5 Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli

Kartografi merupakan sebuah teknik dalam pembuatan peta yang dilakukan dengan cara memperkecil keruangan pada suatu daerah dimana luas permukaan bumi atau benda-benda lainnya yang berada di luar angkasa dapat disajikan dengan mudah untuk kepentingan komunikasi bagi manusia.

Kartografi  juga mempelajari mengenai sejarah kartografi, klasifikasi data, kegiatan koleksi data, mendesain serta membuat kontruksi peta chart, plans dan atlas. Tahun 3800 SM tercatat sebagai sejarah tertua survei dan pembuatan kartografi pemetaan yang dilakukan di Irak. Pemetaan ini digambar di atas sekeping tanah yang kemudian digepengkan untuk menggambarkan bagian utara Mesotopotamia dengan sungai Euphrates. Kini telah banyak ditemukan pembuatan peta komersial yang lebih baik dengan mengandalkan penggunaan perangkat lunak seperti perangkat ilustrasi peta khusus yaitu GIS (sistem informasi geografis) serta CAD yang didesain dengan bantuan komputer.

Pengertian Kartografi adalah studi dalam membuat peta atau globe yang dulunya dilakukan dengan menggunakan kertas dan pena. Namun semakin majunya dunia teknologi, kartografi telah banyak dilakukan menggunakan komputer dengan hasil yang lebih baik. (baca : fungsi atlas, peta dan globe)

Kartografi Menurut Pendapat Para Ahli

Adapun pengertian kartografi menurut para ahli antara lain adalah:

1. Menurut Rystedt B

Kartografi adalah ilmu disiplin yang menyatakan antara peta dan pemetaan. Kartografi menyatukan tampilan atau representasi dari dua fenomena geografi yaitu geografi dan virtual.

2. ICA tahun 1973

Kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi tentang pembuatan peta-peta sekaligus mencangkup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya seni

3. Menurut UN pada tahun 1949

Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menyiapkan segala jenis peta dan chart termasuk setiap kegiatan mulai dari lapangan sampai pencetakan akhir. Kemudian, karena kajiannya dirasa oleh para kartografi terlalu luas maka diadakan konferensi yang tergabung dalam ICA atau International Cartograph Assosiation yang menghasilkan gagasan baru.

4. Menurt Taylor

Taylor mendefinisikan kartografi sebagai organisasi, presentasi, komunikasi dan penggunaan geo-informasi dalam bentuk grafis, digital atau format nyata. Hal itu dapat meliputi semua langkah-langkah  dari persiapan data sampai ke penggunaan akhir dengan penciptaan peta-peta dan hasil-hasil yang terkait dengan informasi spasial. Dengan arti lain dikatakan kartografi adalah pembuatan data spasial yang dapat diakses menekankan visualisasinya dan memungkinkan berinteraksi dengannya yang berhubungan dengan masalah-masalah geospasial.

5. Prihandito 1989

Kartografi adalah ilmu dan teknik pembuatan peta.

Seiring dengan berkembangnya zaman, pengertian mengenai kartografi mengalami perubahan. Hal ini disebabkan:

  • Kenyataan bahwa kartografi termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan serta komunikasi
  • Adanya teknologi yang lebih mutakhir, yaitu komputer

Alasan-alasan tersebut menghasilkan pandangan baru yaitu kartografi bukanlah langkah pembuatan peta semata melainkan penggunaan peta sendiri adalah salah satu bidang kartografi.

Produk Kartografi

Produk kartografi dapat dibuat dalam berbagai macam produk seperti:

  • Sketsa – Adalah gambar keadaan pada suatu wilayah sempit yang dibuat dalam bentuk garis besar serta menyimpan sedikit informasi. Faktor dari kebenaran ukuran serta bentuk dari obyek pada sketsa tidak terlalu diutamakan.
  • Peta – Adalah suatu gambaran objek tertentu yang dibuat pada bidang yang datar dan digambar berdasarkan perhitungan kebenaran dari ukuran proyeksi kedudukan serta arah mata angin. Peta juga biasa disebut juga peta garis dan memiliki berbagai jenis jenis peta.
  • Peta timbul – Adalah suatu gambaran wilayah yang dibuat pada bentuk 3 dimensi sehingga akan terlihat bentuk-bentuk relief.
  • Maket atau miniatur – Adalah suatu gambaran pada daerah yang dibentuk secara 3 dimensi dan biasanya memiliki skala besar. Maket atau miniatur juga menggambarkan suatu daerah sempit dengan kenampakan yang mendetail serta memiliki kemiripan dengan objek aslinya. Maket atau miniatur banyak menggunakan model-model yang dibuat untuk melengkapi objek yang ada seperti pohon rumah atau bahkan mobil.
  • Atlas – Adalah buku berisi tentang peta-peta negara yang dibuat dengan menyertakan gambar data statistik, diagram dan lain-lain yang dijelaskan uraiannya serta diberi warna pada berbagai jenis jenis atlas yang tersedia.
  • Peta digital – Peta digital atau yang disebut pula dengan orfoto adalah peta dari hasil teknik penginderaan yang dilakukan dari luar angkasa atau dari udara. Pada peta ini, tidak terjadi seleksi karena objek yang terlihat dan tidak ditutupi oleh objek lain bisa terekam. Pada peta biasa diberi ditambah keterangan yang berfungsi menjelaskan nama-nama jalan, nama tempat atau nama jalan.
  • Globe – Adalah suatu gambaran yang menjelaskan bentuk permukaan bumi dan struktur bumi yang biasanya berbentuk bola. Globe bukanlah sebuah peta melainkan sebuah model dari bola bumi.

Kartografi dapat digunakan untuk mempermudah kehidupan manusia terutama dalam hal berkomunikasi.  Pembuatan kartografi sangat dipengaruhi oleh beberapa perkembangan  termasuk di dalamnya adalah ilmu visualisasi serta pemahaman arti dari kata visualisasi itu sendiri. Perkembangan yang ada berhubungan dengan cara spesifik pemanfaatan teknologi yang modern melalui penggunaan komputer. Komputer dinilai  mampu memfasilitasi proses pembuatan yang lebih nyata dengan kurun waktu yang lebih jelas dan dapat menunjang pengetahuan yang ada.

, , ,
Oleh :
Kategori : kartografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!