11 Fenomena Alam Langka yang Pernah Terjadi di Muka Bumi Ini

Sebagai manusia kita hidup berdampingan dengan alam. Berbagai fenomena alam sering terjadi disekitar kita, bahkan ada beberapa fenomena alam langka yang sangat jarang terjadi. Beberapa fenomena ini cukup aneh dan orang – orang menganggap sebagai keberuntungan melihat fenomena langka ini.

Fenomena alam yang langka ini terkadang terlihat sangat indah dan kadang juga terlihat sangat mengerikan. Kita akan melihat beberapa fenomena yang cukup langkah yang terjadi di berbagai belahan dunia.

1. Aurora Borealis

aurora borealis

Jika anda tinggal di Indonesia kemungkinan besar anda belum pernah melihat aurora. Aurora borealis sangatlah mudah dikenali, yaitu berupa cahaya indah yang menghiasi langit. Fenomena alam sangatlah langka, kemungkinan besar hanya bisa ditemui di kutub utara dan kutub selatan. Aurora borealis ini disebabkan oleh gesekan partikel yang bermuatan listrik dari matahari yang memasuki atmosfer bumi begitulah proses terjadinya aurora dan penyebab terjadinya aurora.

Warna dari partikel ini sangatlah beragam bergantung pada gas yang bergesekan dengan atmosfer bumi. Salah satu tempat yang memiliki kemungkinan besar munculnya aurora adalah Alaska.

2. Parhelion (Sundog / Bayangan Matahari)

parhelion

Fenomena alam yang satu ini cukup unik dan juga bisa dibilang salah satu fenomena alam yang sangat indah. Fenomena alam yang satu ini berhubungan dengan matahari. Matahari menjadi beberapa bayangan, biasanya dua atau tiga matahari.

Sundog merupakan sebuah fenomena atmosfer dengan ditandai dengan munculnya cincin matahari yang dikenal dengan nama 22 derajat halo. Fenomena alam yang satu ini terjadi disebabkan oleh cahaya matahari yang melewati es kristal di dalam atmosfer.

3. Lenticular Cloud

lenticular cloud

Lenticular Cloud ini merupakan fenomena yang cukup langka, namun beberapa kali kerap muncul di Indonesia. Secara teknis awan ini disebut dengan Altocumulus standing lenticularis, yang dibentuk oleh awan yang berada di ketinggian yang sangat tinggi. Tidak heran beberapa kejadian dari lenticular cloud ini terjadi di puncak – puncak gunung. Lenticular cloud ini identik dengan bentuknya yang mirip dengan UFO. Di Indonesia disebut dengan fenomena caping gunung.

4. Bioluminesensi

bioluminesensi

Fenomena alam yang sangat menarik untuk dilihat. Bioluminesensi merupakan fenomena alam dimana pinggir pantai seperti menyala terang seperti diberi lampu neon. Fenomena alam ini cukup jarang ditemui, karena penyebab terjadinya fenomena alam ini adalah reaksi kimia yang dikeluarkan oleh makhluk hidup tertentu di dalam air.

Biasanya merupakan bentuk pertahanan diri terhadap predator. Ada beberapa pantai di dunia yang bisa dikunjungi untuk menikmati bioluminesensi, yaitu:

  • Teluk Toyama, Jepang.
  • Pulau Mudhdhoo, Maldives.
  • Falmouth, Jamaika.
  • Koh rong, Kamboja.
  • Teluk Mosquito, Puerto Rico.
  • Kepulauan Matsu, Taiwan.

5. Volcanic Lightning

Volcanic Lightning

Volcanic lightning merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi biasanya ketika adanya erupsi besar gunung berapi. Beberapa tahun yang lalu gunung berapi pernah mengalami fenomena alam yang satu ini, tepatnya saat gunung merapi meletus sekitar tahun 2010 yang lalu. Beberapa ahli beranggapan bahwa fenomena ini terjadi sama seperti petir pada umumnya dimana fenomena ini terjadi untuk menetralkan perbedaan muatan yang ada akibat gesekan dari debu – debu vulkanik.

6. Bunga Es

dieng

Jika anda pernah mengunjungi tempat dengan ketinggian tertentu seperti daerah Dieng di Jawa Tengah, jika beruntung anda akan mendapatkan fenomena alam yang menakjubkan berupa bunga es ini. Sangat musim kemarau suhu di Dieng ini bisa mencapai kurang dari nol derajat, sehingga mampu membentuk lapisan es yang tipis menyerupai bentuk bunga. Bahkan terkadang juga bisa terjadi fenomena embun salju di Dieng.

7. Batu Bergerak (Sailing Stone)

batu bergerak

Batu bergerak ini adalah fenomena alam yang cukup unik, dimana batu tersebut bergerak dengan bukti adanya jejak pergerakan batu tersebut. Batu ini bergerak tanpa adanya bantuan dari manusia dan juga hewan di sekitarnya. Sampai sekarang beberapa ahli masih belum bisa menjelaskan dengan pasti bagaimana batu – batu ini bisa bergerak, karena ada batu yang memiliki berat hingga 300 Kg. Anda bisa menyaksikan fenomena ini di daerah Nevada dan California.

8. Gunung Berwarna (Zhangye, China)

Vinicunca Yauricunca

Di negara China tepatnya di daerah Zhangye ada sebuah fenomena alam yang mungkin tidak bisa ditemui di wilayah dan tempat lain, yaitu sebuah pegunungan yang memiliki warna seperti lukisan. Fenomena ini juga disebut fenomena gunung pelangi. Menurut para ahli geologi pembentukan pegunungan ini membutuhkan 24 juta tahun dari berbagai bebatuan yang berbeda yang membentuk lempengan tektonik.

9. Earthquake Lights

earthquake light

Earthquake lights merupakan sebuah fenomena alam yang sampai sekarang masih belum ditemukan penyebabnya. Fenomena ini ditandai dengan adanya sebuah cahaya yang muncul bersamaan dengan adanya aktivitas tektonik dan vulkanik. Beberapa laporan menunjukkan setelah kejadian dan beberapa lagi sebelum kejadian. Sampai sekarang masih belum diketahui cahaya tersebut disebabkan oleh apa.

10. Ball Lightning

ball lightning

Fenomena alam yang satu ini juga masih menjadi misteri dan masih diteliti oleh berbagai ilmuwan yang ada di dunia. Ball lightning adalah fenomena alam di langit yang langka dan ditandai munculnya kilat berbentuk lonjong, tidak seperti kilat pada umumnya yang hanya berbentuk menjalar.

11. Gelembung Beku

gelembung beku

Gelembung yang membeku dibawah lapisan es yang umum terjadi di daerah Abraham Lake, Canada ini merupakan sebuah fenomena langka juga yang disebabkan oleh gas metana di bawah danau.

Itulah 11 fenomena alam langka yang sangat jarang terjadi dan kebanyakan belum bisa dijelaskan secara logika. Wallahualam.

fbWhatsappTwitterLinkedIn