5 Upaya Melestarikan Tembaga dan Penjelasannya (Paling Lengkap)

Berbagai jenis sumber daya alam sebagai suatu kekayaan alam Indonesia yang mendunia dan juga bumi pertiwi harus kita lestarikan bersama- sama. Kita sebagai manusia yang memanfaatkan tidak boleh semaunya sendiri dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di dunia. Sumber daya alam yang ada di dunia ini harus kita jaga dan juga kita rawat supaya kelak dapat kita wariskan kepada anak cucu dan generasi selanjutnya. Hal ini juga berlaku untuk tembaga. Barang tambang tembaga juga harus kita lestarikan karena manusia juga banyak membutuhkan tembaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia untuk dapat melestarikan keberdaan temabaga di Bumi. Beberapa upaya tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Membatasi penggunaan tembaga

Upaya yang pertama yang dapat kita lakukan untuk melestarikan tembaga yang pertama adalah membatasi penggunaan tembaga. Hal ini tentu bisa diterapkan pada jenis tambang apa saja. salah satu hal yang menyebabkan barang tambang tidak lestari adalah dengan mengeksploitasinya secara berlebihan dan digunakan secara berlebihan juga. Manusia harus bisa menggunakan barang tambang dengan hati- hati, hemat dan sesuai dengan peruntukannya saja. Kita tidak boleh menggunakan tembaga secara berlebihan mengingat tembaga merupakan barang tambang yang keberadaanya juga bisa habis dan pemulihannya bisa memerlukan waktu yang sangat lama.

  1. Menaikkan harga tembaga

Upaya pelestarian tembaga selanjutnya adalah dengan menaikkan harga tembaga. Tembaga yang merupakan  barang tambang bisa diperjual belikan. Sesuai dengan hukum permintaan bahwa ketika harga suatu barang murah maka yang dibeli akan banyak, namun ketika harga naik maka jumlah yang dibeli pun juga menurun. Nah, hal ini berarti apabila kita menjual tembaga dengan harga yang lebih mahal pastilah pembelian tembaga akan menurun, otomatis jumlah tembaga yang dipakai juga menurun. Hal ini akan mengurangi pengambilan tembaga mentah yang masih di dalam bumi sehingga tambaga tetap bisa lestari.

  1. Mengganti tembaga dengan bahan alternatif

Upaya selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah dengan mengganti tembaga dengan bahan- bahan lain yang memiliki fungsi yang sama dengan tembaga. Hal ini tentu akan bisa menghemat penggunaan tembaga dan menambah persediaan cadangan tembaga mentah yang ada di bawah kerak bumi. Namun kita juga harus bisa memilih bahan alternatif yang akan kita ambil sebagai pengganti tembaga. Disamping bahan tersebut memiliki fungsi yang sama dengan tembaga, bahan tersebut diusahakan ramah lingkungan. Jumlahnya lebih banyak dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan tembaga. Hal ini menjadi pertimbangan ketika kita akan memilih suatu bahan alternatif sumber daya alam nabati dan hewani.

  1. Mengurangi jumlah produksi kabel

Tembaga merupakan logam yang peruntukannya cukup banyak di kalangan masyarakat, salah satunya adalah sebagai bahan pembuat kabel. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya kabel merupakan alat yang mengubungkan liistrik pada suatu tempat ke tempat lainnya. Hampir semua peralatan elektronik dan yang membutuhkan listrik pasti membutuhkan kabel. Padahal jumlah barang- barang yang membutuhkan listrik bayak sekali, jadi bisa kita bayangkan seberapa banyaknya kabel yang dibuat. Hal ini pastilah menggunakan banyak sekali kabel. Apabila kita dapat mengurangi jumlah produksi kabel dan menggantikannya dengan peralatan tanpa kabel tentu saja kita akan dapat menghemat tembaga. mengubung liistrik pada suatu tempat ke tempat lainnya. buat kabel. sepert

  1. Mengurangi ekspor tembaga

Mengurangi ekspor tembaga menjadi salah satu upaya pelestarian tembaga. Apabila Indonesia sebagai penghasil tembaga yang besar, bukan berarti tembaga bisa kita perjual belikan dengan bebas. Salah satu upaya agar orang- orang di dunia mengurangi penggunaan tembaga adalah dengan mengurangi ekspor tembaga. Hal ini akan membuat tambang tembaga menjadi lebih lestari.

Nah itulah beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan tembaga di bumi ini. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi