7 Peranan Indonesia di Asia Tenggara

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpengaruh, khususnya di wilayah regional Asia Tenggara. Indonesia adalah negara terbesar dan juga termasuk negara yang lebih dulu terbebas dari penjajah. Selain itu, pemimpin- pemimpin Indonesia juga merupakan pemimpin yang tangguh, berwawasan, cerdas dan berani sehingga dikenal di antara kepala- kepala negara sekitar. Oleh karena itu juga, maka Indonesia memiliki peranan yang cukup banyak, khususnya di lingkungan Asia Tenggara. Adapun beberapa peranan Indonesia khususnya di wilayah Asia Tenggara antara lain sebagai berikut:

  1. Mempelopori berdirinya ASEAN

Sala satu peranan negara Indonesia di lingkungan Asia Tenggara adalah sebagai pelopor berdirinya kerjasama regional di Asia Tenggara, yaitu ASEAN. ASEAN merupakan kerja sama regional negara- negara di lingkungan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan juga keamanan. Hal ini sesuai dengan sifat politik Indonesia yaitu bebas dan aktif. Bebas berarti tidak memihak blok manapun, sementara aktif artinya turut serta dalam mengupayakan perdamaian dunia. ASEAN menjadi sebuah wadah yang sangat bermanfaat bagi negara- negara di Asia Tenggara karena kepentingan antara satu dan lainnya dapat sama- sama dicukupi, dan juga melalui ASEAN ini dibukalah kerjasama- kerjasama dengan negara di kawasan lainnya.

  1. Sebagai Perantara perundingan damai

Di Asia Tenggara Indonesia juga berperan sebagai negara yang merupakan perantara perundingan damai. Banyak konflik atau kemelut yang pernah terjadi di wilayah Asia Tenggara dan Indonesia merupakan salah satu pengupaya damainya. Salah satunya adalah Indonesia pernah berperan dalam membantu proses perdamaian atas kemelut perang saudara yang ada di Kamboja dan hampir ke perbatasan Muangthai. Dalam kasus ini, Indonesia ditunjuk oleh ASEAN sebagai pihak yang menjadi penengahnya. Dengan demikian Indonesia memiliki peranan yang cukup peting dalam menjaga perdamaian di Asia Tenggara.

  1. Memberikan fasilitas kepada pengungsi

Peranan lain yang dilakukan oleh Indonesia adalah bantuannya terhadap masyarakat yang terkena bencana di kawasan Asia Tenggara. Kita semua tahu bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan yang berada di titik- titik rawan terjadi bencana alam. Banyak negara yang mengalami bencana alam yang kelasnya sudah mencapai internasional. Maka dari itulah Indoenesia turut membantu. Selain bencana alam, juga terdapat bencana sosial. ApaItu? Itu adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh masyarakat minoritas di suatu negara yang mengungsi ke negara lain akibat perlakukan yang tidak menyenangkan yang berada di negaranya sendiri. Indonesia merupakan negara yang terbuka dan menerima pengungsi tersebut dengan tangan terbuka. Bahkan ada satu pulau yang disediakan oleh pemerintah untuk menampung para pengungsi sementara, yaitu pulau Galang.

  1. Membentuk komunitas keamanan

Indonesia juga menjadi salah satu negara pembentuk Komunitas Keamanan ASEAN. Tujuan komunitas ini dibentuk untuk menanggulangi tindak kejahatan atau kriminal dan juga kekerasan.pertahanan ini bahkan tidak hanya dilingkungan militer saja namun juga non militer, seperti terorisme, separatisme, perampokan, kejahatan lintas negara, dll. Komunitas ini dibuat dengan tujuan meningkatkan kerjasama pada bidang politik dan keamanan yang lebih luas.

  1. Penyelenggara KTT ASEAN yang pertama

Salah satu peranan penting yang dilakukan Indonesia lainnya adalah sebagai penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kalinya. KTT ini dilakukan di Bali. KTT menjadi sebuah ajang atau kegiatan yang penting karena merupakan pertemuan bagi anggota- anggota ASEAN yang membahas mengenai masalah- masalah yang harus dipecahkan oleh ASEAN yang terjadi di lingkungan negara- negara ASEAN dan juga hubungan dengan negara lain di luar negara anggota ASEAN.

  1. Ikut aktif dalam menjalin hubungan ASEAN dengan negara maju

Selain aktivitas di dalam, Indonesia juga turut menyumbangkan peranannya dalam aktivitas keluar, yaitu di luar lingkup ASEAN. Salah satunya adalah ikut aktif dalam menjalin hubungan antara ASEAN dengan negara- negara maju yang berpengaruh. ASEAN perlu menjalin kerjasama dengan negara- negara maju guna mendapatkan keuntungan yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah negara- negara ASEAN. Beberapa negara maju yang menjalin kerjasama dengan ASEAN adalah Jepang, beberapa negara di Eropa dan juga Cina atau Tiongkok.

  1. Gerakan Pembebasan Moro di Filipina

Salah satu contoh peranan Indonesia dalam upaya perdamaian di lingkungan negara ASEAN adalah pembebasan kaum muslim Moro di Filipina. Pada saat itu memang kaum muslim Moro mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan di Filipina hingga menimbulkan konflik yang membesar. Pada saat itu Indonesia turut andil dalam upaya pembebasan kaum muslim Moro. Hal ini tentu dilakukan atas dasar kemanusiaan dan seperti politik di Indonesia yang bebas dan aktif, yaitu tidak memihak blok manapun dan aktif dalam menyelenggarakan perdamaian dunia.

Nah itulah beberapa peranan yang dilakukan oleh Indonesia di lingkup kawasan Asia Tenggara. Sebenarnya masih banyak lagi peranan Indonesia di kawasan Asia Tenggara yang mungkin terlalu panjang apabila kita bahas satu per satu. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial