Flora dan Fauna Jawa Barat yang Langka dan Hampir Punah

Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang berada di sebelah barat garis Wallace. Berdasarkan jenis hewan dan tanaman yang ada, flora dan fauna jawa barat tergolong jenis fauna asiatik. Flora dan fauna yang masuk kedalam golongan jenis ini biasanya akan memiliki ciri khusus yang dipengaruhi oleh satwa-satwa yang berasal dari benua asia. Jika kita melihat persebaran fauna di Indonesia, maka Jawa Barat merupakan salah satu lokasi yang bisa dikatakan memiliki jenis flora dan fauna yang bisa dikatakan cukup banyak. Berbagai jenis flora dan fauna dapat kita temukan di Provinsi yang satu ini.

Flora dan fauna yang ada di Jawa barat memang tak sepenuhnya merupakan satwa endemik. Namun, ada beberapa tanaman dan hewan  yang dijadikan sebagai salah satu ciri khas suatu daerah. Hal tersebut karena memang satwa atau tanaman tersebut banyak di temukan di Kota tersebut. Meskipun begitu bukan berarti jawa barat tidak memiliki beberapa hewan khusus atau istilahnya endemik. Ada beberapa flora dan fauna Jawa barat yang bisa dikatakan endemik dan hanya dapat ditemukan di Jawa Barat. Meskipun beberapa jenis satwa tersebut ada yang terancam punah.

Banyak sekali usaha yang digunakan untuk dapat menghambat dan melestarikan beberapa jenis fauna yang ada di Jawa barat. Pelestarian ekosistem flora dan fauna merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting untuk dilakukan. Usaha pelestarian ekosistem dimana hewan tersebut tinggal akan sangat membantu ketika usaha penangkaran hewan berhasil. Ada beberapa flora dan fauna di jawa barat yang bisa kita ketahui, seperti:

FLORA

  1. Gandaria

Gandaria atau yang disebut juga sebagai Bouea macrophylla Griffith, merupakan salah satu flora dan fauna jawa barat yang sangat penting. Hal tersebut berhubungan fungsi dan tumbuhan yang satu ini bagi masyarakat Jawa Barat sendiri. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki bnayak sekali fungsi. Biasanya masyarakat Jawa Barat menjadikan daun muda dari tumbuhan ini sebagai lalap. Selain itu buah dan batang dari pohon ini juga memiliki fungsi yang cukup banyak.

  1. Raffllesia Patma

Raffllesia Patma

 

Raflesia Patma merupakan salah satu golongan bunga rafflesia yang masih juga berkerabat dekat dengan Rafflesia Arnoldi yang terdapat di Riau dan beberapa daerah di Sumatra. Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan parasit. Untuk dapat menemukan bunga yang satu ini kita bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor.

 

  1. Kepuh

Kepuh

 

Kepuh atau kelumpang ini sendiri memiliki nama ilmiah Sterculia foetida, tanaman yang satu ini masih memiliki ikatan kekerabatan yang cukup dekat dengan pohon randu. Pohon kepuh sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang hidup di dataran rendah. Biasanya pohon yang satu ini banyak ditemukan pada area pemakan.

 

FAUNA

  1. Macan Tutul

macan tutulMacan tutul atau yang memiliki nama ilmiah Panthera pardus ini merupakan salah satu jenis satwa yang bisa dikatakan sangat khas di Jawa Barat. Binatang yang satu ini merupakan salah satu jenis satwa yang bisa dikatakan sangat dihormati dan ditakuti oleh masyarakat jawa barat. Hal tersebut sangat berkaitan dengan kepercayaan dan adat yang ada di Jawa Barat. Selain itu hewan yang satu ini merupakan salah satu hewan yang dinyatakan dalam kondisi genting. Hewan yang masuk kedalam kategori ini sendiri, berarti dalam kondisi yang terancam punah. Atau jumlahnya di alam sangat sedikit dan membahayakan. Karena itu maka hewan yang satu ini telah di lindungi oleh pemerintah.


  1. Owa Jawa

Owa JawaOwa Jawa atau yang juga disebut sebagai Hylobates moloch ini merupakan golongna primata yang sangat khas Jawa barat. Biasanya kita akan dapat menemukan satwa yang satu ini di beberapa hutan yang ada di Jawa barat. Owa Jawa sendiri merupakan salah satu primata yang sangat langka di Dunia, karena itu banyak sekali orang yang memburu hewan ini.

Melihat kondisi dan kelangkaannya Owa Jawa sendiri telah di lindungi oleh pemerintah sejak Tahun 1931. Sejak jaman kolonialisme Owa Jawa sudah dinyatakan sebagai hewan dilindungi. Penangkaran merupakan salah satu cara melestarikam flora dan fauna yang hampir punah ini.

  1. Badak Jawa

Badak JawaBadak Jawa atau disebut juga sebagai Rhinoceros sondaicus merupakan salah satu hewan yang cukup langka dan sangat susah untuk ditemukan di alam bebas. Hewan yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu hewan yang langka dan terancam punah.

Untuk dapat melihatnya di alam bebas maka kita perlu untuk berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Hal ini dikarenakan hanya ditempat itulah kita dapat menemukan dan melihat persebaran dari Badak Jawa ini. Pelestarian keanekaragaman hayati secara inisitu dan eksitu memang sangat diterapkan terhadap Badak Jawa ini.

  1. Surili

Surili atau yang disebut juga sebagai Presbytis mitrata merupakan salah satu satwa yang khas dan bisa dikatakan endemik. Salah satu habitat satwa yang satu ini di Jawa Barat terdapat di sekitar gunung Ceremai. Selain di kawasan Jawa Barat kita juga bisa menemukan hewan yang satu ini di kawasan Banten. Surili sendiri merupakan salah satu primata yang hidup di Hutan Tropis dan menyenangi pucuk daun muda sebagai sumber makanan.

Itu tadi beberapa flora dan fauna Jawa Barat yang bisa kalian ketahui. Beberapa dari jenis flora dan fauna tersebut merupakan endemik dan hanya ditemukan di Jawa Barat. Namun, beberapa jenis yang lain lebih mudah ditemukan di beberapa daerah Indonesia. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi