Peta Kepadatan Penduduk: Pengertian, Karaketristik, Isi dan Fungsinya (Paling Lengkap)

Peta Kepadatan penduduk merupakan salah satu jenis peta khusus, seperti perta persebaran curah hujan maupun peta persebaran batu bara. Peta kepadatan penduduk memberikan informasi kepada kita mengenai jumlah penduduk yang ada di suatu wilayah. Mengapa perlu adanya peta tematik atau khusus seperti kepadatan penduduk? Hal ini karena persebaran penduduk menjadi satu hal yang sangat penting. Jumlah dan persebaran penduduk menjadi hal yang harus diperhatikan oleh negara. Hal ini karena persebaran penduduk akan menentukan persebaran pembangunan di suatu negara. Selain itu persebaran penduduk akan membarikan informasi mengenai kesejateraan penduduk yang ada di suatu negara.

Negara yang baik merupakan negara yang jumlah penduduknya merata. Artinya jumlah penduduk di satu daerah dengan daerah lainnya ini tidak berbeda jauh. Dengan demikian negara tersebut tidak akan memiliki daerah yang terlalu padat penduduknya serja daerah yang terlalu jarang penduduknya. Semua informasi mengenai persebaran penduduk ini akan disajikalam peta kepadatan penduduk.

Karakteristik Peta Kepadatan Penduduk

peta persebaran pendudukPeta persebaran penduduk merupakan jenis peta khusus yang memiliki ciri khusus yang tida dimiliki oleh jenis peta lain, ciri khusus ini dinamakan sebagai karakteristik. Karakteristik yang dimiliki oleh peta persebara penduduk tidak sama dengan peta persebaran curah hujan meskipun keduanya sama jenis peta khusus. hal ini karena informasi yang disajikan jauh berbeda. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh peta persebaran penduduk antara lain sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi mengenai persebaran penduduk

Ciri khusus atau karakteristik dari peta adalah mengenai isinya, bahkan tidak hanya peta persebaran penduduk saja. Peta persebaran penduduk merupakan peta yang memiliki ciri khas yakni memberikan informasi yang berkaitan dengan jumlah penduduk yang ada di suatu wilayah beserta dengan persebarannya. Persebaran penduduk tentu saja menjadi hal yang sangat penting terutama bagi pihak- pihak yang menjalankan tugas kepemerintahan. Peta persebaran penduduk akan memberikan gambaran kepada kita tentang wilayah mana saja yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi dan mana saja yang jumlah penduduknya sedikit.

  1. Tidak terlalu banyak keterangan pada peta

Peta persebaran penduduk merupakan peta yang memberikan informasi sebatas mengenai jumlah penduduk dan persebarannya saja. Dengan demikian peta persebaran penduduk ini merupakan peta yang tidak kaya akan keterangan seperti simbol gunung, ekosistem sungai, batas kota dan batas wilayah negara, dan lain sebagainya yang menyebabkan peta terlihat penuh. Peta persebaran penduduk merupakan peta yang tergolong sepi dari simbol- simbol bila dibandingkan dengan peta umum yang menyajikan informasi mengenai bentuk muka bumi.

  1. Peta tidak memiliki banyak warna

Peta persebaran penduduk juga merupakan peta yang tidak memiliki banyak warna. Hal ini karena informasi yang disampaikan juga sangat terbatas. Apabila dibandingkan dengan peta umum maka peta persebaran penduduk memiliki warna yang lebih sedikit. Hal ini karena sepinya keterangan yang diberikan selain tentang jumlah dan persebaran penduduk.

Itulah beberapa ciri khusus atau karakteristik yang dimiliki oleh peta persebaran penduduk. Peta persebaran penduduk biasanya dikeluarkan dan digunakan oleh pihak- pihak tertentu juga dan tidak bisa diperoleh di tempat- tempat umum.

Isi dan Fungsi Peta Kepadatan Penduduk

Peta kepadatan penduduk memiliki informasi tentang persebaran dan juga jumlah penduduk yang ada di suatu wilayah negara. Hal ini akan sangat membantu bagi pemerintah untuk mengendalikan kepadatan penduduk yang ada di wiayah suatu negara. Dengan adanya informasi dari peta persebaran penduduk maka penduduk yang berada di wilayah padat penduduk akan bisa dipindakan ke tempat yang jarang penduduknya. Demikianlah informasi mengenai peta kepadatan penduduk, semoga bermanfaat bagi kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn