5 Manfaat Letak Geologis Indonesia


Dalam pelajaran geografi, kita sering mendengar istilah letak geologis. Sebenarnya apa itu letak geologis? Letak geologis merupakan lokasi dari sebuah kota, Negara, benua, ataupun pulau berdasarkan kondisi geologis yang ada. Jadi, setiap lokasi tersebut memilki kondisi geologis yang berbeda beda. Kondisi geologis ini mengacu pada lempengan-lempengan bumi yang berada di lapisan atmosfer pada lokasi tersebut, dangkalan, dan berbagai macam aspek geologis lainnya yang ada pada lokasi sebuah kota, pulau, benua ataupun sebuah Negara.

Letak geologis Indonesia

Secara geologis, Indonesia bisa dikategorikan sebagai sebuah Negara yang teretak diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Indonesia, secara geologis terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan juga lempeng Australia.Selain itu dari segi peairan, Indonesia terletak diantara dua buah dangkalan, yaitu dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Yang dimaksud dengan dangkalan adalah sebuah wilayah laut yang dangkal, yang mana menghubungkan wilayah dantara dua daratan besar.

Dangkalan sunda berada pada wilayah barat Indonesia, yang mencakup pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan juga Bali. Sedangkan dangkalan sahul merupakan dangkalan yang berada pada sisi timur Indonesia, yang berhubungan langsung dengan daratan benua Australia. Selain itu, berdasarkan letak geologisnya, Indonesia juga merupakan Negara yang dilewati oleh dua buah pegunungan terbesar di dunia, yaitu Pegunungan Mediterania dan juga Pegunungan Sirkum Pasifik.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat letak geologis Indonesia :

1. Dataran tinggi dan pegunungan

Manfaat dari letak geologis Indonesia yang pertama adalah banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan di wilayah Indonesia. Ya, lokasi geologis Indonesia yang berada di antara dua rangkaian pegunungna terbesar di dunia ini, yaitu pegunungan Mediterania dan juga pegunungan Sirkum Pasifik, membuat Indonesia memilki banyak sekali wilayah pegunungan dan juga dataran tinggi. Hal ini juga berpengaruh kepada letak geografis dari Indonesia itu sendiri. (baca : perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi)

Banyaknya pegunungan dan juga dataran tinggi menyebabkan banyak lokasi dan juga wilayah di Indonesia yang memiliki pembagian musim cuaca dan juga suhu udara yang cenderung sejuk, meskipun berada pada iklim tropis, dan merupakan salah satu lokasi ekowisata dan juga pariwisata yang menjanjikan, terutama bagi turis yang senang akan pemandangan dan juga wisata outdoor.

2. Tanah yang subur akibat banyaknya gunung berapi

Efek berikutnya dari lokasi geologis Indonesia adalah gunung berapi. Ya, meskipun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan bencana alam, namun demikian ternyata gunung berapi dapat membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di sekitar gunung berapi tersebut merupakan salah satu jenis tanah dengan unsur hara yang tinggi, alias tanah yang sangat subur. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kebanyakan budaya masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Selain itu, kesuburan tanah juga tentu saja sangat membantu meningkatkan pergerakan roda ekonomi nasional, maupun internasional, karena banyak hasil pertanian yang diekspor maupun dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi di dalam negeri. (baca : cara menyuburkan tanah tandus dan kering)

3. Keanekaragaman flora dan juga fauna

Kedua lempeng yang mengapit Indonesia ini juga memilki manfaat bagi kehidupan flora dan juga faunanya. Lempeng Eurasia, merupakan lempeng yang berada pada bagian barat Indonesia, yang merupakan lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini membuat lokasi dan wilayah Indonesia yang berada pada lempeng Eurasia memilki kesamaan dengan wilayah Asia dalam hal flora dan juga Faunanya. Sebaliknya, bagian timur Indonesia memiliki kesamaan flora dan juga fauna seperti pada benua Australia, karena berada pada lempeng Australia. Sedangkan pada wilayah Indonesia bagian tengah, memiliki beberapa hewan endemic, alias khas yang tidak ada pada wilayah Asia maupun Australia. Dengan banyaknya flora dan fauna ini, tentu saja Indonesia diuntungkan oleh letak geologisnya, yang memilki beragam flora dan fauna yang dilindungi yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain di dunia.

4. Keberagaman hasil sumber daya mineral

Tidak hanya flora dan juga fauna, kondisi dan juga letak geologis dari Indonesia itu sendiri juga sangat bermanfaat bagi para penambang dan juga pelaku industry mineral. Bagaimana tidak, kondisi lempeng dan juga geologis Indonesia sangat mendukung banyaknya sumber daya mineral seperti batu-batuan, dan juga jenis jenis sumber daya alam seperti minyak dan juga gas bumi. Dengan demikian, Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.


5. Keanekaragaman laut yang melimpah

Selain flora, fauna dan juga keberagaman sumber daya alam, Indonesia pun junga dilengkapi dengan sumberdaya laut yang sangat melimpah. Hal ini juga dipengauhi oleh lokasi geologis Indonesia yang mana lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, dan memiliiki banyak keanekaragaman laut, mulai dari hasil dan sumberdaya laut, seperti ikan dan makanan laut, hingga wisata di bawah laut, seperti diving dan juga snorkeling.

Letak geologis dari sebuah lokasi tentu saja akan memberikan keuntungan dan juga manfaat tersendiri bagi lokasi tersebut. Lokasi geologis lebih mempengaruhi sumber daya yang bisa dihasilkan oleh sebuah lokasi, terutama sumber daya alam dan juga sumber daya mineralnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 12th, November 2015 / 09:45 Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi