Pengertian Fauna Neartik – Daerah Persebaran – Contoh Fauna

Berbicara mengenai sumber daya alam tidak akan terlepas dari kekayaan yang terdapat di Planet Bumi. Kekayaan alam tersebut tidak hanya dalam bentuk hasil tambang saja, namun bisa juga berasal dari keanekaragaman hayati baik berupa hewan maupun tumbuhan. Setiap belahan bumi pasti memiliki keanekaragaman hayati yang berbeda – beda, hal ini disebabkan oleh letak geografis dan juga letak astronomis daerah tersebut. Sehingga mempengaruhi ciri serta bentuk morfologi dari setiap hewan dan tumbuhan yang ada.

Sebagai contoh tumbuhan yang hidup di daerah tundra atau dapat hidup di tempat dengan suhu sangat rendah atau dingin tidak akan mampu bertahan hidup jika ditanam di tempat yang memiliki suhu tinggi seperti yang ada terdapat di gurun. Struktur morfologi dari tanaman yang hidup di daerah gurun sudah tentu mempunyai bentuk yang berbeda dengan tanaman yang hidup di daerah bersuhu sangat dingin seperti di kawasan kutub, begitu pun yang terjadi dengan hewan. Hewan – hewan pun juga mengalami penyesuaian dengan kondisi alam tempat tinggal mereka. Hal ini bertujuan agar mereka dapat terus bertahan hidup demi kelangsungan populasinya.

Sama seperti tumbuhan, hewan atau fauna mempunyai ciri dan bentuk morfologi yang berbeda – beda di setiap tempat di dunia. Jumlah dari fauna yang ada tentu sangatlah banyak dan untuk mempermudah dalam pengelompokkannya perlu dilakukan pengelompokan berdasarkan persebarannya. Persebaran fauna yang ada di Planet Bumi ini pertama kali dilakukan oleh Sclater di tahun 1858 untuk kemudian disempurnakan lagi oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1876. Wallace mengelompokan persebaran fauna yang ada di dunia menjadi 6 wilayah di dalam garis Wallace dan salah satunya yaitu wilayah neartik. Mungkin beberapa dari kita masih terdengar asing dengan istilah tersebut. Tidak perlu khawatir, pada penjelasan kali ini akan dijelaskan apa itu fauna neartik hingga contoh dari hewan atau fauna neartik itu sendiri. Mari disimak!

Pengertian dan Daerah Persebaran Fauna Neartik

Untuk Benua Amerika, penggolongan fauna terbagi menjadi 2 berdasarkan pola persebarannya dan salah satunya yaitu fauna neartik. Neartik sendiri merupakan wilayah fauna yang berada di belahan bumi bagian utara atau tepatnya berada di kawasan Benua Amerika bagian utara termasuk seluruh kawasan Greenland. Wilayah neartik termasuk wilayah yang memiliki berbagai macam bioma mendominasi di kawasannya, bioma tersebut antara lain:

  1. Amerika Utara di bagian utara, sebagian besar wilayah didominasi oleh bioma taiga dengan hutan konifer yang sangat luas.
  2. Amerika Utara di bagian tengah, sebagian besar wilayah termasuk ke dalam bioma padang rumput.
  3. Amerika Utara di bagian timur, wilayah ini banyak ditumbuhi dengan vegetasi atau tanaman hutan gugur.
  4. Lingkungan fisik Greenland yang sebagian besar daratannya ditutupi oleh salju dengan ketebalan yang bervariasi dan juga sulit untuk ditentukan.

Beberapa Contoh Fauna Neartik

  1. Prairie dog (tupai dari Amerika Utara)

Sekilas hewan ini mirip dengan tupai namun lebih dekat dengan keluarga kelinci dan setidaknya terbagai menjadi lima spesies. Mereka hidup pada sebuah kelompok kecil dan ditemukan hidup di dalam lubang – lubang tanah.

Prairie dog termasuk hewan mamalia pemakan tumbuh – tumbuhan, tidak heran jika mereka banyak ditemukan keluar dari lubang persembunyiannya untuk mencari makan di siang hari seperti rumput, akar dan juga biji – bijian. Prairie dog sangat mudah ditemukan di sekitar Amerika Serikat, Kanada hingga Meksiko.

  1. Kalkun

Hewan yang masuk ke dalam kelompok aves ini dapat digolongan sebagai jenis burung besar. Tidak sulit untuk membedakan antara kalkun jantan dan kalkun betina. Untuk kalkun jantan mempunyai ukuran tubuh yang besar serta warna bulu yang berwarna – warni sedangkan kalkun betina memiliki ukuran tubuh kecil dengan warna bulu tidak seindah kalkun jantan.

Yang unik dari kalkun yaitu kemampuan reproduksinya dilakukan secara aseksual, meskipun tidak ada kalkun jantan, kalkun betina masih dapat menghasilkan telur fertil. Saat ini sudah kalkun sudah banyak dibudidayakan untuk dikonsumsi, terutama bagi masyarakat Amerika Serikat. Biasanya menyantap kalkun dilakukan di hari – hari tertentu saja seperti perayaan hari Thanksgiving dan Natal.

  1. Rakun

Rakun termasuk mamalia yang memiliki ukuran tubuh sedang yang banyak ditemukan di Amerika Utara. Tubuhnya ditumbuhi oleh rambut berwarna abu – abu yang cukup tebal yang berfungsi sebagai mantel alami di cuaca dingin. Ciri khas yang dimiliki rakun yaitu adanya corak hitam di sekitar matanya, seolah – olah sedang menggunakan topeng.

Selain itu, rakun termasuk hewan pemakan segala atau omnivora tidak heran jika mereka gemar sekali memakan invertebrata atau serangga, beberapa jenis tumbuhan dan juga hewan lainnya. Tidak hanya itu saja, rakun termasuk hewan yang cukup pintar dan sebuah studi mengatakan jika rakun dapat mengingat solusi permasalahan sampai dengan 3 tahun lamanya.

  1. Salamander

Salamander masuk ke dalam keluarga reptil dan juga spesies hewan amfibi yang artinya dapat hidup di dua lingkungan tempat. Bentuk tubuh dari salamander mirip dengan kadal, bertubuh ramping dengan ekor panjang.

Kulit tubuh mereka cukup lembab sehingga tidak heran jika salamander lebih banyak ditemukan di tempat lembab dan juga dekat dengan air. Salamender punggung merah merupakan salamender hutan kecil yang tinggal di lereng hutan Amerika Utara bagian timur. Salamender termasuk reptil yang mudah untuk dikenali karena mempunyai warna tubuh yang terang dan juga kontras dengan lingkungan di sekitarnya.

  1. Domba Gunung

Berbeda dengan jenis domba pada umumnya, domba gunung termasuk hewan yang sangat ahli dalam mendaki tebing curam di Pegunungan Rocky, Amerika Serikat.

Mempunyai bentuk kaki dengan kuku terbelah serta dua jari kaki yang dapat melebar membantunya agar dapat menjaga keseimbangan saat mendaki lereng gunung. Selain itu, domba gunung memiliki warna bulu putih mirip salju yang tebal membantu mereka agar tidak mudah kedinginan dan juga menjadi kamuflasi terbaik untuk menghindari predator.

  1. Mockingbird

Jenis burung mockingbird yang hanya ada di Amerika Utara yaitu Northern mockingbird. Kemampuan burung ini tidak perlu diragukan lagi, yaitu dapat meniru berbagai macam suara. Northern mockingbird terkenal memiliki kecerdasan yang tinggi yaitu dapat mengenali setiap individu manusia, terutama manusia yang menjadi ancaman bagi mereka.

Dalam mencari makanan burung ini akan melebarkan sayapnya dan hingga kini kebiasannya tersebut masih menjadi tanda tanya, ada kemungkinan hal tersebut mereka lakukan untuk menakut – nakuti serangga agar memudahkan mockingbird dalam memakannya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai fauna neartik. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!