Lubuk Laut: Pengertian – Proses terbentuknya – Fungsi

Berbagai macam bentuk morfologi laut

Bentuk permukaan Bumi adalah sesuatu yang sangat menarik untuk kita pelajari bersama. Bentuk yang tidak rata membuat permukaan Bumi atau kerak bumi menjadi sebuah tempat yang sangat beragam dan ditempati oleh banyak makhluk hidup. Karena bentuk yang tidak rata inilah, karakteristik di permukaan Bumi pun berbeda- beda sehingga makhluk hidup yang hidup di atasnya pun berbeda- beda antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Misalnya saja di daerah pegunungan yang berudara sejuk memiliki karakteristik berbeda dengan daerah dataran rendah yang cenderung hangat. Bukan hanya karakteristik tanah dan udaranya saja yang berbeda, namyn juga makhluk hidup yang hidup pun berbeda- beda.

Nah, itu sebagain kecil gambaran permukaan Bumi yang tertuang dalam ekosistem darat, lalu bagaimana dengan yang berada di bawah laut? Selama ini kita hanya bisa melihat laut sebagai genangan air yang saangat luas tanpa bisa melihat dasarnya secara langsung. Ternyata dasar laut yang tertutupi oleh air juga memiliki relief yang tidak rata. Hal ini disebut dengan morfologi laut.

Di dalam laut juga terdapat dataran yang tinggi, rendah, bahkan sangat rendah. Ada gunung laut, ada lubuh laut, ada pegunungan laut, punggung laut, palung laut dan lain sebagainya. Semuanya ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di permukaan Bumi, hanya saja letaknya yang ada di bawah laut. Salah satu yang akan kita bahas adalah lubuk laut atau basin.

Pengertian Lubuk Laut atau Basin

Lubuk laut atau Basin merupakan salah satu bentuk morfologi bawah laut. Lubuk laut atau basin merupakan bentuk permukaan Bumi bawah laut yang berupa cekungan dengan dasar membulat, dalam dan luas. Jika diperbandingkan dengan bentuk permukaan bumi atas laut maka lubuk laut atau basin ini sama dengan lembah namun lubuk laut berada di bawah laut.

Penyebab Terbentuknya Lubuk Laut

Lubuk laut merupakan bentuk permukaan bumi yang terjadi karena suatu penyebab atau proses tertentu. Adapun penyebab terbentuknya lubuk laut adalah proses pemerosotan dasar laut atau ingresi. Lubuk laut ini terjadi secara bertahap atau berangsur- angsur. Seiring dengan berjalannya waktu. Adapun lubuk laut di Indonesia ada banyak sekali. Beberapa contoh lubuk laut atau basin yang ada di laut Indonesia antara lain sebagai berikut:

Manfaat Lubuk Laut atau Basin

Lubuk laut merupakan relief dasar laut yang memiliki beberapa fungsi atau manfaat. Adapun beberapa manfaat dari lubuk laut antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat hidup berbagai macam binatang laut

Fungsi dari lubuk laut salah satunya adalah sebagai tempat hidup dari berbagai binatang laut. Binatang laut yang hidup di lubuk laut merupakan binatang yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari dan oksigen yang banyak, karena lubuk laut merupakan cekungan yang rendah. Sementara untuk tumbuh- tumbuhan mulai sedikit ditemukan.

  1. Sebagai tempat penelitian

Lubuk laut juga merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan sebagai penelitian, khususnya adalah penelitian bawah laut.

  1. Sebagai bukti bahwa aktivitas bawah laut itu ada

Lubuk laut atau basin dan juga bentuk morfologi bawah laut lainnya adalah suatu bukti bahwa aktivitas bawah laut itu ada, seperti aktivitas geologi dan tektonisme yang melibatkan berbagai unsur di laut.

  1. Memperindah pemandangan bawah laut

Lubuk laut juga merupakan sebuah tempat yang menyumbangkan pemandangan indah bawah laut, apalagi jika berdampingan dengan morfologi laut lainnya.

Nah itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan mengenai lubuk laut atau basin. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!