Rahasia Dibalik Keindahan Fenomena Sungai Pelangi Cair

Julukan Planet Biru memang pantas disandang oleh planet bumi. Bagaimana tidak, sebagian besar bagian dari Bumi merupakan daerah perairan dan sisanya berupa daratan. Seperti yang kita ketahui, air menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan oleh kehidupan setiap makhluk hidup. Bisa dibayangkan, apa yang terjadi jika air di dunia habis? Bisa jadi keberlangsungan kehidupan di planet tempat kita tinggal saat ini akan terganggu dan berujung dengan kepunahan seluruh makhluk hidup.

Mungkin beberapa dari kita sudah mengetahui bahwa bentuk-bentuk permukaan Bumi daratan dan perairan masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Pada bentuk permukaan Bumi daratan bisa akan dijumpai bentuk dataran tinggi, dataran rendah dan lain sebagainya. Jika kalian tidak asing dengan nama sungai, itu merupakan bagian dari perairan yang ada di Bumi.

Berbicara mengenai sungai, sejak zaman dahulu orang – orang sudah tahu tentang manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Sehingga banyak kegiatan yang bisa ditemukan di sungai, seperti mencuci, mandi hingga alternatif sumber air selain sumur. Tahukah kalian, jika di dunia ini terdapat sungai yang sangat indah yang terkenal dengan warna – warninya, sehingga tidak heran jika sungai ini dikenal dengan nama Sungai Pelangi Cair. Penasaran seperti apa sungai pelangi tersebut, berikut ini pembahasannya.

Sungai Pelangi Cair

Nama dari sungai Pelangi Cair ini yaitu Caño Cristales dan hanya bisa ditemukan di Serranía da la Macarena, Meta, Kolombia. Ternyata sungai ini mempunyai nama lain yaitu Sungai Lima Warna dan Sungai Maha Indah di Dunia. Keindahan Sungai Pelangi Cair dibuktikan dengan adanya warna kuning, merah, hijau, biru dan hitam yang terdapat pada sungai Caño Cristales. Namun, warna – warni sungai hanya dapat dilihat pada waktu – waktu tertentu saja.

Untuk dapat melihat keindahan warna – warni sungai Pelangi Cair, bisa dilihat pada bulan Juli sampai dengan bulan November. Di sepanjang bulan tersebut, sungai tersebut akan memancarkan perpaduan warna yang sangat menarik. Menurut warga yang tinggal di sekitar sungai, waktu yang paling tepat untuk dapat menikmati keindahan sungai yaitu setelah turun hujan lebat ataupun badai. Karena saat itu, warna – warni yang dihasilkan akan semakin tajam dan sangat cerah.

Penyebab Hingga Proses Munculnya Warna Pelangi Di Sungai Caño Cristales

Jika kalian berpikir jika warna – warni yang terdapat pada sungai Caño Cristales akibat dari warna sungai itu sendiri seperti warna sungai pada umum yaitu jernih hingga coklat yang bisa kita temukan di tempat – tempat lain, kalian salah. Setelah diteliti, ternyata warna tersebut berasal dari hasil reproduksi tanaman air yang berada di dalam sungai yang bernama Macarenia clavigera. Macarenia clavigera sendiri masih termasuk kelompok alga. Selain itu, arus air sungai juga ikut berpengaruh dalam membentuk lima warna menjadi semakin jelas.

Mengapa peran arus sungai juga berpengaruh? Sebab arus sungai dapat mengatur datangnya sinar matahari hingga dapat mencapai tanaman hingga membuat tanaman tersebut dapat melakukan fotosintesis. Saat musim hujan tiba, tumbuhan Macarenia clavigera bisa memperoleh sinar matahari yang lebih banyak, sebab volume air di sungai meningkat sehingga arus sungai menjadi sangat deras. Sedangkan pada musim kemarau, sinar matahari memang bersinar sangat terik dan itu sangat mendukung pertumbuhan tanaman Macarenia clavigera, namun arus sungai tidak terlalu deres untuk dapat mengairi tanaman. Oleh karena itu, untuk dapat melihat warna – warni sungai hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja.

Hal-Hal Menarik Tentang Sungai Pelangi Cair

Beberapa tahun terakhir di setiap tahunnya, Macarenia clavigera terus tumbuh di dalam sungai. Sehingga pada periode tertentu yaitu antara bulan basah dengan bulan kemarau di mana level air sungai berada pada volume yang tepat, Macarenia clavigera terlihat sangat indah dengan warna merahnya. Warna merah tersebut berpadu dengan sangat cantik dengan warna birunya air, hijau lumut, hitam batuan sungai dan kuning pasir.

Sungai Pelangi Cair atau sungai Caño Cristales di daerah yang terisolasi dan merupakan bagian dari Taman Nasional Serrania sehingga sulit untuk dijangkau. Untuk menuju sungai ini, tidak ada moda transportasi apapun, jadi pengunjung harus berjalan kaki atau menunggangi kuda untuk dapat menuju tempat ini. Berdasarkan peraturan pemerintah setempat, pengunjung hanya diperbolehkan datang pada pertengahan bulan Mei sampai awal bulan Desember. Hal ini sebagai upaya menjaga dan melindungi ekosistem sungai Caño Cristales dari kerusakan lingkungan.

Selain itu, jika kalian tertarik untuk mengunjungi tempat ini hal yang perlu diingat yaitu dilarang untuk menggunakan sunscreen ataupun krim anti serangga dan diperbolehkan berenang di area tertentu saja yaitu area yang tidak ditumbuhi oleh Macarenia clavigera. Tentunya hal ini bertujuan agar tidak merusak tumbuhan Macarenia clavigera dan juga mencemari perairan. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, perlu perhatikan cuaca di sekitar sungai. Jika sedang berawan, pantulan warna – warni yang dihasilkan kurang begitu jelas. Dan saat sedang terjadi kemarau yang berakibat volume air sungai berkurang, tumbuhan Macarenia clavigera akan berkurang jumlahnya dan berubah menjadi warna coklat.

Jika telah sampai sungai Caño Cristales, mungkin kalian akan sedikit kecewa sebab tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, keindahan warna – warni sungai tergantung dari sinar matahari serta arus sungai yang mengalir. Jadi peran iklim dan cuaca sangat mempengaruhi tempat ini.

Untuk mengunjungi Sungai Pelangi Cair ini, pengunjung harus menggunakan jasa pemandu yang bersertifikat. Sebab, mengunjungi tempat yang berada di kawasan Taman Nasional perlu mendapatkan izin dari pihak Taman Nasional. Ada jumlah dan batasan tertentu untuk jumlah pengunjung setiap harinya. Bisa saja pengunjung datang tanpa adanya bantuan dari jasa pemandu, namun perizinan untuk masuk kawasan sangat sulit nantinya.

Peran pemerintah setempat sangat membantu menjaga kelestarian lingkungan di sekitar sungai Pelangi Cair ini. Dan hal tersebut telah dibuktikan, setiap tahunnya pengunjung dapat melihat keindahan lima warna yang terdapat di sungai Caño Cristales setiap tahunnya. Sehingga tidak heran jika sungai Caño Cristales menjadi sungai paling indah di dunia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sungai