5 Upaya Pelestarian Emas dan Penjelasannya (Paling Lengkap)

Emas merupakan logam mulia yang banyak digunakan oleh manusia. Emas adalah logam mulia yang berharga sangat tinggi, bahkan menjadi standar kekayaan dunia. Emas memiliki nilai yang stabil dan bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu. Tidak heran apabila masyarakat lebih memilih menabung dalam bentuk emas, baik emas batangan maupun perhiasan daripada menabung dalam bentuk uang tunai. Dengan menabung dalam bentuk emas maka keuntungan yang diperoleh masyarakat akan lebih banyak.

Emas dibutuhkan oleh banyak orang sehingga tambang emas tentu saja akan ramai ditambang terus- terusan karena memang emas banyak dibutuhkan. Emas tidak hanya akan diolah menjadi perhiasan namun juga diolah menjadi emas batangan yang digunakan sebagai investasi. Penggunaan emas  secara terus- menerus akan menyebabkan cadangan emas semakin menipis. Padahal kita tahu bahwa sumber daya alam di bumi ini banyak dibutuhkan oleh manusia sehingga generasi penerus atau anak cucu kita pun pasti akan membutuhkan emas. Dengan demikian kita harus bisa melestarikan keberadaan emas supaya bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak. Ada berbagai macam upaya yang bisa dilakukan manusia untuk dapat melestarikan keberadaan emas di planet Bumi. Beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Menggunakan emas secara tepat dan tidak berlebihan

Upaya yang pertama yang dapat kita lakukan untuk melestarikan keberadaan emas sebagai logam mulia adalah dengan menggunakan emas secara terbatas dan dengan kadar yang tepat. Penggunaan emas yang berlebihan tidak hanya akan membuat cadangan emas semakin menipis dan hal ini juga akan berdampak pada keseimbangan alam dan juga perekonomian dunia. Penambangan emas yang berlebihan akan merusak keseimbangan ekosistem darat. Hal ini karena kita mengambil emas dari dalam bumi, sehingga bumi akan dikeruk dan dibuat cekungan- cekungan. Jika cekungan yang dibuat sudah terlalu dalam dan besar maka hal ini jelas akan menyebabkan bumi menjadi kritis. Selain itu keselamatan para pekerja juga akan terancam olehnya. Maka dari itulah penambangan emas tidak boleh berlebihan.

  1. Mengurangi produksi perhiasan emas

Upaya selanjutnya untuk melestarikan keberadaan emas adalah dengan cara mengurangi produksi perhiasan yang terbuat dari emas. Mengapa hanya perhiasan saja? hal ini karena ketika emas diolah sebagai perhiasan maka kegunaannya sebagai barang konsumsi dan bukan investasi lagi. Masyarakat akan cenderung membeli dan membeli barang konsumsi ini untuk melengkapi koleksi yang dipunyainya. Selain itu jika diolah menjadi perhiasan emas dapat dipecah- pecah menjadi kadar dan bobot yang lebih kecil, sehingga harganya pun terjangkau oleh masyarakat. Ketika  harganya terjangkau maka daya beli masyarakat akan semakin tinggi. jika yang membali perhiasan ini banyak, bisa kita bayangkan berapa banyak emas yang akan ditambang. Hal ini tentu saja bisa mengurangi jumlah emas yang ada di dalam bumi. Maka dari itulah dengan mengurangi produksi perhiasan maka diharapkan emas akan bisa lestari.

  1. Menjadikan logam lain sebagai bahan pembuat perhiasan pengganti emas

Bahan alternatif memang selalu menjadi pilihan tepat dalam melestarikan suatu jenis logam, tak terkecuali emas. Jika emas poluler sebagai bahan pembuat peirhiasan, maka kita perlu untuk membuat perhiasan dari logam lainnya selain emas sebagai bahan alternatif. Logam- logam yang bisa kita gunakan antara lain perak, tembaga atau kuningan. Logam- logam tersebut juga indah jika diolah menjadi perhiasan, dan tidak kalah menarik dengan emas.

  1. Menambang emas sesuai dengan etika lingkungan

Salah satu upaya pelestarian emas di planet bumi adalah dengan menambang emas sesuai dengan prinsip etika lingkungan yang berlaku. Hal ini tidak hanya berdampak pada persediaan emas di bumi saja namun juga pada keseimbangan alam dan juga keamanan alam. Penambangan emas yang tidak memperhatikan prinsip etika lingkungan akan dapat merusak alam sehingga nantinya akan menjadikan bencana alam yang tidak diduga- duga oleh masyarakat. s pelestarian emas di bumi adalah de perhiasan, dan tidak kalah menarik dengan emas. dengan as. ya pun terjangkau oleh

  1. Menaikkan harga emas

Cara lainnya untuk melestarikan cadangan emas yang ada di bumi adalah dengan menaikkan harga emas. Sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran apabila harga suatu barang naik maka hal  ini akan mberdampak pada penurunan jumlah barang yang akan dibeli. Demikian halnya dengan emas. Apabila harga emas naik maka masyarakat yang membeli emas akan berkurang, sehingga cadangan emas di bumi akan lebih awet.

Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh manusia sebagai upaya untuk melestarikan keberadaan emas di Bumi pertiwi. Dengan upaya- upaya tersebut maka cadangan emas di bumi diharapkan akan lebih banyak sehingga bisa dinikmati oleh para generasi penerus atau anak cucu kita. Dengan membatasi penggunaan emas kita juga bisa menyelamatkan perekonomian dunia. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini berguna bagi pembaca.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi