Inilah Daftar Flora dan Fauna Negara Ekuador

Negara Ekuador masih belum terlalu terekspos sumber daya alamnya. Padahal flora dan fauna negara Ekuador sangatlah banyak. Berikut akan dibahas jenis-jenis flora dan fauna dari negara ini.

Flora di Negara Ekuador

Negara Ekuador memiliki sekitar 10 persen spesies dari total tanaman yang ada di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut sebagian besar jenis flora banyak ditemukan di Pegunungan Andes di bagian barat laut Ekuador. Di perkirakan ada sekitar 10.000 spesies flora yang sudah ditemukan di pegunungan tersebut. Untuk di bagian Kepulauan Galapagos, ada sekitar 600 spesies asli dan baru sekitar 250 spesies yang baru diketahui.

  1. Bomarea multiflora

Bunga bomarea multiflora ini termasuk tumbuhan liar dan tersebar di seluruh Ekuador hingga Colombia. Bunga bomarea memiliki kekerabatan dengan bunga lili karena bentuk bunganya yang sekilas mirip dengan lili namun sedikit lebih kecil dan berkelompok. Hidup dengan baik dan dapat ditemukan di hutan hujan tropis atau di pegunungan Andes dengan ketinggian antara 1.200 sampai dengan 4.200 meter di atas permukaan laut.

Ciri – ciri tumbuhan bomarea multiflora ini yakni tumbuh di atas tanah dengan bentuk batang seperti tabung dan akar yang sedikit pendek. Daun berbentuk oval bersusun secara lurus ke bawah seperti menggantung namun sangat kuat. Di bagian ujung batang terdapat sekelompok bunga mirip bel dengan warna bunga merah atau kuning. Karena keunikannya bunga ini mudah untuk dibudidayakan sebab tidak berpengaruh terhadap iklim.

  1. Heliconia

Heliconia atau di Indonesia dikenal dengan tanaman pisang – pisangan ini termasuk salah satu jenis tanaman perdu dan banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan pohon pisang dengan bentuk batang pelepah hanya saja berukuran kecil.

Persebaran heliconia cukup pesat di Amerika Selatan termasuk di Ekuador. Ada beberapa jenis heliconia yang tumbuh dan bisa ditemukan di Ekuador yakni Heliconia angelica, Heliconia apparicioi, Heliconia berryi, Heliconia brenneri, Heliconia burleana, Heliconia cordata, Heliconia curtispatha, Heliconia donstonea dan masih banyak lainnya.

  1. Claveles (Dianthus caryophyllus)

Ada beragam jenis bunga claveles atau dalam bahasa inggris memiliki nama carnation merupakan tanaman hias pekarangan yang sangat popular. Tidak heran jika bunga claveles ini menjadi bunga yang paling banyak diekspor oleh negara Ekuador. Ada beragam jenis claveles yang dikembangbiakan dan itu bisa dilihat dari warna – warnanya yang cerah serta bentuk tangkai bunga tersebut apakah satu tangkai untuk satu bunga atau banyak bunga untuk setiap tangkai. Tanaman ini termasuk tanaman semusim sebab hanya dapat bertahan sekitar 18 hingga 20 bulan dengan tinggi mencapai 2 meter dan membutuhkan penyangga untuk dapat berdiri tegak. Jenis yang paling banyak dibudidayakan yakni dark orange telstar, norla barlo, dallas, dan charmeur.

  1. Anggrek

Ada ratusan jenis anggek yang tumbuh dan dapat ditemukan di Ekuador. Salah satunya memiliki ukuran paling kecil di dunia yang ditemukan pada tahun 2009. Anggrek ini ditemukan oleh Lou Jost seorang peneliti dari Amerika, mempunyai ukuran melintang antara 2 – 2,1 mm. Tidak hanya itu saja, di Ekuador terdapat anggrek yang memiliki bentuk mirip seperti wajah monyet yang ditemukan pertama kali pada tahun 1978. Anggrek dengan nama ilmiah Dracula simia bukan berarti anggrek ini penghisap darah, namun memiliki makna naga kecil sebab terdapat dua taji panjang di bunga mirip seperti naga. Sedangkan nama simia artinya anggukan tanda mengiyakan. Untuk aromanya, anggrek monyet ini mirip dengan aroma jeruk yang sudah matang, tidak heran jika anggrek ini banyak ditanam di pekarangan rumah masyarakat Ekuador.

Fauna Di Negara Ekuador

Setidaknya ada sekitar 8 persen fauna yang ada di seluruh dunia berada di Ekuador dan 18 persen diantaranya termasuk ke dalam spesies burung. Tercatat ada sekitar 3.800 spesies vertebrata, 1.550 mamalia, 350 reptil, 375 amfibi, 800 spesies ikan air tawar, dan 450 spesies ikan air asin yang sudah teridentivikasi. Ada sekitar 15 persen burung endemik yang sebagain besar hidup di Pegunungan Andes, Coast dan kawasan Hutan Amazon. Bahkan terdapat ribuan jenis serangga termasuk kupu – kupu juga terdapat di Ekuador.

  1. Hummingbirds / Burung Kalibri

Negara Ekuador menjadi tempat tinggal bagi 152 spesies burung kalibri atau hummingbirds dan diketahui jika burung ini termasuk spesies burung terkecil di dunia. beberapa spesies yang bisa ditemukan di Ekuador memiliki ciri khas tersendiri seperti jenis Hermit yang mempunyai gerakan cepat, pemalu namun memiliki bentuk paruh yang panjang dan melengkung, serta ekor yang indah dan akan mengipas jika sedang berhenti di tengah penerbangan.

Ada lagi spesies Violetears dengan ciri bulu berwarna ungu tua di beberapa bagian tubuhnya dan yang paling cantik yaitu burung kalibri Sparkling Violetear dengan warna bulu kombinasi antara warna hijau, dada berwarna biru cerah terdapat garis hijau biru gelap serta ungu di bagian pipi.

  1. Kondor

Burung kondor menjadi ikon burung bagi negara Ekuador. Burung kondor termasuk jenis burung pemakan bangkai yang hanya bisa ditemukan di benua Amerika dan jenis yang paling terkenal yaitu Condor Andes. Burung Condor Andes memiliki ciri khas berupa sayap yang sangat lebar dengan bulu berwarna hitam. Untuk burung kondor jantan terdapat bulu di sekeliling leher mirip seperti mengenakan kerah berwarna putih.

Selain itu terdapat bulu berwarna putih di bagian sayapnya serta kepala yang botak untuk menjadi ciri Condor Andes. Burung Condor Andes mempuyai berat mencapai kurang lebih 15 kg atau sekitar 33 pounds dan lebar sayap jika dibantangkan bisa mencapai 3 meter tidak heran jika burung ini dapat terbang sangat tinggi di langit.

  1. Katak

Hampir di setiap hutan hujan tropis yang ada dunia menjadi tempat tinggal yang sesuai bagi katak, termasuk yang berada di Ekuador. Katak ini diberi nama katak arus deras sebab katak ini ditemukan tinggal di sungai berarus deras. Katak ini cukup unik dan berbeda dari jenis katak di hutan hujan lainnya. Warna katak cendrung gelap namun memiliki titik – titik kecil berwarna emas mirip bintang di permukaan kulitnya. Warna kulit yang dimilikinya berfungsi sebagai alat kamuflase saat berada di daun – daun yang basah. Hal yang paling menarik yaitu kaki depan mempunyai semacam cakar dibagian ujung ibu jari dan ini tidak dimiliki oleh katak jenis lainnya. Peneliti percaya jika cakar tersebut berfungsi untuk melawan musuh atau bertarung sesama katak jantan.

Itulah tadi beberapa daftar flora dan fauna negara Ekuador. Jika ada informasi tambahan bisa ditulis pada kolom komentar di bawah. Semoga dapat bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi