5 Ciri- ciri Flora Bagian Timur dan Penjelasannya

Flora dan fauna merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Flora dan fauna merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai harganya. Flora dan fauna menjadi sebuah kekayaan karena merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu negara dan sekaligus yang membedakannya dengan negara lain. Flora dan fauna di suatu negara memiliki ciri khas masing- masing sehingga berbeda dengan negara lainnya. Bahkan terkadang di suatu negara pun memiliki beberapa flora dan fauna khas di setiap sudut wilayahnya. Maksudnya adalah suatu negara dibagi atas beberapa penjuru dan di setiap penjuru memiliki flora dan fauna khasnya masing- masing. Sebagai contoh adalah Indonesia, negara kita. Berdasarkan jenis flora dan faunanya, Indonesia dibagi atas tiga wilayah, yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau Peralihan dan wilayah barat atau Asiatis.

Setiap wilayah Indonesia ini memiliki ciri khasnya masing- masing mengenai flora dan faunanya. Misalnya seperti Indonesia bagian timur yang mana tipe flora dan faunanya mirip dengan yang di wilayah Benua Australia (karena wilayahnya dekat dengan benua tersebut), sementara  di wilayah bagian barat tipe faunanya mirip dengan yang ada di wilayah Asia (dinamakan flora Asiatis) yang memiliki ukuran besar- besar. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri- ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Kita akan membahas mengenai ciri- ciri dan juga contoh dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.

Ciri- ciri Flora Tipe Australis

Flora atau tumbuhan tipe Australis ini memiliki kesamaan dengan flora atau tumbuhan yang ada di Benua Australia, maka dari itulah diberi nama tipe Australis. Flora atau tumbuhan tipe Australis kebanyakan berupa tumbuhan tipe palm- palman yang bisa hidup di daerah kering dan tandus, karena wilayah ini cenderung lebih kering daripada daerah barat maupun tengah. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai flora tipe Australis, berikut ini merupakan ciri- cirinya:

  1. Bentuk daun memanjang

Salah satu ciri yang paling khas dimiliki oleh flora Australis adalah bentuk daunnya yang memanjang. Daun memanjang ini berbentuk runcing dan terkadang melengkung. Contoh dari tanaman yang memiliki daun memanjang ini misalnya adalah palm- palman. Tanaman yang memiliki daun memanjang ini memiliki tulang daun besar di bagian tengahnya.

  1. Memiliki daun paralel

Ciri- ciri lain dari tanaman atau flora Australis adalah memiliki struktur daun paralel. Daun paralel maksudnya adalah daun yang memiliki tulang daun yang besar dan sejajar antara tulang daun satu dengan lainnya. Bentuk tulang daunnya tidak menyirip. Sebagai contoh tanaman yang memiliki daun paralel ini contohnya adalah bambu, jagung, padi dan tanaman lainnya termasuk jenis tanaman palm seperti kelapa. Flora di daerah Australis atau Indonesia bagian timur memang memiliki tulang daun demikian sehingga mudah untuk dipisahkan. Meskipun demikian, ada pula flora Australis yang daunnya tidak memanjang.

  1. Tumbuh di Paparan Sahul dan berada di sekitar wilayah Papua dan Maluku

Flora- flora khas Indonesia bagian timur atau tipe Australis tidak tersebar di semua wilayah Indonesia bagian timur tersebut. Flora- flora khas ini banyak ditemukan di sekitar wilayah Papua dan Maluku. Flora- flora Australis banyak terdapat di wilayah Maluku hingga Papua yang merupakan daerah yang memiliki sifat seperti benua Australia.

  1. Merupakan hutan tropis dengan ditumbuhi tanaman yang berbeda- beda

Flora atau tanaman di wilayah Australis atau Indonesia bagian timur sebagain merupakan wilayah hutan tropis yang ditumbuhi oleh lebih dari satu tanaman atau tanamannya berbeda- beda. Beberapa tanaman khas timur yang tumbuh di hutan tropis antara lain nipah, sagu dan tanaman merbau. Tanaman- tanaman ini tumbuh berselang- seling dengan tanaman lainnya. Jdi di hutan tropis kita tidak hanya menemukan tanaman khas timur saja, namun juga tanaman hutan lainnya yang mungkin saja terdapat di wilayah lain.

  1. Banyak terdapat keluarga palm- palman

Sebagian dari tanaman khas Indonesia bagian timur atau Australis adalah berupa keluarga palm- palman. Tanaman ini banyak kita temukan di wilayah timur yang cenderung kering, karena tanaman ini tidak memerlukan banyak air untuk dapat bertahan hidup.

Nah itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh flota atau tanaman Indonesia tipe Australis. Ciri- ciri tersebut mungkin sangat berbeda dengan flora tipe Asiatis yang memiliki keistimewaan seperti ukurannya yang besar dan berada di wilayah Indonesia bagian barat. Adapun beberapa contoh tanaman khas Australis ini antara lain adalah Matoa, Kayu Cendana, Kayu Eboni, Siwalan dan juga tanaman paku yang memiliki daun memanjang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita mengenai tanaman Indonesia.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!