10 Bintang Terdekat dengan Bumi Selain Matahari Beserta Penjelasannya

Siapa yang tak mengenal bintang? Keindahannya yang menghiasi langit malam tentu bukanlah hal yang baru bagi kita, para penduduk bumi. Bintang yang memancarkan cahaya sendiri merupakan sebuah bola gas dengan hidrogen dan helium sebagai molekul utamanya membuat ia mampu bersinar terang dan memancarkan cahayanya sendiri.

Sebenarnya bintang tak hanya ada pada malam hari, tapi karena keadaan langit yang cukup cahaya saat siang hari, bintang-bintang yang jaraknya puluhan hingga ratusan tahun cahaya dari Bumi pun jadi tak terlihat oleh mata telanjang.

Jika ada pertanyaan apa bintang terdekat dengan bumi selain matahari ? Tentu sebagian besar kita akan menyebut matahari lah bintang terdekat dengan bumi. Oleh sebab itu cahayanya mampu menyinari sebagian belahan Bumi secara bergantian saat siang hari.

Matahari adalah bintang dalam sistem tata surya kita, galaksi Bima Sakti (Milky Way). Jika kita mengingat kembali urutan-urutan tata surya kita dari yang terdekat dengan matahari hingga yang paling jauh, Bumi menjadi planet ketiga yang terdekat dengan bintang raksasa itu. Tapi, tahukah kamu bahwa ada bintang “tetangga-tetangga” kita yang jaraknya juga cukup dekat dengan bumi?

Kita perlu ingat bahwa alam semesta ini tidak hanya terdiri dari satu galaksi, satu bintang, dengan 8 planet di tata surya saja seperti yang kita kenal. Terdapat puluhan jenis jenis galaksi di alam semesta ini, baik yang sudah diteliti dan dijelajahi oleh para astronout maupun yang belum dikenal. Kurang lebih ada 11 galaksi terbesar di alam semesta ini. Beberapa yang lainnya menjadi bintang-bintang dengan jarak yang lumayan dekat dengan planet yang kita pijak saat ini.

Nah, berikut daftar bintang terdekat dengan Bumi selain matahari:

  1. Proxima Centauri

Proxima Centauri merupakan salah satu dari kesatuan 3 sistem bintang yang disebut Alpha Centauri. Meskipun dekat dengan bumi, Proxima Centauri memang tak terlihat jelas di langit saat malam hari. Ini dikarenakan masanya yang sangat kecil yakni hanya 0,12 kali masa matahari. Namun, ukurannya yang 1,5 kali ukuran Jupiter membuatnya sedikit terlihat sebagai titik cahaya di langit bagian selatan.

Jarak Proxima Centauri ke Bumisekitar 4,2 tahun cahaya. Ini merupakan jarak bintang paling dekat ke Bumi setelah matahari. Bintang yang ditemukan pada 1915 oleh Robert Innes, Direktur Observatorium Union di Afrika Selatan ini terletak pada rasi bintang Centaurus.

  1. Alpha Centauri

Seperti yang disebutkan di atas,Proxima Centauri merupaan salah satu dari sistem 3 bintang dalam Alpha Centauri. Selain Proxima centauri, Alpha Centauri terdiri dari Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B. Alpha Centauri juga disebut sebagai Rigil Kentaurus, Rigil Kent, atau Tollman. Tak jauh berbeda dengan kerabatnya. Kedua bintang ini berjarak sekiatar 4,2 hingga 4,4 tahun cahaya dengan bumi.

  1. Bernard’s

Bintang yang ditemukan pada tahun 1916 oleh EE Bernard ini terletak pada rasi bintang Ophiucus. Sedikit agak jauh dibanding dengan Centauri bersaudara. Bintang Bernard’s berjarak sekitar 5,9 tahun cahaya dari planet kita ini.

  1. Wolf 359

Urutan bintang selanjutnya yang terdekat dengan Bumi yakni Wolf 359. Jika kamu pernah menonton film Star Trek Next Generation, Wolf 359 digambarkan sebagai lokasi pertempuran yang sering disebut-sebut sepanjang film tersebut.

Bintang ini seperti ketiga bintang lainnya yang telah disebutkan bahwa mereka termasuk bintang katai merah. Di mana menurut diagram Hertzsprung-Russell, bintang katai merah ini merupakan bintang kecil yang ukurannya kurang lebih 10% masa matahari dan relatif dingin. Bedanya dengan bintang sebelumnya, Wolf 359  terletak pada konstelasi Leo yang berjarak sekitar 7,8 tahun cahaya dari Bumi.

  1. Sirius

Sebagai pecinta tata surya, kamu tentu tak asing lagi dengan nama Sirius. Ya, dia adalah bintang yang paling terang bersinar saat malam tiba. Berbeda dengan bintang sebelumnya yang merupakan katai merah, Sirius merupakan katai putih (white dwarf) pertama dengan jarak sekitar 8,6 tahun cahaya dari planet ini. Katai putih disebut-sebut sebagai siklus bintang terakhir dalam evolusi suatu bintang. Meskipun sangat kecil, ia bersuhu sangat panas. Namun lama-kelamaan  panas dan cahaya yang dipancarkan akan redup.

  1. Luyten Star

Bintang yang ditemukan oleh Willem Jacob Luyten ini merupakan katai merah yang terletak di rasi Canis Minor. Ia berjarak kurang lebih 8,73 tahun cahaya dari bumi dan terlalu redup untuk bisa dilihat dengan mata telanjang.

  1. Ross 154 dan Ross 248

Ross 154 seperti bintang suar, di mana kecerahan nya dapat meningkat hingga 10 kali lipat dari keadaan normal. Jaraknya sekitar 9,693 tahun cahaya dari planet yang kita pijak. Sedangkan Ross 248 merupakan bintang terdekat kesembilan dalam sistem tata surya kita. Jauh sebelum tahun masehi bintang ini bahkan mengambil alih posisi Proxima Centauri sebagai bintang terdekat dengan Bumi. Namun saat ini jaraknya dengan planet kita sekitar 10,32 tahun cahaya.

  1. Epsilon Eridani

Ini merupakan bintang terdekat dengan bumi yang terdeteksi memiliki sebuah ciri planet dalam tata surya yang diberi nama Eridani B. Epsilon Eridani dapat dilihat tanpa bantuan teleskop, bintang ini berada pada rasi Eridanus. Bintang muda yang memiliki aktivitas magnetik lebih tinggi dari matahari ini berjarak sekitar 10.5 tahun cahaya.

  1. Procyon

Procyon merupakan bintang yang paling cemerlang dalam rasi Canis Minor. Saat malam cerah, bintang ini sangat mudah diamati dengan mata telanjang. Karena kecemerlangan cahayanya, bersama Sirius dari rasi Canis Mayor dan Betelgeuse dari rasi Orion dijuluki sebagai Winter Triangle. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, Winter Triangle bisa diamati pada bulan September-Desember menjelang fajar dan antara Januari-April selepas senja.

  1. 61 Cygni

Bintang yang berjarak 11,40 tahun cahaya ini adalah bintang ganda pada rasi Cygnus yang merupakan katai tipe K (K type dwarf), di mana keduanya saling orbit. 61 Cygni adalah salah satu bintang yang menarik banyak astronom untuk menelitinya.

Nah, tentu masih banyak bintang terdekat dengan bumi selain matahari lain di alam semesta ini meskipun jaraknya dengan bumi tak se dekat kesepuluh bintang di atas. Tentu, kemajuan penelitian, proses alam, dan faktor lainnya sewaktu-waktu dapat mengubah jarak antar benda langit termasuk antara bintang-bintang dan planet kita ini.

fbWhatsappTwitterLinkedIn