14 Patung Buddha Tertinggi Di Dunia Yang Menakjubkan

Patung merupakan karya seni 3 dimensi yang dibuat oleh manusia. Karya seni 3 dimensi merupakan karya yang memiliki bentuk, ruang dan tinggi. Orang yang membuat patung disebut sebagai pematung atau pemahat. Tujuan dibuatnya patung adalah untuk disembah sebagai Tuhan atau Dewa. Namun, pada saat ini ada beberapa agama saja seperti agama Hindu dan Buddha yang menganggap patung sebagai simbol Tuhan.

Ada juga yang memanfaatkan patung sebagai penghormatan kepada pahlawan atau kepala negara yang telah berjasa. Wujud patung berbeda-beda. Ada yang dalam bentuk manusia dan ada yang berbentuk hewan. Bahan pembuatan patung pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari logam, lapisan emas, dipahat langsung di tebing, perunggu dan bongkahan batu.

Khususnnya bagi umat beragama Buddha, patung merupakan hal yang bisa menambah keimanan tentang Tuhan mereka. Hampir di semua kuil atau klenteng terdapat patung Buddha. Baik yang berukuran paling kecil sampai yang berukuran paling besar.

Patung Buddha Tertinggi Di Dunia 

Berikut ini akan dijelaskan 14 patung Buddha tertinggi yang ada di dunia. Bagi negara yang memiliki patung Buddha tertinggi, merupakan suatu kebanggaan yang besar. Karena selain bisa dijadikan sebagai simbol dan tujuan agama, patung Buddha tertinggi di negara tersebut bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

1. Laykun Setkyar (Myanmar)

Patung Laykun Setkyar merupakan patung raksasa yang berada di atas bukit Po Kaung desa Khatakan Taung daerah Monywa, Myanmar. Tinggi dari patung ini adalah 129,5 meter sudah termasuk tempat berdirinya patung yaitu 13,5 meter. Patung ini juga memiliki 31 lantai dimana setiap lantainya terdapat lukisan dinding yang menggambarkan kehidupan alam semesta.

Selain itu, di depan Patung Laykun Setkyar juga terdapat Patung Buddha tidur terbesar di dunia. Patung Buddha ini memiliki panjang 90 meter dan tingginya mencapai 60 kaki. Patung Laykun Setkyar dan Patung Buddha tidur ini menjadi ikon bagi umat Buddha Myanmar dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun luar negeri.

2. Leshan Giant Budha (China)

Patung ini merupakan patung tertua di dunia yang sudah aa sejak abad ke-8. Patung ini dibuat pada tahun 713 dan selesai pada tahun 803 yang artinya membutuhkan waktu 90 tahun. Dibangun oleh ribuan biksu yang bisa memahat dan dipahat langsung di tebing raksasa.

Patung ini menghadap langsung ke laut di Sichuan di China bagian barat dan ke Gunung Emei serta ke tiga sungai. Patung ini memiliki tinggi 71 meter dan merupakan patung yang dianggap suci oleh umat Buddha di dunia.

3. Spring Temple Buddha (China)

Patung Spring Temple Buddha mendapat predikat patung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian mencapai 153 meter sudah termasuk anak tangga dan lotus sebagai tempat berdirinya patung. Hampir setiap hari patung ini didatangi oleh pengunjung dalam negeri maupun luar negeri.

4. Guan Yin of The South Sea of Sanya (China)

Patung ini berdiri menghadap ke arah Sanya dan Laut Cina Selatan dengan memegang kain sutera di tangan kiri, memegang tasbih dan tangan bersimpuh ke arah Vitarka Mudra. Patung ini dibuat oleh lebih dari 108 orang biksu dari Hongkong, Makau, Taiwan dan China. Patung ini menggambarkan Bodhisattva Avalokitesvara atau yang biasa disebut Dewi Kwan Im. Patung ini memiliki ketinggian 135 meter sudah termasuk tempat berdirinya patung dan berdiri di atas teratai yang berwarna emas.

5. Dai Kannon (Jepang)

Selain patung Dewi Kwan Im yang ada di China, Jepang juga memiliki patung Dewi Kwan Im sendiri yang sering disebut sebagai patung Dai Kannon. Berlokasi di Sendai Jepang dan memiliki tinggi 100 meter yang bisa kita masuk di dalamnya dengan menaiki lift untuk mencapai bagian paling atas. Dewi Buddhist Bodhisattva Kannon yang merupakan penggambaran dari patung ini dan sudah didirikan sejak tahun 1991.

6. Qianshou Qianyan Gaunyin (China)

Selain banyaknya Patung Dewi Kwan Im yang ada di China, Patung Dewi Kwan Im ini memiliki penampilan yang berbeda dengan Patung Dewi Kwan Im yang ada di Sanya. Perbedaannya yaitu terdapat di lapisan patung yang berwarna emas dan memiliki sekitar 20 tangan. Patung ini terletak di Kota Weishan dan memiliki ketinggian 99 meter. Jika Anda berkunjung di sini, Anda akan menikmati suasana yang asri karena tempatnya yang bersih dan berada di tengah taman dengan pohon yang ditata secara berjajar ditambah lagi dengan udara yang sejuk.

7. Great Standing Maitreya Buddha (Taiwan)

Patung ini memiliki ketinggian 72 meter dan memiliki posisi duduk meditasi. Patung Great Standing Maitreya Buddha berada di atas Danau Emei di Taiwan. Patung ini memiliki makna Sang Buddha yang turun ke bumi dan memberikan pencerahan kepada seluruh umat manusia.

8. Great Buddha of Thailand (Thailand)

Patung Great Buddha of Thailand merupakan patung Buddha yang berada di Biara Wat Muang tepatnya di Provinsi Ang thong. Patung in memiliki ketinggian 92 meter. Jika Anda sedang pergi ke Thailand, Anda bisa berkunjung ke patung Buddha ini sambil selfie dengan background patung raksasa di belakangnya. Hal ini bisa menjadi kenang-kenangan Anda nantinya ketika sudah kembali ke negara awal.

9. Ushiku Daibutsu (Jepang)

Patung ini merupakan salah satu patung tertinggi di dunia. Memiliki ketinggian sekitar 120 meter sudah termasuk pondasi setinggi 10 meter dan platform bunga teratai setinggi 10 meter. Patung ini berada di Kota Ushiku Jepang dan selesai dibangun pada tahun 1995. Bahan pembuatan patung ini adalah perunggu asli yang melukiskan Amitabha Buddha. Selain itu, patung ini juga bisa dinaiki dengan naik lift di dalamnya yang bisa digunakan untuk menikmati suasana kota.

10. Chalong Big Buddha (Thailand)

Patung Chalong Big Buddha memiliki tampilan dengan warna dominan putih terbuat dari bahan kuningan. Patung ini berada di selatan Phuket Thailand. Patung yang memiliki ketinggian 45 meter ini menelan biaya pembangunan sekitar 30 juta baht atau sekitar 8,4 milyar rupiah.

11. Bodhgaya (India)

Dengan ketinggian 25 meter, Patung Bodhgaya menjadi simbol tempat suci umat Buddha di Bodhgaya. Pembuatan patung ini didasari atas kesadaran ingin memperluas kepercayan Buddha dari Bodhgaya dan untuk menunjukkan simbol perdamaian dunia.

12. Temple of The Reclining (Thailand)

Selain yang berada di Myanmar, patung Buddha Tidur juga terdapat di Thailand tepatnya di daerah Wat Po di Bangkok ibukota Thailand. Patung ini berada di dalam vihara yang terkenal sebagai vihara terbesar dan tertua di Bangkok. Selesai pembangunan 200 tahun setelah Bangkok ditetapkan sebagai ibukota negara.

13. Tian Tan Buddha (Hong Kong)

Hong Kong juga memiliki patung Buddha besar dengan ketinggian 34 meter berada di Pulau Lantau. Tian Tan dibuat dari perunggu dan selesai dibangun pada tahun 1993. Diberi nama Tian Tan karena bagian bawah dari patung ini mirip seperti replika Kuil Tian Tan di Beijing. Selain itu, patung ini menjadi daya tarik utama karena berada di Vihara Po Lin.

14. Hussain Sagar Buddha (India)

Patung ini ditempatkan pulau di tengah danau buatan yang berada di Kota Hyderabad India. Patung yang dipahat dari bongkahan batu yang besar ini pernah jatuh ke danau dan menelan korban 8 pekerja saat proses pembangunannya. Memiliki ketinggian 17 meter, saat ini patung Hussain Sagar Buddha menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berada di Kota Hyderabad.

Patung merupakan hal yang sakral menurut umat beragama Buddha. Keberadaan patung sendiri bagi umat beragama Buddha merupakan simbol-simbol dalam kebuddhaan. Mereka memberikan penghormatan terhadap objek tersebut. Dalam membuat patung ciri-ciri sang Buddha sangat diperhatikan, karena semuanya harus melambangkan kebudhaan, bukan menggambarkan pribadi. Patung juga merupakan simbol Sang Guru, sehingga umat Buddha bukanlah menyembah patung melainkan menghormati dan mengingat ajaran dari Sang Guru.

Patung juga memiliki daya tarik tersendiri karena merupakan karya manusia yang luar biasa dan bisa membuat penasaran wisatawan yang ingin datang. Sudah selayaknya kita harus bersama-sama menjaga kelestarian patung-patung ini agar bisa terawat dengan baik dan bisa dinikmati anak cucu kita sebagai kekayaan seni yang luar biasa. Sekian dan terima kasih. Semoga informasi mengenai patung buddha tertinggi di dunia dapat bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn