8 Jenis Flora di Amerika Serikat yang Langka dan Unik

Ada beragam jenis flora dan fauna yang tersebar di seluruh dunia. Dan beberapa di antaranya telah terindentifikasi serta dikelompokkan ke dalam suku atau keluarga yang sejenis. Beberapa ahli tanaman juga sudah meneliti bahwa terdapat beberapa jenis tanaman yang hanya dapat tumbuh dan bisa ditemukan di tempat tertentu saja. Hal ini juga berlaku pada flora yang tumbuh dan berkembang biak di Amerika Serikat. Negara yang dikenal sebagai negara maju ini memiliki beragam jenis flora yang tumbuh dan beberapa di antaranya hanya bisa ditemukan di Amerika Serikat saja. Lalu apa sajakah jenis flora Amerika Serikat tersebut, berikut daftarnya:

1. Pale Indian Plantain (Arnoglossum atriplicifolium)

Termasuk kategori bunga liar perennial dan masih masuk ke dalam keluarga bunga matahari. Penyebaran tanaman ini cukup tersebar luas di penjuru Amerika Serikat, mulai dari negara bagian tengah dan bagian timur, tepatnya dari bagian barat Atlantic Coast sampai dengan Kansas. Akan tetapi saat ini status Pale Indian Plantain terdaftar sebagai tumbuhan yang terancam punah terutama di negara New Jersey. Pale Indian Plantain memiliki ciri morfologi yaitu dapat tumbuh hingga kurang lebih 300 cm dan berkembang biak dengan menggunakan rimpang. Batang Pale Indian Plantain tidak bercabang dengan warna bunga putih dan sedikit berwarna hijau bahkan ungu.

2. Androsace nivalis (Douglasia nivalis)

Androsace nivalis atau lebih dikenal sebagai rock jasmine (melati batu) masuk ke dalam keluarga Primulaceae dan spesies Primula. Sesuai dengan namanya, rock jasmine banyak tumbuh dan berkembang biak di tempat berbatu sekalipun karena itu merupakan habitat mereka. Sebenarnya persebaran dari rock jasmine sendiri cukup luas, bahkan dapat ditemukan hingga ke benua Asia, kawasan Kaukasus, dan selatan hingga benua Eropa bagian tengah. Rock jasmine memiliki warna yang sangat menarik yaitu merah muda atau putih dan telah diidentifikasi bahwa tumbuhan ini terdapat 110 spesies. Menurut penelitian, Androsace nivalis sudah ada sejak 35 juta tahun lalu dan termasuk ke dalam spesies tanaman musiman.

3. Starr (Agrostis sandwicensis)

Starr ini tergolong satu family rumput – rumputan atau Poaceae (mirip dengan padi) dan masuk ke dalam kelas Liliopsida. Tumbuhan Starr ini terlihat seperti rumput pada umumnya hanya saja banyak tumbuh dan berkembang biak di daratan Hawaii saja. Tidak heran jika starr menjadi tumbuhan khas yang hanya dapat di temukan di Hawaii.

Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 30 sampai 50 cm dengan lebar untuk bagian daun mencapai 1 – 2 mm. Starr dapat hidup di tempat yang jauh dari sumber air serta memiliki tekstur tanah berpasir hingga bebatuan sekalipun.

4. Mono Lake – Prickly Poppy

Tumbuhan satu ini memiliki nama lain yaitu argemony dan diketahui setidaknya terdapat 30 jenis yang tersebar dari Amerika Utara dan India bagian barat, bahkan salah satu jenisnya hanya dapat ditemukan di Kepulauan Hawaii. Banyak yang membudidayakan prickly poppy ini namun akhir – akhir ini telah menimbulkan masalah baru jika tanaman ini dibiarkan tumbuh liar. Di Meksiko tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan obat terutama bunganya, namun bagian lain dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan oleh para herbalist untuk dijadikan bahan obat. Prickly poppy termasuk tanaman semusim dan hanya memiliki tinggi sekitar 30 – 90 cm saja. Sebagian besar warna bunganya yaitu putih atau kuning dan terdapat putik di bagian tengahnya.

5. Calochortus eurycarpus

Bunga yang satu ini mempunyai nama lili mariposa dan termasuk ke dalam keluarga bunga lili. Persebaran bunga lili mariposa yakni Amerika Serikat bagian barat (Montana, Idaho, Oregon bagian barat, Wyoming bagian barat, timur laut dari Nevada hingga tenggara Washington. Biasanya dalam satu kuntum terdapat 3 kelopak bunga. Warna bunga lili mariposa ini yaitu putih sedikit kekuningan dengan putik berwarna ungu kemerahan di setiap kelopak bunga. Dalam pertumbuhannya, lili mariposa dapat tumbuh hingga mencapai 50 cm. Lili masiposa akan banyak ditemukan bermekaran sekitar bulan Juni sampai dengan Agustus setiap tahunnya.

6. Clarkia rubicunda

Tumbuhan yang satu ini termasuk tumbuhan endemik yang hanya akan ditemukan di California saja. Dan tempat yang paling banyak ditumbuhi oleh clarkia rubicunda ini yaitu berada di Central Coast. Tumbuhan ini juga memiliki banyak julukan yaitu ruby chalice clarkia dan farewell to sping. Sekilas bunga clarkia rubicunda mirip dengan bunga poppy saat sedang mekar, memiliki bentuk kelopak seperti cup sebanyak empat buah dengan warna kelopak merah muda atau ungu. Namun tidak jarang bagian kelopak bunga clarkia rubicunda akan berwarna marah terang di bagian tengahnya. Bunga ini akan banyak mekar sekitar bulan Juni dan July, sesuai dengan julukannya yaitu farewell to spring.

7. Pinus balfouriana (Trinity Alps)

Pohon pinus ini termasuk tanaman endemik dari California, Amerika Serikat yang hanya ditemukan di dataran tinggi saja. Dapat dikatakan jika pinus balfouriana adalah pinus yang memiliki kesamaan dengan pinus great basin dan pinus bristlecone di pegunungan Rocky. Diketahui jika terdapat dua populasi pinus ini yang tersebar di selatan pergunungan Klamath dan selatan Sierra Nevada. Pinus ini memiliki tinggi rata – rata hingga 10 sampai dengan 20 meter dengan cabang yang mencapai 2 meter. Bentuk daun mirip seperti jarum yang terikat menjadi 4 atau 5 kelompok dan masing – masing panjang daun bisa mencapai 2 – 4 cm. Warna daunnya cukup unik yakni hijau mengkilap dengan sentuhan warna putih di bagian dalamnya dan dapat bertahan hingga 10 hingga 15 tahun. Pohon pinus balfauriana yang hidup di Sierra Nevada diketahui memiliki usia 2110 tahun, tidak heran jika pinus ini dapat hidup lebih dari 3000 tahun.

8. Trifolium thompsonii

Tumbuhan ini masuk ke dalam keluarga legume atau kacang – kacangan dan dikenal dengan nama Thompson’s clover. Trifolium thompsonii termasuk tanaman endemik yang hanya bisa ditemukan di Washington, Amerika Serikat saja dan populasi terbesar dari tanaman ini bisa terdapat di Entiat Slopes Natural Area Preserve di Chelan County. Selain itu, Trifolium thompsonii masuk ke dalam tanaman dengan daun berbentuk clover dan batang tebal yang bisa tumbuh hingga 60 cm. Daunnya terbagi menjadi tiga hingga delapan bagian. Tumbuhan ini akan bermekaran sekitar bulan Mei hingga July. Trifolium thompsonii dapat tumbuh di beberapa jenis habitat seperti tempat lembab dan dingin sekalipun.

Itulah tadi beberapa jenis flora di Amerika Serikat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi