Fenomena Alam Gunung Pelangi : Penyebab – Proses – Lokasinya di Dunia

Pernahkan kita mencari tahu tentang apa itu pelangi dan bagaimana pelangi bisa terbentuk. Pelangi, selama ini kita ketahui selalu berada di langit, terkadang saat kita masih kecil sering bertanya-tanya, apakah ujung pelangi itu menyentuh bumi? Di daerah seperti apakah pelangi tersebut berujung?

Ternyata di bumi kita memang ada daerah yang tersentuh dengan warna-warna pelangi, namun kali ini merupakan hasil dari proses yang terjadi di daratan, berbeda dengan pelangi yang ada diatas langit yang terjadi di langit.

Fenomena tersebut disebut dengan fenomena alam gunung pelangi. Apa itu? Fenomena tersebut adalah fenomena dimana dataran pada pegunungan tersusun atas berbagai warna, tidak hanya berwarna hijau seperti padang rumput, atau coklat dan sebagainya, tapi berwarna-warni selayaknya pelangi dan seperti lukisan.

Di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki fenomena alam gunung pelangi. Salah satunya adalah di Tiongkok tepatnya di dalam taman Geologi Zhangye Danxia. Pegunungan yang ada disana sangat terkenal karena warna pengunungannya yang menyerupai pelangi dilukis diatas puncak-puncak pada pengunungannya.

Taman Nasional Zhangye Danxia terletak di provinsi Gansu di barat laut Cina dengan luas mencapai 200 mil2 atau setara dengan 321.8688 km2. Gunung tersebut pernah masuk kedalam situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009 dan merupakan tujuan bagi banyak wisatawan dari Tiongkok maupun internasional.

Gunung Pelangi di Cina ini pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh masyarakat setempat yang pada awalnya hanya sedang berjalan-jalan lalu menemukan pemandangan yang cantik bak buatan manusia. Kemudian pegunungan tersebut pada awal tahun 2000-an diberi nama Gunung Pelangi atau Rainbow Mountains dan mulai terkenal dikalangan traveler diseluruh dunia. Semenjak foto-foto cantik Gunung Pelangi beredar di dunia maya.

Apakah kita pernah bertanya-tanya, mengapa ada sebuah buatan alam bisa seperti hasil perbuatan manusia? seperti warna-warni di pegunungan berbentuk bergaris-garis, seperti ada orang yang telah mengecatnya.

Bentuk Pegunungan The Rainbow Mountains

Struktur geologi Pegunungan Pelangi adalah batuan pasir dan batu lanau kapur yang telah tersimpan di Cina terlebih dahulu bahkan sebelum pegunungan Himalaya terbentuk. Pasir dan lumpur menjadi bahan-bahan utama dalam terjadinya warna-warna di pegunungan tersebut yang sekarang kita lihat.

Bentuk bentang darat atau lanskap yang bergunung-gunung di Zhangye Danxia pada zaman dahulu merupakan laut. Usianya diperkirakan jutaan tahun silam. Menurut peneliti, 6 juta tahun yang lalu, kawasan pegunungan yang sekarang kita bisa saksikan dahulunya berupa lautan. Lambat laun air tersebut menghilang dan datarannya naik. Jadi bisa dikatakan dataran pegunungan yang paling rendah hingga ke puncaknya dahulunya adalah dasar laut.

Penyebab Terjadinya Gunung Pelangi

Lapisan bergaris-garis dan berwarna-warni di pegunungan tersebut diperkirakan terbentuk dari letusan gunung berapi bawah laut yang telah terjadi jutaan tahun silam. Letusannya tidak hanya sekali namun berkali-kali. Karena letusan tersebut maka zat-zat yang ada di dalam perut bumi ikut termuntahkan keluar bumi. Zat-zat tersebut berupa kalsium, besi dan tembaga.

Setiap letusan gunung berapi disana membawa material logam dan mineral yang berbeda-beda. Ada material tanah yang mengandung kalsium, sulfur, besi dan tembaga. Ketika material tersebut keluar, besi yang sudah tidak didalam perut bumi berkarat dan menjadi warna merah. Kemudian letusan selanjutnya keluarlah zat tembaga, lama-lama berubah menjadi warna hijau. Lalu letusan lagi, warna semakin bercampur sampai dengan warna hitam dan menjadi berwarna-warni.

Proses Terjadinya Gunung Pelangi

Pada masa itu, dataran yang awalnya berbentuk datar dan horizontal kemudian terganggu oleh lempeng India dan bertabrakan ke Lempeng Eurasia sekitar 55 juta tahun yang lalu. Jika dibayangkan proses tabrakan seperti tabrakan 2 mobil dan kap mobil tersebut membentuk gelombang-gelombang seperti lipatan. Proses itu membuat lipatan yang tidak sama rata dan menjadi seperti gunung lebih spesifiknya adalah gunung batu pasir yang terjal dan curam.

Proses itu mengangkat gunung-gunung dan menjadikan batuan sedimen yang awalnya berada tersembunyi di bawah permukaan bumi. Pelapukan dan erosi menghilangkan lapisan atasnya dari batuan silisiklastik atau batuan sedimen silisiklastik yaitu batuan yang terbentuk dari fragmen-fragmen batuan yang lain atau batuan asli, membuat formasi zat kimia dan mineralogi yang berbeda satu sama lain. ke semua zat kimia, mineralogi tersebut memiliki warna yang saling mencolok. Hal tersebutlah yang membuat warna di permukaan gunung menjadi berwarna-warni.

Sekarang kita akan menguraikan bagaimana warna-warna di gunung itu bisa semakin terlihat seperti sekarang ini. Warna pegunungan diperoleh dari pengendapan air tanah yang bergerak melalui butiran batu pasir dan mengendapkan mineral di antara butiran tersebut. endapan tersebut lambat laun semakin memadat karena sudah tidak ada lagi celah pori-pori yang bisa dilewati. Warna gunung pelangi ini kemudian muncul ke permukaan akibat proses pelapukan dan erosi oleh air, angina dan perubahan iklim yang mengikis lapisan teratas batuan-batuan pegunungan.

Warna asli dari gunung pelangi adalah batuan pasir merah tua. Tidak seperti formasi air terjun yang ada di Flatirons, Taman Red Rocks dan Gardens of the Gods yang semuanya ada di Colorado. Pewarnaan merah tersebut disebabkan oleh lapisan oksidasi besi dan sementasi atau dalam istilah kima disebut hematite (Fe2O3), diantara butiran batuan pasir. Atau lebih mudahnya seperti sepotong logam yang ditinggalkan diluar bangunan sehingga terkena hujan dan membentuk lapisan merah karat dibagian luar logam.

Sebagian besar waktu oksidasi besi memberikan pigmen warna gelap, namun ada beberapa oksidasi logam-logam lainnya yang muncul di Gunung Pelangi menyebabkan warna yang berbeda. Seperti oksidasi Limonite atau Geothite akan menghasilkan warna coklat atau kuning. Magnetie akan membentuk warna hitam, jika ada kandungan besi Sulfida maka kita akan menjumpai warna kuning yang metalik seperti warna belerang.

Sementara untuk warna hijau didapat dari klorit atau lempung besi silikat. Warna-warna itulah yang muncul selama proses diagenesis yaitu perubahan dari sedimen atau batuan sedimen yang ada kemudian menjadi batuan sedimen yang berbeda selama dan setelah terbentuknya batuan (litifikasi) pada suhu dan tekanan kurang dari yang dibutuhkan untuk pembentukan batuan metamorf.

Gunung Pelangi di Negara Lainnya Yang Ada Dunia

Selain Gunung Pelangi atau Rainbow Mountains di taman nasional Zhangye Danxia kita bisa menjumpai pegunungan pelangi di beberapa Negara, yaitu:

1. Brennisteinsalda, Islandia

Gunung Brennisteinsalda yang terletak di Landmannalaugar diberikan julukan sebagai gunung paling cantik di Islandia. Tidak seperti Gunung Pelangi di Cina, warna hitam dan biru yang terdapat pada gunung ini diakibatkan dari abu dan lava. Sedangkan formasi warna merah gunung ini sama seperti yang ada di Cina yaitu berasal dari kandungan besi. Lalu warna hijau berasal dari lapisan lumut yang meliputi kawasan batuan di pegunungan tersebut.

2. Painted Hills di Oregon, Amerika Serikat

Terdapat di daerah Wheeler County, Oregon, Amerika Serikat. Pegunungan ini dinamakan sebagai Painted Hills dikarenakan warna gunung itu terlihat seperti dicat oleh manusia. Menurut penelitian, besar kemungkinan gunung tersebut terbentuk lebih dari 35 juta tahun silam. Terbentuk dari hasil lapisan abu vulkanik ketika daerah di gunung itu masih dataran sungai

3. Seven Coloured Earths of Chamarel, Mauritius

Gunung yang mendapat julukan Terres des Sept Couleurs terletak di daerah Chamarel Distrik Rivire Noire, terletak di barat daya Muritius. Yang menjadikan kawasan gunung berwarna-warni ini unik adalah pasirnya yang ajaib. Jika pasirnya dengan berbagai warna dicampur menjadi satu, kemudian kita biarkan selama beberapa waktu maka pasir-pasir tersebut perlahan akan memisahkan diri mengikuti sesuai dengan warnanya masing-masing.

4.Gunung Pelangi, Peru

Nama gunung pelangi ini sama dengan yang ada di Cina namun jika di Peru juga sering dikenal dengan nama Vinicunca Yauricunca yang terletak di kawasan pegunungan Andes, Peru.

Itulah penjelasan mengenai fenomena alam gunung pelangi. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gunung