10 Negara dengan Tingkat Kriminalitas Terendah di Dunia

Berbagai peristiwa dalam kehidupan sosial mewarnai kehidupan bermasyarakat, mulai dari yang bersifat positif hingga negatif. Tidak dipungkiri bahwasannya kita sebagai makhluk sosial hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Dalam hidup berdampingan ini pastilah kita merasakan manfaatnya, namun terkadang ada pula hal- hal yang tidak diinginkan. Salah satu hal yang bersifat negatif yang bisa kita temui dalam hidup bersosial adalah persaingan.

Persaingan merupakan sebuah kompetisi yang nantinya akan membawa ke arah kemajuan ataupun justru kearah kemunduran. Bagi orang- orang yang tidak mampu bersaing dengan orang lain, tidak dipungkiri mereka akan melakukan berbagai cara yang bersifat memaksa. Hal ini sering kita sebut sebagai kriminalitas. Jadi kriminalitas merupakan peristiwa kekerasan atau yang dikategorikan sebagai kejahatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok tertentu kepada korbannya.

Kriminalitas di Indonesia

Kriminalitas di Indonesia bukan merupakan barang baru lagi. Di negara- negara berkembang, tingkat kriminalitas justru jumlahnya lebih tinggi daripada negara maju. Hal ini karena berbagai permasalahan yang pada akhirnya akan menimbulkan tindakan kriminalitas, seperti banyaknya angka pengangguran. Di Indonesia sendiri, kriminalitas jumlahnya banyak sekali. Bahkan apabila kita melihat tayangan berita di televisi, maka akan tampak berita yang khusus menampilkan tindakan kriminal.

Negara- negara dengan Tingkat Kriminalitas Terendah di Dunia

Negara berkembang apabila dibandingakan dengan negara maju, maka tingkat kriminalitasnya lbih banyak, namun hal ini bukan berarati negara maju tidak memiliki angka kriminalitas. Berikut ini merupakan negara- negara di dunia dengan tingkat kriminalitas terendah:

  1. Swiss

Swiss adalah negara yang paling aman di dunia. Selain aman negara ini juga terkenal akan jam dan coklatnya. Yang membuat negara ini aman adalah kerjasama antara pemerintah dan masyarakatnya. Selain saling menjaga hubungan sosial, masyarakat juga menjaga alam negara ini. Sangat jarang ditemukan aksi kriminal di negara ini, sekalinya beraksi pelakunya adalah turis asing.

  1. Singapura

Negara tetangga kita yang sekaligus satu-satunya negara maju di Asia Tenggara (yang lainnya adalah negara berkembang di Asia Tenggara) ternyata merupakan negara yang kemanannya diakui dunia. Singapura adalah negara terendah tingkat kriminalitasnya di Asia. Kejadian kriminalitas di negara ini sekitar 0,3 kejadian per 100.000 orang. Salah satu faktor penyebabnya adalah hukuman yang sangat fantastis bagi para perilaku kriminal.

  1. Hong Kong

Hong Kong adalah negara yang maju dengan penduduk sangat banyak di Asia. Sebagain besar penduduk negara ini hobi mengakses internet. Untuk kategori penduduk yang demikian Hong Kong patut diakui keamanannya karena memiliki tingkat kriminalitas dengan perbandingan 0,2 kejadian pembunuhan setiap populasi 100.000 orangnya. Amannya Hongkong ada di bawah Singapura untuk negara- negara yang berlokasi di Asia.

  1. Bahrain

Bahrain adalah negara dengan keamanan yang super duper ketat. Bayangkan saja jika setiap 100.000 rumah penduduk dijaga oleh setidaknya 1990 personel polisi. Hmm, siapa yang berani macam- macam dengan polisi sebanyak ini? Sebagian umat Kristen bahkan percaya bahwa Bahrain ini seperti Taman Eden yang disebutkan dalam Alkitab.

  1. Luxemburg

Luxemburg adalah salah satu negara terkenal dengan ketenangannya. Di setiap 2.589 meter persegi, jumlah penduduknya tidak lebih dari 600.000 orang. Sehingga negara ini sangatlah cocok bagi orang- orang yang tidak menyukai keramaian. Negara ini bahkan disebut sebagai negara kecil yang paling bahagia di dunia. Bahkan beberapa tahun terakhir negara ini memiliki angka kriminalitas yang jumlahnya hampir 0.

  1. Jepang

Siapa yang tidak kenal dengan Jepang? Negara ini memang selalu memiliki magnet kuat untuk menarik wisatawan mancanegara, termasuk Indonesia, baik dari segi kebudayaan, teknologi, kuliner hingga keamanannya. Ya, Jepang adalah negara yang aman. Angka kriminalitas negara ini tercatat hanya sekitar 0,4 kejadian per 100.000 orang. Jumlah tersebut tergolong sangat rendah bagi negara sepopuler dan seramai Jepang. Orang- orang Jepang sangat percaya pada kinerja para polisi. Di setiap 100.000 rumah dijaga oleh 200 orang lebih personil polisi. Jadi, kita tidak perlu ragu lagi untuk mengunjungi Jepang.

  1. Irlandia

Sejak tahun 1998, Irlandia telah dikenal sebagai negara yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas rendah di kawasan Eropa Barat. Tingkat kriminalitas hanya sekitar 0,32 kejadian pembunuhan yang terjadi di setiap 100.000 orang. Selain itu banyak polisi yang dikerahkan untuk menjaga keamanan negara ini, yakni setiap 100.000 orang dijaga oleh 300 orang polisi. Oleh karena itulah negara ini dianggap sebagai negara yang aman baik oleh masyarakatnya maupun oleh turis asing.

  1. Islandia

Islandia adalah negara dengan tingkat kriminalitas rendah selanjutnya. Padahal faktanya ada sesuatu yang unik mengenai negara ini. Polisi di Islandia tergolong hanya sedikit jumlahnya, yaitu sekitar 700 polisi saja yang bertugas menjaga  keamanan dan itu tidak lengkapi dengan senjata api. Selain itu tahanan di Islandia dibiarkan begitu saja, boleh pulang untuk mengunjungi keluarga dengan batas waktu tertentu. Apabila melihat fakta tersebut rasa- rasanya seperti mustahil untuk menyebut negara ini aman. Namun kenyataannya negara ini memang sangat aman, setidaknya itulah yang dirasakan oleh penduduknya.

  1. Denmark

Denmark adalah negara yang terkenal sangat aman dari bertahun- tahun yang lalu. Para Danes (sebutan untuk rakyat Denmark) telah hidup damai selama bertahun- tahun. Salah satu faktor yang membuat negara ini terkenal akan keamanannya adalah kepedulian pemerintah akan keamanan warganya. Hal ini dibuktikan dengan dikirimnya beberapa jumlah polisi untuk berjaga di beberapa tempat di negara ini. Hampir setiap 1.000 rumah dijaga oleh 200 orang polisi. Hal ini membuat kemanan negara ini sangat terjamin. Angka pembunuhan di negara ini saja berada di bawah 0,1 per 100.000 orang. Bagaimana, Anda tertarik untuk membuktikan keamanan negara ini?

  1. Cyprus

Di urutan kesepuluh adalah negara Cyprus. Mungkin sebagian besar dari kita jerang mendengar atau bahkan belum pernah mendengar nama ini sebelumnya. Cyprus memang merupakan negara yang tidak terlalu dikenal, namun jangan salah, negara ini adalah negara yang lumayan aman karena memiliki tingkat kriminalitas rendah. Yap, Cyprus merupakan sebuah negara kepulauan yang berada si sebelah timur Laut Mediterania. Salah satu alasan mengapa negara ini memiliki tingkat kriminalitas rendah adalah karena penduduknya yang tidak banyak. Catatan tentang negara ini pada tahun 2013 memiliki jumlah penduduk sekitar 1.141 juta jiwa. Bahkan di kawasan benua di dunia khususnya benua Eropa, Cyprus dianggap sebagai tempat yang paling damai dan aman. Para penduduk disana pun tidak takut untuk tidak mengunci pintu rumah mereka pada malam hari. Karena amannya negara ini pula kemudian banyak turis asing yang berlibur di negara ini karena merasa aman dan nyaman.

Nah itulah beberapa negara degan tingkat kriminal terendah di dunia. Sayang sekali negara kita tidak termasuk didalamnya. Tapi tidak mengapa, semoga kedepannya Indonesia lebih aman lagi.

fbWhatsappTwitterLinkedIn