau akan menjadikan tubuh menjadi cepat lelah karena pasokan ion di dalam tubuh cepat berkurang. Cepat berkurangnya ion di dalam tubuh ini diakibatkan karena tubuh menjadi cepat berkeringat, salah satunya akibat suhu yang panas.

  • Sulitnya mendapatkan air bersih

Ketika musim kemarau tiba, maka ada terjadi kesulitan untuk mencari sumber air bersih diberbagai sumber air, seperti sugai, macam-macam danau, maupun macam-macam laut.

  • Terjadi ancaman gagal panen

Berlangsungnya musim kemarau di Indonesia ini memang merugikan untuk bercocok tanam. Hal ini karena dalam bercocok tanam membutuhkan pasokan air yang cukup, sementara ketika musim kemarau jumlah air sangat kurang. Selain menambah biaya untuk pengairan, terbatasnya pasokan air ini juga akan mengancam petani gagal panel.

  • Menimbulkan berbagai macam penyakit

Beberapa penyakit yang seringkali muncul ketika musim kemarau tiba adalah penyakit yang berkaitan dengan pernafasan, seperti ISPA. Hal ini karena pengaruh polusi yang meraja lela ketika musim kemarau.

  • Banyak tanaman mati

Pada saat musim kemarau, maka akan kita dapati banyak tanaman mati karena kurangnya pasokan air. Selain itu kekeringan pada tanaman juga dipicu karena keringnya tanah sebagai media tanam (baca: jenis-jenis tanah).

  • Memicu terjadinya kebakaran hutan

Hutan yang besar di wilayah Indonesia ketika berdapana dengan cuaca yang panas maka akan mudah untuk terbakar. Salah satunya adalah ketika musim kemarau berlangsung.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari berhembusnya angin muson timur yang meliputi dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positif dan dampak negatif ini dapat kita rasakan secara silih berganti atau bahkan dalam waktu yang bersamaan.

Baca juga: proses terbentuknya guyot, proses terjadinya mata air, proses terjadinya magma, proses terjadinya siklus batuan

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 19th, May 2016 / 05:51 Oleh :
Kategori : Fenomena Alam