Negara Portugal: Karakteristik, Ekonomi Dan Faktanya

Para pecinta olah raga sepak bola pasti sudah tidak asing dengan negara Portugal. Tim nasional sepak bola Portugal memiliki reputasi yang baik dalam kejuaraan tingkat dunia. Portugal termasuk ke dalam jajaran tim Nasional yang terkuat di dunia dan menghasilkan pemain-pemain terbaik dari berbagai generasi, sebut saja yang paling kita kenal adalah Christiano Ronaldo. Selain itu sudah pasti semua orang Indonesia tahu bahwa negara Portugal merupakan salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia. Lalu, seperti apakah negara Portugal itu, berikut penjelasannya.

Karakteristik Negara Portugal

Negara Portugal atau nama resminya adalah Negara Republik Portugal terletak di wilayah Eropa Barat daya, negaranya yang berbentuk daratan menjorok ke lautan menjadikan Portugal termasuk ke dalam Semenanjung Iberia di ujung barat. Portugal berbatasan dengan Negara Spanyol di utara dan timurnya. Sementara barat dan selatan berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik.

Beribukotakan di Kota Lisbon, Portugal memiliki luas negara 92.226 km2 dengan area meliputi  kepulauan Azores dan Madeira. Bentang alamnya di bagian pantai utara adalah berbatu dan memiliki banyak pegunungan yang tidak berpenghuni tersebar di dalam wilayahnya. Sementara di bagian selatan negaranya cenderung hangat dan bertanah subur.

Titik tertinggi Portugal adalah pegunungan Estrela atau lengkapnya Serra da Estrela yang berbentuk terjal, berada di antara sungai Tagus dan Mondego. Termasuk ke dalam Kawasan Mediterania atau daratan di sekeliling laut tengah yang beriklim Mediteran. Membuat Portugal memiliki iklim dengan musim panas yang hangat hingga panas, dan kering. Sementara saat musim dingin tidak begitu ekstrem dan bersifat basah atau lembab.

Bentuk pemerintahan Portugal saat ini adalah Republik dengan sistem satu kamar atau tidak ada dua bandan yang terpisah seperti DPR, dengan kata lain tidak ada Majelis Tinggi dan Majelis Rendah. Kepala Negaranya adalah Presiden yang dipilih 5 tahun sekali. Sementara kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang ditunjuk langsung oleh Presidennya.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Portugal

Portugal adalah negara terkaya di dunia pada masa kekaisaran kolonialnya di hampir seluruh dunia. Namun karena kekayaannya tidak digunakan untuk pembangunan infrastruktur dalam negeri, Portugal secara bertahap menjadi salah satu negara yang tertinggal di berbagai sektor di Eropa Barat pada abad ke-19 dan ke-20.

Di tahun 1986 Portugal bergabung dengan Komunitas Ekonomi Eropa atau yang sekarang dikenal Uni Eropa. Hal itu telah memacu pertumbuhan ekonomi Portugal menjadi stabil dan kuat. Standar hidup penduduknya meningkat dramatis dan angka pengangguran berkurang. Selain itu investasi dan modal swasta telah mendorong pembangunan di negaranya.

Serupa dengan negara Eropa bagian barat lainnya, perekonomian Portugal didominasi dengan oleh sektor pelayanan seperti manufaktur peralatan listrik, tekstil dan produk kayu. Sementara untuk di sektor pertanian relatif kecil. Pada tahun 2019 tercatat PDB Per Kapita Negara Portugal adalah 23.128.349 USD dengan mata uang resminya yaitu Euro.

Penduduk Negara Portugal

Tercatat pada tahun 2019, Portugal memiliki populasi mencapai 10,28 juta jiwa yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Memiliki bentuk demografi seperti nisan namun tidak ekstrim sampai angka kelahirannya rendah, Portugal didominasi oleh penduduknya yang berusia produktif. Harapan hidup penduduknya mencapai 73 tahun untuk pria dan 80 tahun untuk wanita.

Bahasa resminya adalah Portugis, kata Portugis sendiri sering dimaknai untuk bahasa dan bangsanya. Sebagai bangsa yang tua dan telah menjelajah ke berbagai belahan dunia, Portugal telah meninggalkan pengaruh budaya, arsitektur, dan bahasa di seluruh dunia.

Portugal terkenal sebagai tempat dengan kebebasan moral di peringkat ke-2 dan kedamaian pada peringkat ke-3. Selain tergabung ke dalam Uni Eropa, Portugal adalah anggota PBB, pendiri NATO, Zona Euro, OECD, dan Komunitas Negara-negara Bahasa Portugis.

Fakta-fakta Negara Portugal

  • Negara Paling Tua Di Eropa

Meskipun tidak lebih tua dari Yunani dan Ethiopia, Portugal termasuk ke dalam negara yang berusia tua. Hampir 1000 tahun Portugal telah membuat perbatasan wilayahnya tepatnya sejak tahun 1139 M saat Afonso Henriques ditunjuk menjadi raja Portugal atau L, maka secara resmi Portugal menjadi negara paling tua di Benua Eropa. Lisbon, Ibukotanya sendiri berusia lebih tua ketimbang 4 abad ketimbang Roma karena letaknya yang strategis sebagai jalur perdagangan dunia.

  • Separuh dunia pernah dikuasai oleh Portugal

Hampir seluruh dunia ini pernah dikuasai oleh Portugal yang pada bahasa latin memiliki nama Lusitania pada masa kolonial. Hal itu tertulis di dalam perjanjian Tordesillas yang dibuat pada tahun 1494. Perjanjian tersebut adalah suatu perjanjian yang ditandatangani di Tordesillas yang saat ini menjadi provinsi Valladolid, di Spanyol. Isi perjanjian itu adalah membagi wilayah di luar Eropa menjadi duopoli eksklusif, yaitu antara Spanyol dan Portugal.

  • Bahasa Portugis masuk ke 10 besar paling banyak digunakan di dunia

Menjadi bangsa yang pernah melakukan perjalanan ke seluruh dunia, membuat Portugal memiliki banyak peninggalan di berbagai tempat. Salah satu komponen peninggalannya adalah bahasa yang digunakan berbagai negara yang beberapanya adalah bekas jajahannya. Bahasa Portugis digunakan oleh 199 juta orang yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu beberapa Bahasa Portugis diserap ke dalam Bahasa Inggris.

  • Portugal yang pertama kali mengenalkan Teh ke Inggris

Inggris khususnya kerajaan Inggris merupakan negara yang terkenal dengan budaya minum tehnya sampai ada Namanya tea time atau afternoon tea. Siapa yang sangka negara yang terkenal budaya minum tehnya ini justru awal tahu tentang teh karena dibawakan oleh istri Charles II bernama Catherine of Braganza yang merupakan bangsa Portugis atau Portugal. Rasa dan wanginya yang khas membuat teh digemari oleh orang Inggris. Sampai saat ini budaya minum teh telah mendarah daging di Inggris.

  • Memiliki Jembatan Terpanjang di Eropa

Jembatan Vasco da Gama yang melintasi Sungai Tagus memiliki Panjang 17 Km merupakan jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan yang menghubungkan antara bagian utara dan selatan Portugal ini dibentuk pada tahun 1998 untuk memudahkan lalu lintas saat adanya World Fair di tahun 1998. Jembatan ini sering dijadikan tujuan wisata karena keindahan pemandangannya yang dapat dilihat dari Parque das Nacoes, salah satu tempat yang modern di kota Lisbon. Selain itu, saking panjangnya jembatan ini saat sedang berkabut kita tidak bisa melihat sisi lain dari jembatan itu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn