8 Fakta Menarik Pulau Miyakejima

Mendengar kata Pulau Miyakejima mungkin beberapa dari kita masih cukup asing dengan pulau satu ini. Pulau Miyakejima atau bisa juga disebut sebagai Pulau Miyake adalah sebuah pulau yang berada di negara Jepang bagian tenggara. Pulau ini cukup terkenal karena termasuk sebagai pulau paling berbahaya di dunia.

Dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pulau Miyakejima ini, berikut beberapa daftar fakta menariknya!

Pulau Gunung

Pulau Miyakejima sebenarnya merupakan gunung bertipe strato yang aktif berada di Kepulauan Izu bagian utara, Laut Filipina. Pulau ini berbentuk melingkar dengan diameter sekitar 8 km dan memiliki gunung berapi teraktif. Titik tertinggi berada di puncak Gunung Oyama dengan ketinggian sekitar 775,1 meter di atas permukaan laut.

Menurut para ahli, gunung tersebut biasanya akan meletus setiap 10 – 30 tahun sekali. Tercatat seri letusan terakhir dimulai pada bulan Juni 2000 sejak 17 tahun beristirahat.

Bahkan gunung tersebut telah mengalami banyak letusan dengan berbagai macam tipe, seperti letusan puncak, lubang ventilasi, bahkan letusan bawah laut. Dampak dari letusan tersebut yakni menyebabkan kerusakan di sekitar pulau.

Berada Di Atas Rangkaian Gunung Berapi

Dapat dikatakan jika Pulau Miyakejima adalah bagian dari pusat aktivitas gunung berapi. Dan satu-satunya gunung yang berada di pulau tersebut bernama Gunung Oyama. Diketahui jika pada beberapa abad yang lalu Gunung Oyama penah meletus sebanyak enam kali.

Latusan terburuk terjadi pada tahun 2000 setelah Gunung Oyama beristirahat selama 17 tahun. Sebelum meletus Gunung Oyama sempat mengalami gempa bumi sebanyak 17.500 kali yang terjadi antara 26 Juni sampai dengan 21 Juli.

Wajib Menggunakan Masker Gas

Penggunaan masker gas di Pulau Miyakejima sangat dianjurkan, bahkan penduduk harus menggunakannya setiap hari dan sepanjang waktu. Seperti yang diketahui jika Pulau Miyakejima termasuk pulau paling berbahaya di dunia untuk dapat ditinggali.

Penyebabnya adalah tingkat sulfur yang amat tinggi dan dapat menyebabkan kematian jika terhirup. Sulfur tersebut keluar dari Gunung Oyama saat meletus dalam jumlah yang amat besar.

Bahkan gas beracun tersebut telah merembes hingga ke dasar-dasar tanah. Oleh karena itu, Pulau Miyakejima dikenal juga sebagai pulau paling beracun di dunia.

Banyak Penduduk Yang Mengungsi

Saat Gunung Oyama meletus pada tanggal 14 Juli 2000, ada sekitar 42 ribu ton sulfur oksida (belerang) yang dikeluarkan oleh gunung. Tidak heran jika pemerintah Jepang menghimbau penduduk Pulau Miyakejima untuk segera dievakuasi keluar dari pulau tersebut.

Tercatat ada sekitar 3.600 penduduk Pulau Miyakejima yang dievakuasi untuk menghindari keracunan gas dari Gunung Oyama.

Sudah Kembali Dibuka

Pada tahun 2005, pemerintah telah memberikan izin bagi penduduk Miyakejima untuk kembali lagi ke pulau tersebut. Hal ini disebabkan karena semua aktivitas dari Gunung Oyama telah berhenti dan kembali stabil.

Namun ada syarat yang harus dipenuhi saat berada di Pulau Miyakejima, yaitu seluruh warga baik orang dewasa maupun anak-anak harus selalu membawa dan memakai masker gas untuk melindungi diri dari paparan gas beracun.

Demi keamanan, seluruh pulau ini telah dipasang alarm untuk memberi tahu warga jika aktivitas Gunung Oyama meningkat, bahkan saat malam hari sekalipun alarm tetap akan dinyalakan.

Sedangkan untuk aktivitas penerbangan baru dapat dibuka sekitar 8 tahun berikutnya tepatnya pada tahun 2008. Bahkan saat ini Pulau Miyakejima banyak didatangi oleh para turis yang penasaran dan ingin menikmati keindahan bawah lautnya.

Pemberian Hadiah Oleh Pemerintah

Pemerintah Jepang akan memberikan hadiah kepada warga yang tetap tinggal di Pulau Miyakejima dalam bentuk uang. Tidak heran penawaran tersebut membuat banyak orang mulai banyak tinggal dan tetap bertahan di pulau tersebut.

Meskipun saat ini aktivitas penduduk Miyakejima telah kembali normal dan beberapa wilayah telah berpenghuni, namun sekitar sepertiga wilayah pulau tetap terlarang. Bahkan pemerintah Jepang juga turut memperhatikan kesehatan warga Pulau Miyakejima secara teratur, termasuk menerapkan batasan usia untuk daerah tertentu.

Tempat Yang Tepat Untuk Melihat Lumba-Lumba

Ada hal menarik yang bisa ditemukan di Pulau Miyakejima, yakni para wisatawan dapat melihat dan mengamati lumba-lumba secara bebas. Tempat yang tepat untuk melihatnya berada sekitar 23 km di sebelah selatan Miyakejima.

Di tempat tersebut dapat ditemukan koloni lebih dari 100 ekor lumba-lumba hidung botol yang tinggal di sekitar pulau tersebut. Tidak sedikit pula para wisatawan yang tertarik untuk berenang bersama lumba-lumba di perairan sana.

Terdapat Mata Air Panas Vulkanis

Meskipun saat ini Gunung Oyama tidak dapat didekati, terutama di bagian kawah utama, namun para wisatawan masih dapat menikmati keindahan Pulau Miyakejima dari sisi lain yakni Jalur Aliran Lahar Ako yang berada di pesisir barat pulau.

Tidak hanya itu saja, bahkan Pulau Miyakejima juga memiliki sumber mata air panas bernama Furusato-yu yang berada di Desa Relaksasi Furusato. Sumber mata air panas tersebut menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi setelah menjelajah Pulau Miyakejima.

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Miyakejima diharuskan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum mengunjungi pulau. Hal ini sudah menjadi ketentuan pemerintah demi keselamatan para pengunjung dan warga Miyakejima.

fbWhatsappTwitterLinkedIn