Categories
Geografi Dasar

10 Struktur Geografi dan Penjelasannya

Ilmu geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam, manusia serta beberapa kajian di bidang sosial. Ilmu geografi juga bisa disebut sebagai ilmu teknik karena salah satu cabangnya merupakan ilmu teknik. Cabang ilmu geografi sangatlah banyak, dan kesemuanya tentu bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari- hari baik yang kita sadari maupun tidak. Sebagai suatu ilmu yang terstruktur, geografi tentu mempunyai struktur ilmunya sendiri, sebagai mana dengan ilmu yang lainnya. Lalu, apa sajakah struktur dari ilmu geografi? Jawabannya adalah sebagai berikut:

  1. Fakta geografi

Struktur dari ilmu geografi yang pertama adalah fakta geografi. Sesuai dengan namanya, fakta geografi merupakan kejadian yang nyata dan tentu telah terjadi dan dialami oleh manusia. contoh dari fakta geografi antara lain adalah gempa bumi (baca: macam- macam gempa Bumi) di Yogyakarta, tsunami di Aceh dan juga tabrakan kereta rel listrik di Depok. Semua itu merupakan kejadian yang telah lampau terjadi.

  1. Distribusi ruang

Setelah ada fakta geografi, struktur dari ilmu geografi selanjutnya adalah distribusi ruang. Distribusi ruang merupakan sebutan bagi tempat dimana suatu kejadian terjadi. Sehingga distribusi ruang ini seperti halnya tempat kejadian perkara atau setting dari suatu peristiwa. Pada contoh peristiwa tsunami (baca: penyebab terjadinya tsunami) di aceh, distribusi ruangnya adalah di Aceh dan sekitarnya, khususnya adalah tepi pantai dan aderah- daerah yang terkena jangkauan dari tsunami.

  1. Skala peta

Peta merupakan benda penting dalam ilmu geografi yang notabene mempelajari mengenai Bumi dan seisinya. Skala peta (baca: inset peta) dapat ditemukan dalam setiap lembar peta suatu tempat. Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan skala peta? Skala peta merupakan bagian peta yang menunjukkan perbandingan antara jarak yang sebenarnya dengan jarak yang tertulis pada peta.

  1. Asosiasi areal

Struktur geografi yang keempat adalah asosiasi areal. Seperti namanya, yakni asosiasi, artinya struktur ini menunjukka hubungan. Asosiasi areal merupakan struktur yang menunjukkan hubungan antar tempat yang memungkinkan terbentuknya wilayah formal.

  1. Wilayah formal

Selanjutnya adalah wilayah formal seperti yang telah disebutkan di atas. Wilayah formal merupakan wilayah yang mempunyai kesamaan atau ditandai dengan adanya kesamaan ciri- ciri maupun fenomena. Sebagai contoh wilayah formal adalah wilayah karst di Sulawesi selatan.

  1. Interaksi keruangan

Struktur geografi yang selanjutnya adalah interaksi keruangan. Interaksi keruagan merupakan struktur geografi yang menunjukkan adanya hubungan antara suatu fakta dengan fakta lainnya yang ada dalam suatu ruangan atau suatu wilayah. Dan melalui sebuah hubungan timbal balik, biasanya akan lahir sebuah fakta baru. Sebagai contoh adalah gempa bumi yang berinteraksi dengan gelombang tsunami, akan menimbulkan kesrusakan yang lebih besar.

  1. Wilayah fungsional

Struktur geografi yang terakhir adalah wilayah fungsional. Wilayah fungsional merupakan wilayah- wilayah yang ditandai dengan fungsinya masing- masing. Sebagai contoh adalah wilayah perkotaan dan juga wilayah daerah aliran sungai.

Itulah macam- macam struktur geografi. Strutur- struktur tersebut akan membuat manusia menjadi mudah berinteraksi dengan alam dalam kehidupan sehari- hari.

Struktur Geografi menurut Bidang Kajian

Menurut bidang kajian atau bidang yang dipelajari dalam ilmu geografi, ada tiga macam struktur, yakni geografi fisik, geografi teknik dan geografi manusia. masing- masing struktur ini merupakan cabang dari ilmu geografi. Kita akan mengetahui penjelasan dari masing- masing struktur geografi menurut bidang kajiannya dibawah ini.

  1. Geografi Fisik

Pertama yang akan kita bahas adalah geografi fisik. Geografi fisik merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentang lahan atau landscape, yakni bagian ruang dari permukaan Bumi yang dibentuk oleh interaksi dan interdependensi bentuk lahan. Geograi dititik beratkan pada lapisan hidup atau life layer dari lingkungan fisik, yakni zona tipis dari daratan dan juga dari lautan yang mana di dalamnya terdapat sebagian besar kehidupan. Cabang ilmu geografi fisik ini diperinci lagi menjadi beberapa aspek atau cabang ilmu yang lebih spesifik, yakni sebagai berikut:

  • Meteorologi dan klimatologi, yakni merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala cuaca yang ada di atmosfer (baca: lapisan atmosfer) dan juga iklim (baca: iklim di Indonesia).
  • Hidrologi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerakan dan juga distribusi air yang ada di Bumi (baca: jenis air di Bumi).
  • Hidrografi, merupakan cabang ilmu geografi yang berhubungan dengan penelitian dan pemetaan air yang ada di permukaan bumi.
  • Oceanografi, merupakan cabang ilmu pengetahuan dan juga studi mengenai kelautan beserta semua aspek yang terdapat di dalamnya, seperti batuan yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dengan atmosfer, pergerakan air laut serta tenaga yang menyebabkan adanya gerakan tersebut baik dari dalam maupun dari luar.
  • Geologi, merupakan cabang ilmu yang menjelaskan tentang bagaimana Bumi terbentuk dan bagaimana perubahan Bumi dari waktu ke waktu.
  • Geomorfologi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan lahan dan juga sejarahnya.
  • Ilmu tanah, merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai hal ihwal yang dari suatu tanah, jenis tanah dan juga sifat- sifat yang dimiliki oleh tanah tersebut.
  • Geografi tanah, merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanah, yang meliputi sifat tanah, genesis, penyebaran, dan juga penerapannya dalam kehidupan manusia. sekilas geofrafi tanah mirp dengan ilmu tanah, namun keduanya berbeda dimana geografi tanah ini lebih detail daripada ilmu tanah yang khusus mempelajari mengenai tanah itu sendiri.
  • Biologi, yakni cabang ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup, baik manusia, binatang maupun tumbuh- tumbuhan.
  • Biogeografi, merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyebaran organisme dalam ruang dan waktu beserta dengan faktor- faktor yang mempengaruhinya, membatasi dan menentukan pola penyebaran jarak.

Itulah beberapa cabang ilmu yang menjadi rincian dari ilmu geografi fisik. Kesemua cabang tersebut bermanfaat bagi kehidupan sehari- hari.

  1. Geografi Teknik

Selanjutnya adalah geografi teknik. Geografi teknik merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari cara- cara memvisualisasikan dan juga menganalisis data data dan informasi geografis dalam bentuk peta, foto udara, diagram, serta citra hasil pengindraan jauh. Beberapa cabang ilmu geografi teknik, yakni sebagai berikut:

  • Kartografi, merupakan cabang ilmu dari geografi teknik yang menjelaskan teknik atau cara membuat peta yang menjayikan hasil- hasil ukuran dan juga pengumpulan data dari berbagai unsur permukaan bumi yang telah dilaukan oleh surveyor, geograf, kartograf dan lain sebagainya.
  • Penginderaan jauh, merupakan ilmu dan juga seni memperoleh informasi mengenai objek, daerah maupun gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah maupun gejala yang dikaji.
  • Sistem Informasi Geografis (SIG), merupakan sistem informasi berbasik komputer yang dapat menyimpan, mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis dan juga non geografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.

Nah, itulah beberapa macam cabang ilmu yang merupakan cabang dari ilmu geografi teknik. Cabang ilmu geografi teknik ini akan selalu dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi yang dipakai oleh manusia demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Geografi Manusia

Cabang ilmu geografi yang ketiga adalah geografi manusia. geografi manusia merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang manusia, dalam ruang, meliputi jumlah penduduk, aktivitas ekonomi, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, politik, dan juga sosial budaya. Seperti halnya geografi fisik dan juga geografi teknik, geografi manusia juga dipecah menjadi beberapa cabang ilmu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Geografi ekonomi, merupakan ilmu yang membahas tentang bagiaman manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasilkan barang dagangan, pola lokasi dan persebaran industri, beserta seluk beluk tentang komunikasi.
  • Ekonomi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang usaha- usaha manusia dalam rangka mencapai kemakmuran, gejala- gejalanya dan juga hubungan timbal balik dari usaha tersebut.
  • Geografi politik, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai unit- unit politik, wilayahnya, perbatasan, beserta dengan ibukotanya dengan unsur- unsus kekuatan nasional dan juga politik internasioal.
  • Politik, merupakan cabang ilmu yang membahas tentang kegiatan usaha pada suatu negara yang berhubungan dengan proses untuk mennetukan tujuan – tujuan yang telah dipilih oleh suatu negara dalam rangka mencapai tujuan yang akan dicapai oleh negara itu sendiri.
  • Demografi, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang persoalan dan juga keadaan perubahan- perubahan penduduk.
  • Geografi penduduk, merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang variasi- variasi kualitas ruang dalam demografi dan juga non demografi dari penduduk da konsekuensi- konsekuensi sosial dan juga ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi- kondisi yang terdapat di dalamnya yang diberikan dari suatu unit maupun suatu daerah.

Itulah beberapa cabang ilmu geografi manusia. cabang- cabang ilmu tersebut digunakan dalam kehidupan sehari- hari oleh manusia. Nah, demikianlah struktur ilmu geografi apabila dilihat dari bidang yang dikajianya.