10 Kota Terpadat Di Tiongkok yang Paling Banyak Penduduknya

Faktor penyebab kepadatan penduduk di suatu wilayah biasanya dipengaruhi oleh keamanan, geografi, kebudayaan, fisiografis, ekonomi dan faktor lainnya. Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, Tiongkok lebih dikenal sebagai negara industri yang hasil produknya sendiri sudah diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia. Maka tidak heran jika ada beberapa kota terpadat di dunia ada di negara ini. Kota-kota mana saja itu? Berikut daftarnya:

  1. Shanghai

Shanghai termasuk salah satu kota terbesar di Tiongkok. Jadi tidak heran, Shanghai masuk ke dalam kota terpadat di Tiongkok. Perkembangan kota ini dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dikarenakan Kota Shanghai memiliki pelabuhan yang masuk ke jajaran pelabuhan tersibuk di dunia.

Shanghai terletak di sebelah pantai timur Tiongkok. Selain itu, kota ini berbatasan dengan Jiangzu di sebelah utara dan barat, Laut Tiongkok di sebelah timur, dan Zhejiang di sebelah selatan. Dan saat ini, Pulau Chongming adalah pulau kedua terbesar di Tiongkok yang menjadi titik paling utara Kota Shanghai (setelah perluasan abad 20).

Perkembangan Kota Shanghai berubah secara signifikan pada abad ke-19. Hal ini didukung oleh posisi wilayahnya yang cukup strategis yaitu di mulut Sungai Yangtze, menjadikan Kota Shanghai sebagai kota yang cocok untuk melakukan perdagangan. Terutama perdagangan dari dunia barat. Shanghai juga merupakan pusat dari perdagangan dan keuangan. Kota ini juga memiliki keindahan pada arsitektur. Tidak heran jika Shanghai merupakan contoh dari kehidupan modern di Tiongkok.

  1. Beijing

Beijing adalah ibu kota dari Tiongkok dan masuk ke dalam kota terpadat di dunia. Beijing termasuk kota terbesar kedua setelah Shanghai dan terkenal dengan sebutan pusat politik di Tiongkok. Hal ini dibuktikan dari sudah menjadi pusat politik sejak delapan abad yang lalu. Beijing terletak di ujung utara Daratan Tiongkok Utara yang terus membentang ke selatan hingga ke timur kota. Terdapat pegunungan yang mengelilingi dari utara, barat laut hingga ke barat. Sedangkan Tembok Besar Tiongkok yang membentang di bagian utara Beijing menjadi batas dan juga sebagai tembok pertahanan.

Pusat kota berlokasi di Kota Terlarang yang merupakan kompleks istana besar dan rumah bagi kaisar dari Ming dan dinasti Qing. Di sekitar Kota Terlarang banyak ditemukan tempat-tempat bersejarah dan sangat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut. Setidaknya terdapat tujuh warisan dunia (UNESCO) yang ada di Beijing termasuk Tembok Besar Tiongkok. Selain itu, Beijing pernah menjadi tuan rumah untuk Olimpiade Musim Panas pada tahun 2008. Saat itu, pemerintah sedang menargetkan pembersihan udara kota dengan mendorong warganya untuk menggunakan transportasi umum. Beijing kembali terpilih untuk menjadi tuan rumah perayaan Olimpiade tahun 2022 saat musim dingin.

  1. Guangzhou

Gungzhou masuk ke dalam kota terbesar di Tiongkok bagian selatan. Tidak hanya itu, Guangzhou masuk ke dalam kota terbesar di dunia pada awal abad ke 19. Saat ini, Guangzhou menjadi pusat perdagangan yang cukup penting. Hal ini dapat dilihat dari budaya barat yang terus berkembang dan menghargai kapitalisme.

Guangzhou berlokasi di tepi utara Sungai Pearl yang bermuara hingga Laut China Selatan. Di sana terdapat gedung-gedung pencakar langit, jalan raya dan taman yang mengisi kota tersebut. Hal ini berhubungan dengan menjadikannya Guangzhou sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan sejak dahulu.

Banyak terdapat tempat wisata yang menarik di Guangzhou seperti Guangzhou Tower, Sungai Pearl, Patung Lima Kambing dan Jalan Shangxiajiu. Tidak hanya itu saja, Gungazhous terkenal dengan surga belanja tepatnya di Jalan Shangxiajiu. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, tidak heran tempat ini menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berbelanja.

  1. Shenzhen

Kota berikutnya adalah Shenzhen yang terletak di sebelah tenggara Tiongkok. Kota ini letaknya tidak jauh dari Kota Hongkong. Dahulu, Shenzhen merupakan desa nelayan yang miskin. Namun, sekarang sudah berubah menjadi kota yang mengalami perkembangan sangat pesat hingga menjadi kota industri. Pada awal tahun 1980an, Shenzhen menjadi sorotan untuk menjadi Daerah Ekonomi Khusus (DEK) sebab saat itu terjadi ketimpangan dengan Hongkong.

Shenzhen terkenal dengan bangunan histokal Tiongkok seperti Splendid China Folk Culture Village yang berisi miniatur-miniatur replika bangunan yang khas dan terkenal di Tiongkok. Selain itu, terdapat pula replika dari suku-suku, rumah adat dan kebudayaan Tiongkok. Tempat wisata lainnya yaitu Window of the World yang di dalamnya berisi replika miniatur benda-benda di dunia.

  1. Tianjin

Kota Tianjin atau lebih dikenal dengan Jin berlokasi di sebelah timur laut dataran Huabei. Tianjin merupakan pusat bisnis dan pelabuhan berskala internasional yang sangat penting bagi masyarakatnya. Selain itu, Tianjin merupakan kota yang cocok untuk membangun vila, hal ini didukung karena lokasinya dekat dengan kota Beijing secara geografis. Gaya arsitektur di kota ini berbeda-beda. Terdapat gedung-gedung yang disebut sebagai Xiaoyanglou yang merupakan kumpulan dari orang-orang penting di Tianjin zaman dahulu. Namun, gedung tersebut menjadi tempat wisata menarik karena tertarik dengan sejarahnya serta beberapa artis terkenal yang tinggal di Kota Tianjin.

  1. Wuhan

Lokasi Kota Wuhan berada di Tiongkok bagian tengah dan dikenal dengan sebutan kota sungai karena lokasinya yang dilalui oleh sungai Yangtse dan sungai Han. Wuhan termasuk kota yang sangat menarik. Karena berlokasi di tengah Tiongkok menjadikannya sebagai jantung Tiongkok. Hal inilah yang menjadikan Wuhan sebagai kota yang cukup strategis bagi wisatawan untuk pergi ke berbagai tempat di Tiongkok. Tidak hanya itu saja, Wuhan dikenal dengan distribusi ekonomi dan komunikasi yang sangat baik. Wuhan merupakan kota yang terkenal akan pusat penyedia dan pengumpulan beraneka ragam barang. Tidak heran hal tersebut membuat kota Wuhan menjadi kota yang penuh dengan gejolak kehidupan.

  1. Hongkong

Kota yang terkenal sebagai pusat keuangan dunia dan dianggap sebagai kota global, tidak lepas dari pendapatan per kapita yang tinggi. Hongkong merupakan pusat keuangan ketiga setelah New York dan London. Mata uang negara ini adalah Dolar Hongkong, termasuk ke dalam mata uang kedelapan yang paling sering diperdagangkan di dunia.

Populasi kota ini mengalami pertumbuhan rata-rata 0,6% per tahun selama 5 tahun terakhir. Meskipun demikian, penduduk Tiongkok tidak memiliki hak untuk menetap di sini. Namun, imigran dari Tiongkok adalah kontributor terbesar terhadap pertumbuhan populasi. Hal tersebut berdampak pada terbatasnya lahan dan akhirnya membuat kawasan Hongkong menjadi padat. Beberapa cara dilakukan yaitu dengan membangun gedung-gedung pencakar langit. Pembangunan gedung bertingkat ini membuat Hongkong terkenal sebagai kota vertikal.

  1. Chongqing

Kota terpadat berikutnya yaitu Chongqing yang terkenal dengan sebutan kota sungai dan kota gunung yang berlokasi di bagian barat daya Tiongkok. Sebagai kota yang dilalui oleh sungai Yangtse, menjadikan Chongqing sebagai pusat perdagangan dan jalur distribusi barang terbesar di kawasan barat daya Tiongkok. Dan hal ini sudah terjadi sejak zaman dahulu. Pelabuan yang terkenal yaitu Chaotianmen yang terdapat di bagian hulu sungai Yangtze.

Saat ini kota Chongqing menjadi kota yang memiliki luas 82,4 ribu dan tercatat ada sekitar 32 juta orang yang tinggal di kawasan ini. Maka tidak heran jika kota Chongqing menjadi kota tingkat provinsi dengan wilayah paling luas, populasi banyak dan sumber daya paling kaya. Bisa dikatakan jika kota Chongqing menjadi tempat pertemuan antara daerah timur dengan perekonomian yang maju dengan daerah barat yang memiliki sumber daya alam melimpah. Sehingga banyak menarik perhatian orang-orang untuk melakukan investasi.

  1. Shenyang

Kata Shenyang secara harfiah yaitu daerah bagian yang terpapar sinar matahari dari batas sungi shen di utara dan sangat dekat dengan perbatasan Korea Utara. Shenyang terkenal akan festival salju dan es yang diadakan setiap tahun selama musim dingin yaitu bulan Desember sampai Januari. Sebab pada musim dingin, kota ini akan bersuhu -29 derajat celcius sehingga manarik para seniman untuk membuat karya seni dari salju.

Shenyang termasuk ke dalam kota industri terbesar sekaligus sebagai pusat ekonomi dan perhubungan di Tiongkok Timur Laut. Karena posisinya yang berdekatan dengan Anshan dan Benxi yang menghasilkan baja dan besi, serta Fushun sebagai penghasil batu bara. Menjadikan Shenyang sebagai kota produsen mesin perkakas terbesar di Tiongkok.

  1. Dongguan

Kota Dongguan berbatasan dengan ibu kota Guangzhou di utara, Shenzen di selatan, Sungai Pearl di barat dan Huizhou di timur. Dongguan menjelma menjadi kota yang berpengaruh dalam beberapa puluh tahun terakhir. Kota ini berada diurutan ke 4 di Tiongkok di bidang ekspor. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan di bidang industri terutama eletronik dan komputer yang banyak menyerap tenaga kerja.

Akan tetapi, kota ini tidak memiliki bandara udara. Untuk transportasi udara harus melalui Bandara Internasional Guangzhou Baiyun dan Bandara Internasional Shenzhen  Bao’an. Ada alternatif transportasi yaitu metro dan kereta yang menghubungkan langsung ke kota Guangzhou, Hongkong, dan Shenzhen.

Itulah tadi 10 kota terpadat di Tiongkok. Semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn