4 Perbedaan Kilat dan Petir

Pernahkah Anda ketakutan apabila melihat kilat yang menyambar di langit, kemudian disusuk dengan petir yang menggelegar? Dalam musim hujan di Indonesia, adakalanya kita menemukan moment- moment seperti ini, yakni moment dimana petir, guntur dan kilat silih berganti datang pada hujan yang turun dengan lebat. Secara sederhana, mungkin kita memaknai kilat, guntur dan juga petir dengan pengertian yang sama. Yang membedakan adalah kilat yang berupa cahaya sementara guntur yang bersuara keras. Namun perlu kiranya bagi kita untuk mengetahui berbagai perbedaan yang terdapat di beberapa hal tersebut.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara petir dan juga kilat. Dalam artikel ini kita bisa menemukan jawaban bahwa kilat dan petir bukan merupakan sesatu yang sama, meskipun keduanya selalu datang secara beriringan. Kilat dan petir memang selalu datang hampir bersamaan, dan perbedaan diantara keduanya akan dijelaskan di bawah ini.

Perbedaan Petir dan Kilat

Petir kita kenal sebagai kilatan cahaya yang berbunyi keras di langit yang datang ketika hujan lebat atau mendung yang gelap. Sementara kilat juga merupakan hal yang mirip dengan hal tersebut. Namun keduanya ternyata meniliki perbedaan. Adapun perbedaan- perbedaan petir dengan kilat antara lain sebagai berikut:

  1. Berdasarkan penyebabnya

Sebuah penampakan di planet Bumi ataupun peristiwa alam pasti ada penyebab terjadinya. Seperti halnya hujan yang terjadi akibat adanya pemanasan terhadap air yang kemudian menjadi uap air, lalu uap air tersebut menjadi awan hitan yang mengalami jenuh sehingga menumpahkan airnya ke Bumi, petir dan kilat pun juga ada penyebabnya. Dilihat dari penyebabnya saja kedua hal ini sudah berbeda. Kilat adalah sebuah bunga api besar yang mucul akibat adanya muatan listrik yang dibangkitkan awan- awan hujan angin.Kilat terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik antara bumi dan awan yang terus membesar. Pada waktu yang demikian, udara menjadi lebih mudah ditembus dari Bumi ke awan. Udara yang ditembus ini kemudian menjadi sebuah saluran pelepasan energi listrik. Pelepasan energi listik dari awan ke bumi inilah yang disebut dengan kilat, lalu pelepasan energi listrik dari bumi ke awan yang disebut dengan petir.

  1. Waktu munculnya

Dilihat dari waktu munculnya, kilat dan petir juga berbeda. Kilat biasanya muncul lebih dahulu yang berupa kilatan- kilatan cahaya. Kilat tidak hanya muncul ketika hujan sudah berlangsung, namun bisa juga muncul ketika cuaca mendung namun belum turun hujan. Kilat juga bisa mempercepat terjadinya hujan. Dan petir muncul belakangan, biasanya setelah kilat. Jadi bisa dikatakan bahwa kilat dan petir memiliki waktu muncul yang berlainan dimana kilat munculnya lebih dulu dan petir menyusul dibelakangnya.

  1. Kenampakannya

Salah satu hal yang mudah untuk menjadi sebuah tanda perbedaan antara kilat dan petir adalah kilat hanya berupa cahaya, namun petir biasanya diikuti dengan suara menggelegar yang disebut dengan guruh. Jadi, petir berupa dua kenampakan, cahaya dan juga suara. Sementara itu, kilat hanya berupa cahaya saja.

  1. Tempat terjadinya

Hal lain yang menunjukkan perbedaan diantara keduanya adalah tempat terjadinya. Kilat, terkadang terjadi di atas permukaan bumi sehingga bisa dilihat oleh manusia, namun terkadang juga hanya terjadi di atas awan sehingga yang dilihat manusia hanya pantulan sinarnya saja. Sementara itu petir biasanya terjadi di atas permukaan Bumi dan lebih dekat dengan kerak bumi. jadi, apabila kita mendengar berita adanya pohon tumbang, hal itu diakibatkan oleh petir bukan kilat.

Nah itulah beberapa perbedaan antara kilat dan juga petir. Sebenarnya kedua hal ini sangat mirip karena kenampakan dan waktu terjadinya juga bersamaan. Semoga apa yang jamu sampaikan bermanfaat.

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Meteorologi