Daftar Sungai di Sumatera : Terpanjang & Terbesar

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Sumatera sendiri memiliki banyak hutan, gunung, dan juga sungai. Sungai-sungai yang ada di Sumatera berperan dalam menyediakan sumber air bagi masyarakat Sumatera baik untuk keperluan makan dan minum atau untuk pertanian dan peternakan. Apa saja sungai-sungai besar yang ada di Sumatera? Berikut adalah daftar sungai di Sumatera:

  1. Sungai Asahan

Sungai Asahan merupakan sungai yang terletak di Sumatera Utara. Sungai Asahan megalir dari mulut Danau Toba lalu mengalir ke Porsea yang terletak di Kabupaten Asahan dan terakhir mengalir ke Teluk Nibung. Sungai ini cukup populer dan dikenal oleh orang luar Sumatera. Selain sebagai sumber air, sungai ini dimanfaatkan untuk arung jeram bahkan beberapa kali menjadi tempat kejuaraan internasional arung jeram (baca : manfaat sungai).

  1. Sungai Belawan

Sungai Belawan sama seperti Sungai Asahan juga terletak di Sumatera Utara. Sungai Belawan ini melewati Medan dan Kabupaten Dili Serdang. Belawan sendiri merupakan nama sebuah kota pelabuhan yang terletak di kawasan administrasi kota Medan. Sungai Belawan memiliki bebera anak sungai yaitu Sungai Baharu, Sungai Paluh Manan, dan Sungai Badak.

  1. Sungai Deli

Sungai Deli merupakan salah satu sungai yang terletak di Medan, Sumatera Utara. Di Medan sendiri ada sekitar 8 sungai. Sayangnya Sungai Deli kurang mendapatkan perawatan sehingga terjadi pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan di Sungai Deli sebagian besar diakibatkan oleh limbah padat dan limbah cair.

  1. Sungai Batang Hari

Batang Hari menjadi salah satu sungai yang cukup populer dari Pulau Sumatera. Sungai ini berada di Jambi, Sumatera Barat dan mengalir ke beberapa daerah antara lain Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, dan lain-lain. Ada beberapa sungai juga yang bermuara di Sungai Batang Hari. Sungai-sungai tersebut antara lain Batang Sangir, Batang Tebo, Batang Merangin, Batang Tembesi, dan lain-lain. Sungai Batang Hari juga dikenal karena memiliki DAS atau Daerah Aliran Sungai yang terbesar kedua di Indonesia, luasnya mencapai kurang lebih 4,9 juta Ha.

  1. Sungai Kampar

Sungai Kampar merupakan sungai yang memiliki hulu di Bukit Barisan, Sumatera Barat, dan berakhir di pesisir timur Pulau Sumatera Riau. Sungai Kampar sebenarnya merupakan pertemuan dari dua sungai besar, yaitu Sungai Kampar Kanan yang berasal dari Gunung Gadang dan Sungai Kampar Kiri yang berasal dari Gunung Ngalautinggi, Gunung Solokjanjang, dan Gunung Paninjauan Nan Elok. Sungai Kampar Kanan dan Sungai Kampar Kiri bertemu di kawasan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Hulu sungai ini digunakan untuk pembangkit listrik atau PLTA Koto Panjang.

  1. Sungai/Batang Merangin

Batang Merangin merupakan sungai yang terletak di Kabupaten Merangin, Jambi. Hulunya berada di Danau Kerinci dan muaranya berada di Batang Hati yang ada di Kabupaten Bungo. Di hilir Barang Meranginn ada kawasan situs purbakala dari zaman Sriwijaya. Terdapat Prasasti Karang Brahi di kawasan tersebut.

  1. Sungai/Batang Rokan

Batang Rokan merupakan sebuah sungai yang berada di Provinsi Riau. Sungai ini dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan menunjang ekonomi masyarakat sekitarnya. Sebagai alur transportasi, Batang Rokan dikenal karena sering dilalui oleh Suman HS yang merupakan pengarang asal Riau. Suman HS melalui Batang Rokan menuju ke Pasirpangaraian untuk menyebarkan ilmu stastra dan agama.

  1. Sungai Siak

Sungai Siak berada di Provinsi Riau, melewati Kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hulu. Kedalaman Sungai Siak dulu mencapai 30 meter namun sekarang hanya tinggal 18 meter. Saat masih memiliki kedalaman 30 meter, Sungai Siak bisa dilalui oleh kapal-kapal besar. Salah satu jembatan yang melintasi sungai ini yaitu Jembatan Siak I yang juga dikenal dengan Jembatan Leighton.

  1. Sungai Batang Tarusan

Batang Tarusan merupakan sungai yang terletak di Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Hulu sungai ini berada di Bukit Barisan, di antara Solok dengan Pesisir Selatan. Sedangkan muaranya berada di Samudera Hindia. Batang Tarusan saat ini menjadi tempat wisata untuk arum jeram, namun ada juga beberapa bagian yang dijadikan penambangan liar.

  1. Sungai Wampu

Sungai Wampu merupakan sungai yang melewati Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Hulu sungai yang berada di Karo dikenal denga Lau Biang sedangkan di Langkat dikenal dengan Wampu. Sungai Wampu banyak dimanfaatkan sebaai tempat untuk arung jeram.

  1. Sungai/Way Tulangbawang

Way (Sungai) Tulangbawang merupakan sebuah sungai yang berada di Provinsi Lampung. Sungai Tulangbawang melewati Provinsi Lampung tepatnya di Kabupaten Tulangbawang dan Kabupaten Menggala. Ada beberapa anak sungai yang tersebar dan panjangnya melebihi 50 km. Anak sungai-anak sungai tersebut antara lain Way Kanan, Way Rarem, Way Umpu, Way Tahmy, Way Besay, dan Way Giham.

  1. Sungai Lematang

Sungai Lematang merupakan sebuah sungai yang berada di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Sungai Lematang dahulu sering digunakan untuk jalur transportasi perdagangan. Salah satu alat transportasi yang dahulu melewati sungai ini adalah kapal roda lambung. Sayangnya saat ini Sungai Lematang mengalami pendangkalan dan tidak dapat dilewati kapal roda lambung.


  1. Sungai/Batang Kuantan

Batang Kuantan merupakan sungai yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Danau Singkarak merupakan hulu dari Batang Kuantan, di kawasan tersebut dikenal juga dengan nama Batang Ombilin. Sedangkan muara dari Batang Kuantan ada di Kabupaten Indragiri Hilir, di sana sungai ini dikenal dengan nama Sungai Indragiri.

  1. Sungai Belida

Sungai Belida merupakan sungai yang bermuara di Sungai Musi, letaknya di Provinsi Sumatera Selatan. Penduduk yang berada di sekitar Sungai Belida disebut sebagai suku Belida dan bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Belida. Suku Belida tinggal membentang dari Sungai Musi sampai ke Prabumulih. Nama “belida” sendiri digunakan untuk nama sejenis ikan air tawar yang ditemukan di sungai tersebut.

Baca juga :

,
Oleh :
Kategori : Sungai