Peta Curah Hujan: Pengertian, Karakteristik, Isi dan Fungsinya (Paling Lengkap)

Peta curah hujan disebut juga dengan peta isohyet. Peta ini merupakan salah satu jenis peta tematik yang menampilkan mengenai persebaran curah hujan yang ada di suatu negara, khususnya di Indonesia. Peta isohyet atau peta curah hujan ini menjelaskan daerah- daerah yang memiliki tingkat curah hujan yang sama. Pembagian musim di Indonesia terdiri atas musim hujan dan musim kemarau. Keduanya terbentuk karena proses terjadinya angin muson barat dan proses terjadinya angin muson timur sehingga terbentuklan musim kemarau dan musim penghujan. Namun demikian, kedatangan musim hujan dan musim kemarau antara satu wilayah dengan wilayah lainnya tidaklah sama. Dengan demikian perlu adanya suatu informasi yang menyatakan persebaran curah hujan antara satu tempat dengan tempat yang lain. Dan informasi mengenai persebaran tempat yang memiliki curah hujan yang sama dapat kita dapatkan dari peta isohyet atau peta curah hujan.

Peta isohyet merupakan peta khusus, oleh karena itulah peta ini juga dikeluarkan dan dipergunakan oleh lembaga khusus juga. Peta curah hujan bukanlah peta yang bisa kita dapatkan secraa bebas di toko buku atau toko yang biasa menjual peta. Peta curah hujan bisa kita dapatkan di tempat- tempat tertentu. selain itu, peta curah hujan juga hanya akan diberikan kepada pihak- pihak yang berkepentingan menggunakan peta ini saja.

Karakteristik Peta Curah Hujan

peta persebaran curah hujanJenis- jenis peta tertentu tentu saja memiliki ciri- ciri atau karakteristiknya masing- masing. Karakteristik ini tentu saja merupakan karakteristik yang tidak lepas dari peta itu dan tidak dimiliki oleh jenis peta lainnya. Misalnya seperti peta topografi yang kaya akan garis- garis kontur. Garis kontur yang rapat ini tentu tidak akan kita temukan di peta lainnya. Seperti halnya peta topografi, peta curah hujan pun memeiliki karakteristiknya sendiri. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh peta curah hujan atau peta isohyet antara lain sebagai berikut:

  1. Berisikan informasi mengenai curah hujan yang sama

Karakteristk utama yang dimiliki oleh peta curah hujan yakni ada di isinya. Peta curah hujan berisikan informasi- informasi mengenai curah hujan yang ada di suatu tempat. Peta curah hujan atau isohyet juga menandari tempat- tempat yang memiliki curah hujan sama. Dengan demikian, melalui peta curah hujan ini kita dapat melihat daetah mana saja yang memiliki tingkat curah hujan yang sama.

  1. Tidak memiliki banyak warna

Peta curah hujan merupakan peta khusus yang tidak memiliki banyak warna. Peta curah hujan tidak terlalu memiliki banyak warna seperti peta pada umunya. Jikalau ada warna- warna yang tersebar maka warna itu merupakan tanda besarnya curah hujan tertentu. Dan biasanya peta curah hujan ini dibatasi garis yang jelas antara warna satu dengan warna lainnya. Hal ini karena setiap daerah memiliki curah hujan yang berbeda- beda.

  1. Tidak terlalu banyak simbol

Peta curah hujan atau peta isohyet merupakan peta khusus yang tidak terlalu menngunakan banyak simbol seperti peta umum. Hal ini karena informasi yang disampaikan juga sangat terbatas, yakni terbatas pada curah hujan saja.

Nah itulah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh peta curah hujan. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai isi dari peta curah hujan dan juga manfaat dari peta ini.

Isi dan Manfaat dari Peta Curah Hujan

Peta dibedakan menjadi berjenis- jenis karena isi yang disajikan tidak sama. Isi dari peta curah hujan atau isohyet adalah tentang persebaran curah hujan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, peta curah hujan atau isohyet akan menandai daerah daerah yang memiliki tingkat curah hujan yang sama.

Peta curah hujan bayak dimanfaatkan oleh pihak- pihak tertentu. yang menerbitkan peta curah hujan ini adalah lembaga yang berkaitan dengan keadaan iklim, seperti Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Sementara itu pemakai peta ini adalah pihak- pihak yang berkepentingan, seperti penyuluh pertanian. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai peta curah hujan ini. semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

fbWhatsappTwitterLinkedIn