Sponsors Link

10 Manfaat Pantai

Sponsors Link

Pernahkah anda melihat pantai ? tentunya pantai sudah tidak asing lagi di pendengaran anda yang sering kita jumpai hampir di seluruh penjuru dunia.  Pantai merupakan daratan yang berada pada bagian perbatasan antara lautan dengan pulau. Pantai identik dengan banyak hal, seperti pasir, bebatuan karang dan juga koral, tempat wisata, pohon kelapa, hingga tempat tinggal para nelayan yang menggantungkan hidupnya dari laut. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang, yang disebabkan karena banyaknya pulau – pulau di Indonesia, baik pulau besar maupun kecil. Dari ribuan pulau di Indonesia, terdapat pula ribuan pantai, baik itu pantai yang belum terjamah, maupun pantai yang sudah menjadi salah satu lokasi wisata yang populer.

Sponsors Link

Tentu saja dengan adanya keberadaan pantai memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat pantai? Berikut ini adalah beberapa manfaat pantai :

1. Sebagai Tempat Rekreasi

Manfaat pantai yang pertama adalah sebagai tempat rekreasi. Pantai merupakan salah satu lokasi yang indah dan juga menakjubkan, pantai sudah pasti menjadi salah satu tujuan utama dari para wisatawan baik lokal maupun mancanegera untuk berekreasi. Contoh salah satu pantai yang sering di kunjungi untuk berekreasi adalah Pantai Kuta, dan Raja Ampat. Kedua pantai tersebut merupakan wisata alam yang memberikan keindahanan yang sangat menakjubkan, dengan adanya ombak, pasir, pepohonan, kuliner dan cindera mata, serta tak heran jika banyak orang yang selalu ingin ke pantai untuk melepaskan penat dan menghibur diri dengan suasana pantai yang meneduhkan dengan adanya sunset di senja hari yang biasanya sangat dinantikan oleh para penggemar wisata pantai ini.

2. Lokasi berfoto

Manfaat pantai yang ke dua adalah sering di manfaatkan orang untuk lokasi berfoto. Pantai yang memiliki dataran yang luas dan dikelilingi ombak dan pemandangan yang indah, banyak orang yang datang ke pantai ini yang tidak hanya sekedar menikmati wisata alam yang indah ini, biasanya banyak yang memanfaatkan untuk berfoto-foto bersama teman-teman, keluarga dan orang-orang terdekat lainnya serta foto yang tidak hanya untuk keperluan pribadi sendiri seperti foto pre-wedding dan  kepentingan lainnya.

Karena menurut banyak orang pantai merupakan tempat yang indah, serta menggunakan biaya yang memadai tidak perlu mengeluarkan uang sampai dengan ratusan ribu, sehingga banyak orang yang berkunjung untuk berwisata ke pantai bahkan pengunjung dari mancanegara pun datang jauh-jauh hanya ingin menikmati suasana pantai yang bisa memberikan ketenangan seperti menjemur di panasnya terik matahari, dan berfoto-foto di pemandangan pantai yang indah sambil menunggu sunset di senja hari dan adanya cindera mata yang unik-unik yang bisa anda jelajahi semuanya di pantai.

3. Sumber ketenangan batin

Manfaat pantai yang ke tiga adalah sebagai sumber ketenangan batin. Bagi anda yang sedang mengalami masalah, dan juga sedang mencari solusi dari masalah anda, salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mencari ketenangan batin, sehingga anda akan memperoleh pikiran yang jernih, dan bisa menyelesaikan masalah yang anda hadapai.

Untuk dapat memperoleh ketenangan, salah satu media yang bisa diandalkan adalah dengan cara pergi ke pantai. Suara deburan ombak dan juga wangi dari pantai dapat membantu membuat tubuh anda menjadi rileks, dan pada akhirnya dapat memicu munculnya ketenangan batin yang dapat menyebabkan anda merasakan ketenangan melepas penat, menghilangkan semua masalah yang sedang anda hadapi dengan cara anda mengekspresikan diri anda di pantai seperti berteriak-teriak, menikmati keindahan pantai, berfoto-foto dan mencoba wisata kuliner serta cindera mata yang ada di pantai.

4. Pemasukan kas daerah

Manfaat pantai yang ke empat adalah sebagai pemasukan kas daerah. Beberapa pantai merupakan salah satu sumber pendapatan utama dari kas suatu daerah. Karena pantai yang merupakan lokasi wisata sering dikunjungi oleh para turis dari mancanegara, sehingga hal ini menyebabkan terjadinya perputaran uang yang cukup tinggi di lokasi pantai. Karena banyak turis dari mancanegara yang sering memanfaatkan masa berliburnya di daerah pantai.

Hal ini menyebabkan pemasukan kas daerah dengan banyaknya pengunjung yang datang ke pantai. Perputaran uang ini juga berpengaruh ke pendapatan kas pemerintah, melalui objek pajak, sehingga dapat membantu pembangunan dan juga pendanaan dari daerah tersebut.

5. Sebagai lokasi tempat tinggal para nelayan

Manfaat pantai yang ke lima adalah sebagai lokasi tempat tinggal para nelayan. Tidak hanya sebagai lokasi wisata, pantai juga merupakan salah satu lokasi yang biasa menjadi lokasi tempat tinggal para nelayan atau pelaut yang mencari mata pencarian di pantai, memanfaatkan pantai untuk di bangun tempat tinggal agar lokasi nya tidak terlalu jauh sehingga bisa menambah uang pemasukan para nelayan dengan cara menangkap ikan serta menjualnya sebagai penghasilan untuk menghidupi keluarganya. Para nelayan biasanya bergantung pada pasang surut air laut yang terjadi di daerah pantai agar bisa memanen ikan sebanyak mungkin untuk dijual kembali ke pasar.

6. Untuk usaha pengolahan garam

Manfaat pantai yang ke enam adalah sebagai usaha pengolahan garam. Pantai seringkali dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengolah garam. Air laut yang naik akibat pasang akan meninggalkan kristal – kristal garam. Hal ini biasanya terjadi di indonesia yang memanfaatkan pantai sebagai sumber usaha pengolahan garam. Untuk mengolah garam para nelayan juga bergantung pada iklim di Indonesia serta pembagian musim di Indonesia yang dapat mempengaruhi terjadinya musim kemarau atau musim hujan yang berkepanjangan. Hal ini lah yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, yaitu dengan membuat tambak garam sebagai tambahan mata pencaharian mereka yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

7. Mencegah air pasang langsung membanjiri daratan

Manfaat pantai yang ke tujuh adalah untuk mencegah air pasang langsung membanjiri daratan. Pantai merupakan dataran yang membatasi laut dengan daratan sehingga sering terjadinya pasang surut air laut. Manfaat pasang surut air laut biasanya memberikan pengaruh serta dampak terhadap pantai. Dari segi Ekologi, pantai sendiri sangat bermanfaat untuk mencegah pasang air laut hingga ke daratan. Ketika air laut pasang, maka air laut hanya akan menggenangi pantai saja, dan tidak akan membanjiri daerah lainnya. Namun demikian, pada kasus tertentu, tidak semua lokasi yang memiliki pantai bisa merasakan hal ini. Karena kondisi daratan yang lebih rendah, maka manfaat pantai sebagai pencegah banjir tidaklah efektif serta bisa membanjiri daratan ketika pasang air laut terjadi, ombak yang tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya air pantai naik ke permukaan pantai.

8. Sebagai Habitat dari Hewan-Hewan yang Hidup di Air

Manfaat Pantai yang ke delapan adalah sebagai habitat dari hewan-hewan amphibi.  Banyak sekali hewan yang hidupnya din air yang bergantung hidup nya pada pantai, laut dan danau yang memberikan sumber kehidupan bagi hewan-hewan yang hidupnya di air. Banyak Salah satu hewan yang paling sering kita temukan tinggal di pantai, laut dan danau seperti kepiting. cumi-cumi, ubur-ubur, dan hewan lainnya yang hidup di air. Karena pantai merupakan habitat alami dari banyak hewan. Tidak hanya hewan, pantai juga merupakan habitat dari beragam jenis flora, seperti bakau dan juga pepohonan lainnya yang memberikan keteduhan dari teriknya matahari.

Karena itu, kelestarian dari pantai haruslah kita jaga dengan baik, agar tidak merusak habitat dari kenaekaragaman flora dan fauna yang ada disekeliling pantai yang memberikan keindahan serta kesejukan di sekeliling pantai.

Sponsors Link

9. Pelepas Stress

Manfaat pantai yang ke sembilan adalah pelepas stress. Bagi anda yang sudah merasa stress dan juga penat akan aktivitas dan juga tugas anda sehari-hari dirumah atau di tempat bekerja anda, mungkin pantai merupakan salah satu lokasi wisata yang cocok untuk anda singgahi. Pantai dapat membantu anda dalam melepaskan penat dan juga stress yang anda alami akibat kegiatan dan juga aktivitas anda sehari-hari yang cukup padat dan melelahkan. Ketika anda sedang berada di pantai, maka yang akan anda rasakan adalah rasa senang dan juga nyaman, yang akan membuat anda menjadi lupa akan stress dan juga beban yang sedang menghantui anda, karena pantai memberikan sensasi yang berbeda dari tempat yang lainnya yang biasa ada singgahi seperti mall atau pemandangan lainnya yang membosankan. Dengan adanya pepohonan dan udara yang sejuk pada senja hari, pantai memberikan manfaat yang baik sebagai pelepas stress yang pastinya akan hilang dari beban yang sedang anda hadapi.

10. Pemanfaatan pasir

Manfaat pantai yang ke sepuluh adalah pemanfaatan pasir. Tidak hanya pantai secara keseluruhan yang dapat memberikan keindahan dan kenyamanan, namun bagian kecil dari pantai  yaitu pasir juga memiliki banyak manfaat. Kebanyakan orang memanfaatkan pasir pantai sebagai metode untuk relaksasi dan juga metode untuk kecantikan.

Caranya adalah dengan cara mengubur diri di dalam pasir pantai hingga batas leher, dan dibiarkan hingga kurang lebih beberapa jam. hal ini dipercaya dapat membantu membersihkan dan juga menghaluskan kulit. Selain itu, pasir pantai juga seringkali diambil untuk dibuat menjadi hiasan ataupun kerajinan tangan, yang tentu saja bernilai tinggi jika di pasarkan di tempat yang menjual cindera mata yang unik-unik.

Itulah beberapa manfaat pantai. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menambah wawasan mengenai manfaat pantai.

Baca juga artikel lain mengenai wisata alam yang menakjubkan :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, September 2015 / 04:24 Oleh :
Kategori : Laut