Sungai Resekuen: Pengertian, Ciri- ciri dan Manfaatnya

Sungai dibedakan menjadi berbagai jenis- jenis sungai. Beberapa kategori yang membedakan sungai antara lain dari sumber airnya dan juga jenis sungai berdasarkan pola aliran sungainya. Adapun salah satu jenis sungai yang dilihat dari pola aliran sungainya adalah sungai resekuen. Sungai resekuen merupakan sungai yang memiliki aliran serupa dengan sungai konsekuen. Nah, sungai konsekuen sendiri merupakan sungai yang mana arah aliran airnya sejajar dengan kemiringan lereng yang dimiliki oleh sungai tersebut. Pengertian secara khusus mengenai sungai resekuen adalah sugai yang arah alirannya mengikuti lapisan batuan yang kemudian akan bermuara di sungai subsekuen.

Lantas, apa yang membedakan sungai resekuen dengan sungai konsekuen? Yang membedakan sungai resekuen dan konsekuen adalah besarnya dari sungai itu sendiri. Apabila sungai konsekuen merupakan sungai induk, dimana alirannya mengikuti arah kemiringan lereng, maka sungai resekuen ini merupakan sungai percabangan yang kecil dan bermuara di sungai subsekuen, yaitu sungai yang arah alirannya tegak lurus dengan sungai konsekuen.

Ciri- ciri Sungai Resekuen

Setiap jenis sungai memiliki ciri khasnya masing- masing yang akan membedakan sungai tersebut dengan sungai lainnya. Hal ini juga sama dengan sungai resekuen. Sungai resekuen memiliki perbedaan dengan sungai lainnya yang bisa kita lihat dari ciri- cirinya. Ciri- ciri sungai resekuen antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki arah aliran sejajar dengan lapisan batuan

Ciri- ciri sungai resekuen yang pertama adalah memiliki arah pola aliran yang sejajar dengan lapisan batuan. Pada umumnya setiap sungai memang memiliki lapisan batuan karena batuan sendiri merupakan bagian dari struktur penyusun lapisan bumi. Jadi, arah aliran air di sungai ini mengikuti arah lapisan batuan yang ada di sungai tersebut.

  • Tegak lurus dengan aliran sungai subsekuen

Ciri- ciri sungai resekuen yang selanjutnya adalah pola aliran airnya tegak lurus dengan sungai subsekuen. Sungai subsekuen sendiri merupakan sungai yang mempunyai pola aliran tegak lurus dengan sungai konsekuen. Karena sungai resekuen memiliki pola aliran sejejer dengan sungai konsekuen maka bisa dikatakan bahwa sungai resekuen memiliki pola aliran tegak lurus dengan sungai subsekuen.

  • Merupakan cabang dari sungai subsekuen

Sungai resekuen merupakan percabangan dari sungai subsekuen. Hal ini karena kedua sungai memiliki pola aliran yang saling tegak lurus sehingga sungai ini bercabang. Dari sungai yang bercabang ini yang menjadi sungai besar adalah sungai subsekuen dan yang kecil adalah sungai resekuen.

  • Ukuran biasanya lebih kecil daripada sungai subsekuen atau konsekuen

Sungai resekuen merupakan percabangan dari sungai subsekuen. Karena merupakan percabangan, maka ukuran sungai ini biasanya lebih kecil dari sungai induknya.

Nah itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh sungai resekuen. Sungai resekuen bisa dikatakan sebagai sungai yang kecil karena merupakan sungai percabangan. Meskipun demikian kehadiran sungai resekuen menjadi berarti karena bisa memberikan berbagai manfaat untuk manusia serta makhluk hidup lainnya. Manfaat- manfaat dari sungai resekuen akan kita bahas di bawah ini.

Manfaat Sungai Resekuen

Sungai merupakan sumber daya alam yang mempunyai banyak manfaat. Sebenarnya sungai resekuen memiliki manfaat yang sama seperti sungai pada umumnya, terlebih apabila  aliran airnya terisi sepanjang tahun. Hal ini karena yang membedakan sungai resekuen adalah mengenai arah alirannya. Sementara itu manfaatnya terhadap kehidupan sama dengan sungai yang lain. Adapun beberapa manfaat dari sungai resekuen antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai sumber air

Fungsi sungai resekuen yang utama adalah sebagai sumber air. Sungai resekuen memang digunakan sebagai sumber air yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia serta makhluk hidup lainnya seperti untuk mencuci, proses produksi hingga sebagai air minum.

  • Sebagai sumber irigasi

Manfaat sungai resekuen yang pertama adalah sebagai sumber jenis- jenis irigasi. Irigasi merupakan pengairan bagi pertanian atau sawah. Sungai memang digunakan sebagai sumber irigasi, terlebih ketika musim kemarau tiba dan hujan tidak turun lagi.

  • Penampung air hujan

Fungsi sungai yang hakiki dan selalu dimiliki oleh semua sungai adalah sebagai penampung air hujan. Air hujan yang turun ke bumi bisa berada di sungai dan mengalir sesuai dengan arah alirannya sehinga tidak meluapi daratan yang ada di sekitar sungai tersebut.

  • Tempat tinggal makhluk hidup

Sungai juga merupakan tempat tinggal bagi banyak makhluk hidup, terlebih yang berada di ekosistem sungai. Ada jenis binatang dan juga tumbuhan yang tinggal di sungai, seperti ikan, udang, kepiting, dan tanaman- tanaman air.

  • Rekreasi

Adakalanya sungai digunakan sebagai tempat rekreasi. Hal ini tidak lepas dari keadaan sungai itu sendiri. Apabila sungai bersih maka akan banyak yang menjadikan sungai sebagai tempat rekreasi.

Nah itulah beberapa manfaat atau fungsi yang dimiliki oleh sungai. Selain yang sudah disebutkan di atas masih banyak lagi manfaat dari sungai. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sungai resekuen. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sungai
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!